Mengenal Profesi Webmaster: Pekerjaan, Kualifikasi Pendidikan, dan Gaji

Saat ini Google mencatat ada lebih dari dua miliar website di internet saat ini. Mereka hadir berkat keberadaan seorang webmaster dibaliknya.

Webmaster bukanlah sosok mirip master kungfu yang punya kemampuan spiritual digdaya. Namun mereka sebutan untuk sebuah profesi yang mengurusi website.

Nah, dalam artikel ini Anda bakal mengenal seperti apa webmaster, apa yang dilakukannya, dan deskripsi pekerjaan, kualifikasi, dan pilihan karir yang bisa dijalani seorang webmaster.

Apa Itu Webmaster?

Webmaster merupakan seseorang yang bertugas untuk mengatur operasional sebuah website dan memastikan website tersebut berjalan secara normal.

Pekerjaan seorang webmaster tergantung dari skala website dan tujuan website itu dibangun. Kadang-kadang pekerjaannya hanya ditempel pada sosok pekerja IT saja, ketika website yang dimiliki masih berskala kecil dan hanya perlu pengaturan sewaktu-waktu.

Baca Juga:  Mengenal Deposit Bonus DCFX yang Viral, Anda Wajib Tahu!

Namun kalau kita berbicara skala besar, misalnya website berita, maka seseorang atau bahkan satu tim besar akan ditugaskan untuk menjaga agar website tersebut selalu tampil prima.

Deskripsi Pekerjaan Webmaster

Seorang webmaster bertugas untuk mengatur operasional website. Maka ia bertanggungjawab untuk melakukan registrasi hosting, menyewa domain, dan memperpanjang keduanya. Di sela-sela itu, tentu saja dia mengurus apapun kebutuhan website.

Webmaster ini sering tertukar dengan web developer. Padahal keduanya berbeda. Seorang web developer bertugas membangun website dari nol hingga website itu jadi dan dijalankan oleh webmaster.

Memang sih seorang webmaster juga bisa, namun membuat website sebetulnya bukanlah tugas pokok seorang webmaster.

Kualifikasi Pendidikan Webmaster

Jika Anda kebetulan seorang blogger, maka dipastikan Anda juga merupakan webmaster bagi blog Anda sendiri. Dan ini tak bisa dibantah.

Baca Juga:  Daftar Reksa Dana di Bukalapak Cuma Modal Rp10.000

Namun cara pandang perusahaan biasanya berbeda. Sebab masih banyak perusahaan yang memandang kualifikasi pendidikan terlebih dahulu, sebelum kemampuannya menjalankan pekerjaan sebagai seorang webmaster.

Paling tidak ada beberapa kualifikasi yang diharapkan dari seorang webmaster:

  1. Berijazah sarjana yang keilmuannya relevan dengan informasi dan teknologi.
  2. Memahami content management system secara umum, seperti WordPress, Drupal, Joomla, dan lainnya. Memahami JavaScript, PHP, API, desain UI/UX merupakan nilai plus.
  3. Mengerti dan mampu membaca data analisis kunjungan website.

Lalu, berapakah gaji seorang webmaster? Untuk urusan gaji di Indonesia terbilang tidak tentu. Ini kembali ke kebijakan perusahaan. Namun pada umumnya untuk fresh graduate biasanya tidak jauh-jauh dari upah minimum yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Teknologi untuk Mencari Kandidat Pekerja

Jadi gajinya bisa berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp15.000.000 untuk webmaster yang sudah senior.

Leave a Comment