Review PLUANG: Trading Saham Global dan Kripto Menguntungkan

Salah satu nama yang muncul dalam pencarian platform investasi di Indonesia adalah Pluang. Aplikasi Pluang menjawab semua kebutuhan investasi dalam satu wadah.

Anda bisa melakukan investasi saham, kripto, reksa dana, dan emas di Pluang. Namun saham yang tersedia di Pluang merupakan saham Amerika Serikat. Jadi silakan beli saham Amazon, saham Apple, saham Meta, dan saham Google di Pluang.

Saya tertarik mencoba ke Pluang karena rekomendasi seseorang. Mudah-mudahan rekomendasinya tidak salah. Nah, inilah ulasan berdasarkan pemakaian Pluang selama beberapa pekan.

Namun sebelum itu, marilah kita berkenalan dengan Pluang terlebih dahulu.

Mengenal Pluang

Pluang sudah dimulai sejak tahun 2015. Pada waktu itu duo Harvard Business School, yakni Claudia Kolonas dan Richard Chua bertemu sebagai teman sekelas dan berbagi ketertarikan di industri yang sama.

Claudia dan Richard mampu melengkapi satu sama lain. Claudia memiliki pengalaman di bidang teknologi finansial, sementara Richard punya titik fokus pada bidang teknologi karena pernah bekerja di Google.

Dua tahun setelah pertemuan itu, atau pada 2017, Claudia dan Richard membuat Pluang dibawah bendera PT. Bumi Santosa Cemerlang. Sampai hari ini Pluang memiliki 6,5 juta lebih pengguna yang terintegrasi.

Pluang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga platform ini diklaim aman dan bisa dimanfaatkan oleh kita untuk mencari cuan di perdagangan komoditas, baik saham, emas, maupun kripto.

Baca Juga:  Ini Bahayanya Pinjam Uang di Pinjaman Online (Pinjol) Tak Berizin

Ulasan Pluang

Ada beberapa hal yang ingin saya ulas dari Pluang. Yang pertama soal ketersediaan komoditas yang diperdagangkan. Kemudian user interface dan user experience dari aplikasinya. Dan terakhir dukungannya dalam dunia trading.

UI dan UX Aplikasi Pluang

Hal pertama yang ingin saya ulas adalah tampilan dan pengalaman pengguna dari aplikasi Pluang. Anda bisa mengunduh Pluang dari Play Store maupun App Store, tergantung jenis hp yang dimiliki.

Tampilan Pluang menggunakan konsep yang minimalis dan modern. Khas aplikasi zaman sekarang yang mengedepankan ikon-ikon sederhana. Secara umum tampilan ini bersih dan enak dinavigasi.

Tombol-tombol utama yang begitu krusial diletakkan secara strategis dengan warna yang berbeda dan ukuran yang lebih besar. Jadi enak banget buat menemukan apa yang mesti dipencet setelah kita menavigasi sebuah menu.

Pada bagian bawah aplikasi ada lkima menu penting, yakni Beranda, Portofolio, Eksplor, Saldo, dan Kabar. Semuanya bisa dipergunakan untuk mengakses hal-hal yang penting dalam aktivitas trading maupun inevstasi Anda di Pluang.

Ada satu hal yang menurut saya sedikit membingungkan dari Pluang. Ya, sedikit saja. Yakni soal saldo. Saldo di Pluang itu ada dua. Yang pertama ada saldo tunai, dan kedua ada saldo voucher & e-wallet.

Baca Juga:  Deretan Produk Mayora yang Wajib Melengkapi Hidangan Lebaran

Keduanya dipisahkan. Padahal fungsi saldonya sama, yakni bisa dipergunakan untuk membeli emas, indeks saham global, dan kripto. Dan keduanya juga tak bisa buat membeli saldo reksa dana. Kenapa harus dipisahkan, ya?

Komoditas Pluang

Seperti aplikasi trading lainnya, Pluang juga menyediakan berbagai komoditas yang biasa diperdagangkan di bursa efek. Namun disini perlu dicatat tidak ada saham lokal.

Ada empat jenis komoditas yang bisa Anda beli dan diperdagangkan di Pluang. Yang pertama adalah kripto, saham Amerika Serikat, reksa dana, dan emas. Ya, sekali lagi tidak ada komoditas saham lokal di Pluang.

Ketika Anda membeli salah satu komoditas tersebut, maka setelah pembayaran terkonfimasi, dan biasanya tak lama, maka komoditas tersebut langsung masuk kedalam aset Anda.

Anda bisa mulai memperdagangkan aset tersebut dengan memperhatikan pergerakannya di bursa. Bisa juga dengan menggunakan komoditas tersebut sebagai aset investasi dan menjualnya kembali setelah beberapa tahun.

Untuk urusan komoditas ini, Pluang hanya punya satu kekurangan saja. Mereka tidak memiliki saham lokal yang bisa membuat seseorang tidak memiliki aplikasi lain dan menaruh seluruh depositonya di Pluang.

Baca Juga:  Teknologi untuk Mencari Kandidat Pekerja

Dukungan untuk Trading

Selain lumayan banyak fitur yang mendukung kemudahan Anda dalam melakukan transaksi, trading, maupun berinvestasi. Pluang juga memberikan dukungan berupa kabar tentang pasar lokal dan global.

Fitur ini memang fitur biasa, namun buat para trader, informasi soal pasar sangat berpengaruh bagi mereka dalam melakukan aktivitas trading. Apakah harus hold atau sell.

Fitur ini letaknya di menu Kabar dengan ikon surat kabar. Saat Anda buka menu tersebut, ternyata tak hanya berita, tapi juga ada Akademi, Event, dan Kamus, yang bakal meningkatkan kapasitas Anda di dunia investasi dan trading berbagai komoditas.

Jika Anda membaca Pluang News, alias kurasi berita tentang kabar komoditas yang dirangkum redaksi Pluang, maka tulisannya enak dibaca dan bernas. Anda bakal banyak mendapat insight dari sini.

Minimal Investasi di Pluang

Urusan minimal investasi di Pluang ini sangat tergantung dengan komoditas apa yang bakal dibeli. Berikut saya buat tabel untuk memudahkan saja.

ASETMinimal Investasi
Aset KriptoRp5.000
Saham ASBervariasi
Reksa DanaBervariasi
Emas0,01 gram

Jadi untuk mulai berinvestasi dan memperdagangkan aneka komoditas, Anda bisa memulai dengan modal Rp5.000 saja untuk membeli aset kripto pertama Anda.

Silakan mulai dengan mengklik tombol berikut ini:

2 thoughts on “Review PLUANG: Trading Saham Global dan Kripto Menguntungkan”

Leave a Comment