Pengertian Business Manager, Job Desk dan Fungsinya Untuk Perusahaan

doel.web.id – Apakah anda mencari tahu mengenai posisi business manager di sebuah perusahaan? apa pengertiannya serta job desk dan juga fungsinya? Anda bisa menyimak pembahasannya dibawah ini.

Dalam sebuah perusahaan atau sebuah bisnis pastinya dibutuhkan seseorang yang dapat mengawasi, bertanggung jawab, dan dapat melihat potensi karyawan lain dimana hal inilah salah satu peran penting dari seorang business manager.

Pengertian business manager adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengurus kepentingan perusahaan baik antara individu, institusi, organisasi, atau perusahaan lain. Selain itu, seorang Business Manager juga mempunyai tugas utama untuk mendorong karyawan lain untuk bekerja secara efektif dan efisien. Dengan tanggung yang besar, maka terkadang business Manager juga memerlukan keahlian khusus di beberapa bidang, seperti keahlian finansial, marketing, atau public relation.

Baca juga 6 Fakta Bisnis Orang Jepang Yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Business Manager

Adapun tanggung jawab business manager meliputi sebagai berikut.

  • Mengembangkan tujuan dan sasaran pengelolaan bisnis yang cenderung pada pertumbuhan dan kemajuan bisnis.
  • Merancang dan menerapkan rencana bisnis dan strategi untuk mempromosikan pencapaian tujuan
  • Memastikan bahwa perusahaan memiliki sumber daya yang memadai dan sesuai untuk menyelesaikan kegiatannya
  • Mengatur dan mengkoordinasikan operasi dengan cara yang memastikan produktivitas maksimum
  • Mengawasi pekerjaan karyawan dan memberikan feed back dan nasihat untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas

    Memiliki kemapuan menjaga hubungan dengan mitra/vendor/supplier

  • Mengumpulkan, analisis, dan interpretasikan data eksternal dan internal serta menulis laporan
  • Menilai kinerja perusahaan secara keseluruhan terhadap tujuan
  • Mewakili perusahaan dalam acara, konferensi, kegiatan perusahaan lainnya.
  • Memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan pedoman hukum

Persyaratan dan keterampilan Business Manager

Pengertian Business Manager

Seperti yang kami sebutkan diatas, dimana seorang business manager memiliki tanggung jawab yang luas, maka untuk menjadi seorang business manager setidaknya membutuhkan persyaratan sebagai berikut.

  • Pengalaman yang terbukti sebagai manajer bisnis atau peran yang relevan
  • Keterampilan organisasi dan kepemimpinan yang sangat baik
  • Kemampuan komunikasi dan interpersonal yang luar biasa
  • Pemahaman menyeluruh tentang beragam proses bisnis dan pengembangan strategi
  • Pengetahuan yang sangat baik tentang MS Office, database dan sistem informasi
  • Pemahaman yang baik tentang metode penelitian dan teknik analisis data

Walaupun tidak wajib, tapi sebaiknya business manager memiliki gelar dalam pendidikan manajemen bisnis atau bidang yang relevan.

Tips merekrut Business Manager terbaik

Bagi anda yang berencana untuk merekrut atau memperkerjakan business manager, maka anda tentunya tidak bisa asal memilih sebab posisi merupakan salah peran vital dalam menentukan pengembangan dan keberhasilan bisnis. Untuk itu, berikut beberapa tips merekrut business manager yang bisa anda simak sebagai berikut.

Melakukan wawancara bertahap

Untuk mendapatkan Business Manager terbaik, maka disarankan agar anda untuk melakukan beberapa tahapan wawancara. Apalagi mengingat peran penting dari posisi ini, jadi tidak heran jika akan ada banyak orang yang mengincarnya, tapi tentu saja tidak semua mampu mendudukinya.

Mempertimbangkan penilaian dari orang lain

Sebagai pemilik bisnis, anda boleh melakukan wawancara terhadap calon kandidat Business Manager. Namun sebaiknya, anda tidak melakukan hal tersebut sendirian. Sebab, wawancara yang dilakukan sendiri tanpa mempertimbangkan penilaian orang lain justru menyebabkan hasil yang kurang maksimal.

Melakukan tes IQ dan ESQ

Anda bisa meakukan tes IQ dan ESQ pada kandidat terpilih supaya anda bisa mendapatkan manajer yang terbaik. Sebab perlu anda ketahui bahwa seseorang yang cerdas belum tentu memiliki ESQ yang baik dan begitu juga sebaliknya. Jadi bisa disimpulkan, IQ dan ESQ harus benar-benar seimbang untuk mencari kandidat business manager terbaik.

Memperhatikan ekspresi

Ketika tiba saat anda bicara secara langsung dengan kandidat terpilih, sampaikan bahwa dia akan dipromosikan untuk menempati posisi manajer, tetapi dengan beberapa proses yang perlu dilalui terlebih dulu. Anda bisa menyimpulkan sendiri mengenai ekspresi yang anda temukan.

Demikian informasi mengenai pengertian business manager, job desk dan fungsinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca Juga:  6 Langkah Cara Mudah Mengirim Barang Lewat JNE

Leave a Comment