OVO U Card: Review Lengkap Kartu Kredit dari BRI dan OVO

Ada berbagai produk digital yang hanya menyediakan satu jalur pembayaran. Itulah yang membuat saya pada akhirnya mengajukan kartu kredit OVO U Card.

Ya, jauh lebih banyak yang menyediakan platorm lain. Misalnya kartu kredit dengan PayPal, kartu kredit dengan Payoneer, dan seterusnya.

Namun pembayaran dengan kartu kredit lebih banyak tersedia. Apalagi dengan berbagai kemudahan yang disediakan juga dalam prosesnya.

Berbagai tool SEO, semisal SEMRUSH, Ahrefs, MOZ, dan seterusnya mensyaratkan kartu kredit untuk berlangganan. Belum lagi produk digital seperti di Themeforest, Freepik, dan lainnya.

Semuanya dibutuhkan blogger. Sehingga mau tak mau, saya pribadi membutuhkan kartu kredit terlepas dari pro dan kontranya.

Kartu Kredit itu Apa?

“Kartu kredit itu apa?” merupakan sebuah pertanyaan yang boleh jadi hanya basa-basi. Namun siapa tahu memang ada yang belum mengetahui apa itu kartu kredit, definisi kartu kredit, bagaimana mendapatkannya, sampai cara menggunakannya.

Kemarin pun ada saudara yang membutuhkan pinjaman uang. Saya bilang pakai kartu kredit saya saja dengan bunga sekian persen. Ia malah memilih pinjaman leasing dengan bunga jauh lebih besar.

Hal itu terjadi karena memang banyak yang belum memahami penggunaan kartu kredit.

Kartu kredit merupakan instrumen keuangan berupa hutang yang diberikan lewat sebuah kartu ATM yang memiliki batasan penggunaan. Jadi setiap kartu kredit ada besaran penggunaan yang diberikan.

Baca Juga:  Deretan Produk Mayora yang Wajib Melengkapi Hidangan Lebaran

Cara Mendapatkan Kartu Kredit

Untuk mendapatkan kartu kredit, Anda mesti mendaftarkan diri ke bank. Nyaris setiap bank memiliki fasilitas kartu kredit dengan besaran bunga sesuai kebijakan masing-masing.

Syarat yang diminta juga rata-rata sama. Misalnya Anda mesti berusia 21 tahun keatas, memiliki penghasilan minimal Rp3 juta perbulan, punya NPWP, dan syarat-syarat lainnya yang ditentukan oleh bank.

Syarat ini mirip ketika Anda mengajukan pinjaman reguler. Namun tentu saja ada beberapa perbedaan. Misalnya tidak ada biaya notaris dalam pengajuan kartu kredit ini. Namun sekali lagi tergantung kebijakan bank.

Cara Menggunakan Kartu Kredit

Setelah usulan kartu kredit Anda disetujui perbankan, maka pertanyaan selanjutnya tentu bagaimana cara menggunakannya?

Yang perlu Anda pahami adalah ketika Anda menggunakan kartu kredit, segala macam biaya akan dibayari oleh bank terlebih dahulu. Kemudian Anda membayarnya nanti berdasarkan tagihan yang dibuat.

Anda bakal melakukan segala transaksi secara non-tunai. Misalnya ketika Anda berbelanja dan ada fasilitas EDC, maka Anda bisa menggunakan kartu kredit tersebut. Disini Anda tak perlu mengeluarkan uang tunai sama sekali.

Kartu kredit itu juga bisa dipergunakan untuk mencicil sebuah barang dengan bunga 0%. Namun tentu Anda tetap membayar tagihannya sesuai dengan kebijakan bunga dari bank.

Di lain waktu ketika Anda kehabisan uang tunai, Anda juga bisa mendapatkan uang tunai di ATM melalui kartu kredit. Ya, tentu Anda akan harus membayar tagihannya berikut bunga sesuai kebijakan bank.

Mengenal Kartu Kredit OVO U Card

Jadi ceritanya, saya mendapatkan notifikasi dari OVO untuk membuat kartu OVO U Card. Untuk mendapatkan notifikasi ini, akun OVO Anda mesti berstatus OVO Premier terlebih dahulu.

