SEO Specialist: Definisi, Job Desk, Gaji, dan Pendidikan

Internet yang semakin masif satu dekade ini membuat beragam profesi pun muncul. Dimulai dari digital marketing secara umum, kemudian muncul secara spesifik apa yang disebut SEO specialist.

SEO specialist terlahir dari kebutuhan terhadap SEO atau Search Engine Optimization. Jika dibahasakan secara singkat, SEO merupakan optimasi mesin pencari. Secara lebih lengkap, saya sudah membahasnya di artikel belajar SEO.

Pertarungan terhadap posisi situs di mesin pencari, terutama Google, membuat profesi ini muncul dan dibutuhkan banyak pebisnis. Ya tentu pebisnis yang pengin situsnya berada di posisi yang bagus di mesin pencari.

Itulah mengapa SEO specialist muncul. Ia dicari banyak orang, dan rumornya digaji dengan cukup bagus. Namun apakah itu benar? Mari kita ulas sama-sama tentang SEO specialist disini.

Pengertian SEO Specialist

SEO specialist merupakan sebuah profesi yang memiliki tugas utama untuk melakukan optimasi situs di mesin pencari. Biasanya ia bekerja di sebuah perusahaan yang membutuhkan optimasi SEO.

Baca Juga:  Build A Strong Business Foundation with These 3 Skills!

Banyak perusahaan yang membutuhkan SEO specialist. Beberapa diantaranya adalah perusahaan media, marketplace, dan korporasi digital lainnya.

Meski dibutuhkan, kadang-kadang banyak hal yang agak samar dari pekerjaan ini. Sebab biasanya para pemilik bisnis kerap memandang bahwa dengan mempekerjakan SEO specialist bakal mendapatkan paket komplit.

Mereka beranggapan dengan mempekerjakan seorang atau sebuah tim SEO specialist, mereka juga berharap mendapatkan webmaster sekaligus, IT specialist sekaligus, bahkan web developer sekaligus.

Padahal job deskripsi dari pekerjaan ini, sesuai namanya, ya hanya berkutat pada spesialisasinya, yakni pada SEO saja. Sementara webmaster dan lainnya merupakan pekerjaan lain yang butuh orang dengan kualifikasi berbeda.

Jobdesk SEO Specialist

Adapun deskripsi pekerjaan atau jobdesk dari SEO specialist adalah sebagai berikut:

  1. Memastikan bahwa situs yang menjadi subjek optimasi sudah SEO friendly.
  2. Membuat content plan dan memastikan konten tersebut sesuai dengan algoritma mesin pencari (SEO on page).
  3. Melakukan upaya optimasi off page seperti memasang backlink, brand mention, dan lainnya.
  4. Membuat analisis dan evaluasi dari pekerjaan yang sudah dilakukan secara terencana.
Baca Juga:  Mesin EDC Gopay Dibalik Suksesnya Resto UMKM Ini

Gaji SEO Specialist

Ada rumor yang berkembang, gaji SEO specialist ini sangat besar. Sebab ia menjadi penentu dari kesuksesan sebuah situs untuk bertarung di posisi SERP.

Jika posisinya bagus tentu saja peluang mendapatkan konversi bagi perusahaan sangat optimal.

Dari berbagai referensi, gaji SEO specialist di Indonesia berkisar diantara Rp6.000.000 untuk fresh graduate, hingga Rp15.000.000 untuk mereka yang sudah senior. Namun ini tentu saja berlaku di Jakarta dimana upah minimumnya sebesar itu.

Kualifikasi Pendidikan SEO Specialist

SEO specialist ini merupakan ilmu yang baru setelah internet marketing mulai muncul. Sehingga tidak ada universitas yang benar-benar spesifik mengajarkannya dari A sampai Z.

Yang perlu Anda ketahui adalah SEO specialist ini bakal lebih mudah jika dilakukan oleh Anda yang memang memahami dunia informasi dan teknologi. Misalnya Anda yang merupakan alumnus teknik komputer, teknologi informasi, manajemen informatika, dan seterusnya.

Baca Juga:  Ulasan MyPertamina dan Cara Daftar Subsidi Tepat

Apakah SEO specialist tidak bisa berasal dari jurusan lainnya? Sangat bisa. Namun tentu sjaa tergantung perusahaan yang merekrut.

Kabar baiknya untuk perusahaan yang sudah paham tentang SEO, mereka hanya meminta portofolio tanpa melihat latar belakang pendidikan Anda sebelumnya.

Jadi jika Anda pengin menjadi SEO specialist dari sekarang, jangan minder duluan. Sebab peluang Anda untuk menjalani profesi itu terbuka lebar meskipun Anda berasal dari jurusan yang jauh melenceng.

Apalagi saat ini sudah banyak kursus, komunitas, atau bahkan individu yang siap untuk bareng-bareng belajar SEO.

Demikian artikel tentang SEO specialist yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

1 thought on “SEO Specialist: Definisi, Job Desk, Gaji, dan Pendidikan”

  1. Jangankan jadi SEO specialist, paham tentang SEO aja belum hihihi, pengen banget belajar tentang SEO mulai dari 0, biar traffic blog jadi bagus haha

    Reply

Leave a Comment