Baca Juga:  Gak Cuma Promo, Ini Keuntungan Memiliki Kartu Kredit BCA

Setelah saya baca-baca, OVO U Card adalah kartu kredit hasil kerjasama OVO dengan BRI. Kerjasama keduanya resmi dikenalkan sejak awal Desember 2021 lalu.

Cara Mendapatkan Kartu Kredit OVO U Card

ovo u card
Amplop OVO U Card

OVO bakal memberitahu apakah Anda bisa memperoleh OVO U Card ini lewat notifikasi. Untuk mendapatkannya, caranya simpel. Anda mesti mengajukan diri sebagai pengguna OVO Premier dengan memverifikasi data diri.

Setelah terverifikasi, silakan lakukan transaksi sesering mungkin dengan OVO. Lambat laun, transaksi tersebut bakal tercatat sebagai pola yang baik sehingga menjadi pertimbangan OVO untuk memberikan Anda fasilitas OVO U Card.

Notifikasi itu biasanya muncul di hp Anda. Bisa juga Anda tengok dibagian Rekomendasi Pilihan pada aplikasi OVO Anda. Kalau menu OVO U Card sudah ada, berarti Anda tinggal mengajukannya saja. Klik menu tersebut, ikuti langkah selanjutnya.

Kemudian Anda tinggal klik Ajukan Kartu Kredit, lalu isi formulir yang meliputi: Data Pribadi, Alamat Tempat Tinggal, Data Pekerjaan, Data Kontak Darurat, Informasi Kartu, dan Dokumen Pribadi.

Masukkan dokumen pribadi seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan foto selfie. Anda tak perlu memfotonya terlebih dahulu, karena hal ini emsti dilakukan didalam aplikasi.

Jika sistem sudah membacanya, silakan lihat data yang disajikan hasil pembacaan oleh sistem. Jika sudah benar semuanya, silakan klik Konfirmasi, lalu Ajukan Kartu Kredit. Silakan tunggu kartu kredit dikirimkan ke rumah Anda.

Anda juga bisa melihat status pengajuan ini pada menu Lihat Status. Disitu Anda bisa melihat kartu kredit Anda sudah sampai mana. Jika ditolakpun nanti akan ada pemberitahuan.

Baca Juga:  Daftar Reksa Dana di Bukalapak Cuma Modal Rp10.000

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit OVO U Card

Setiap produk, apalagi ini merupakan produk keuangan, tentu bakal memiliki kelebihan dan kekurangan. Ini termasuk OVO U Card.

Berikut merupakan kelebihan dari OV U Card yang saya rasakan sendiri:

Kelebihan OVO U Card

  1. Punya jaringan ATM luas, karena bekerjasama dengan BRI.
  2. Tidak ada beban biaya tahunan seperti kartu kredit lain.
  3. Pengajuannya mudah karena berbasis OVO.
  4. Pemantauannya juga mudah, karena terintegrasi dengan aplikasi OVO.
  5. Mendapat OVO Points setiap transaksi.

Kekurangan OVO U Card

Hanya satu kekurangan dari OVO U Card yang saya temukan, yakni suku bunganya lebih tinggi dari kartu kredit lainnya. Hal ini mungkin untuk menutup biaya tahunan yang tidak ada itu.

Namun kalau dihitung-hitung, untuk orang yang hanya memanfaatkan nomor kartu kredit saja, suku bunga yang beda nol koma sekian persen ini tak menjadi masalah.

Untuk soal limit OVO U Card yang kecil saat pertama kali kartu kredit ini didapatkan, tentu bisa dimasukkan kedalam kekurangan juga. Namun ini sangat fleksibel. Sebab di kemudian hari, limit ini bisa bertambah ketika Anda lancar dalam bertransaksi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut soal OV U Card, silakan rujuk ke situs resmi OVO.

Namun sekali lagi, Anda yang menentukan apakah OVO U Card ini cocok untuk Anda, atau Anda memiliki pandangan memakai kartu kredit lain, atau bahkan Anda bukan orang yang cocok dengan kartu kredit.

Semuanya tentu saja pilihan Anda. Demikian, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai tuntas.

4 thoughts on “OVO U Card: Review Lengkap Kartu Kredit dari BRI dan OVO”

Leave a Comment