Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Buat yang kemana-mana memakai sepeda motor, terlebih motor matic, tentu membutuhkan rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. Hal ini demi perawatan motor agar tetap prima.

Sebab pilihan oli motor matic saat ini sangat banyak. Jika Anda salah pilih, maka risikonya sangat fatal. Mesin motor Anda bisa jadi sering ngadat, manuvernya tidak enak, dan lebih fatalnya bisa merusak mesin.

Untuk itulah saya selaku pengguna motor matic sejak tahun 2014, merekomendasikan oli terbaik pada artikel kali ini. Tapi sebelum itu mari kita ingatkan Anda tentang apa itu oli motor, oli motor matic, dan rekomendasi terbaiknya.

Pengertian dan Fungsi Oli Motor

Oli motor merupakan sebuah cairan yang berfungsi untuk melumasi mesin motor agar gesekan antar komponen didalamnya tidak aus. Oli motor ini terbuat dari minyak dasar (base oil) ditambah zat aditif sesuai racikan pabrikan.

Selain mencegah aus, fungsi oli motor lainnya adalah menjadi perekat antar komponen mesin. Dengan adanya oli motor, setiap komponen pada mesin motor akan merekat sempurna tanpa celah sedikitpun.

Jika ada celah pada komponen mesin, maka pembakaran yang terjadi tidak akan sempurna. Hal ini bisa berakibat pada kondisi mesin motor yang lama kelamaan bakal turun mesin.

Mekanisme pada oli motor ini berlaku juga pada mesin kendaraan lainnya yang menggunakan oli sebagai penggeraknya.

Mengenal Oli Motor Matic

Ada sedikit perbedaan jika Anda berbicara oli motor secara umum dengan oli motor matic. Sebab oli motor matic dibuat khusus dengan bahan yang sedikit berbeda.

Baca Juga:  Daftar Reksa Dana di Bukalapak Cuma Modal Rp10.000

Karakter mesin motor matic sendiri merupakan mesin dengan kopling kering. Hal ini berbeda dengan mesin motor biasa dengan kopling basah. Jadi oli motor matic hanya fokus untuk kebutuhan internal mesin saja.

Untuk membedakan antara oli motor manual dengan oli motor matic, Anda bisa melihat tanda sertifikasi di kemasannya.

Oli motor matic memiliki tanda JASO MB, yang artinya oli tersebut mengandung unsur kimia molibdenium yang berfungsi menambah tingkat kelumasan mesin.

Tips Memilih Oli Motor Matic

Blog ini juga pernah menulis tentang oli motor terbaik. Disitu dijelaskan bagaimana memilih oli motor berdasarkan berbagai ketentuan. Dan sebetulnya memilih oli motor matic juga tak berbeda.

Untuk memilih oli motor matic, Anda bisa memperhatikan berbagai hal. Berikut diantaranya:

  1. Mengenali rutinitas motor matic Anda. Anda yang memiliki rutinitas panjang setiap harinya tentu bakal menambah umur kendaraan. Semakin tua umur motor matic, maka semakin kental oli yang dibutuhkan.
  2. Memahami spesifikasi oli motor matic. Anda bisa melihat sertifikasi yang diberikan. Saat ini oli motor matic ditandai dengan sertifikasi JASO MB/API SL. Nah, pada API tersebut saat ini SL menempati kategori paling baik.
  3. Mencari rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. Nah untuk hal ini Anda memang cocok ketika membaca artikel ini sampai habis. Yuk, temukan oli motor matic yang saya rekomendasikan.

Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Polemik soal oli motor matic terbaik di Indonesia memang sering muncul di kalangan pengguna sepeda motor, hingga praktisi otomotif. Namun juga klaim terbaik dari masing-masing pabrikan pasti ada.

Salah satu merek oli motor matic yang mengklaim jadi yang terbaik adalah X-TEN. Merek oli motor matic ini didistribusikan oleh PT Surganya Motor Indonesia yang berkantor pusat di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Mengapa oli motor matic ini bisa mengklaim dirinya terbaik? Mari kita simak alasannya berikut ini.

Rekomendasi Oli Motor Matic: X-Ten

Satu pertanyaan yang sering terlontar dari pengguna motor pemula, yakni berapa kilometer jarak tempuh yang diperlukan sehingga oli motor harus diganti?

Baca Juga:  7 Tips Aman Beli Kompor Listrik Secara Online

Jawabannya bervariasi. Namun banyak yang menjawab 2.000 KM, dan ini jawaban rata-rata. Artinya Anda mesti mengganti oli jika menggunakannya untuk empat kali perjalanan Indramayu-Bandung.

Ketika oli motor matic tidak diganti, maka Anda bisa mengecek kondisinya bakal berubah warna dari semula bening jadi hitam pekat dan kuantitasnya berkurang drastis. Kondisi oli motor yang demikian akan menyebabkan mesin Anda mudah aus.

Selain itu tarikan mesin bakal berat, sebab komponen mesin motor tidak merekat sempurna dan pembakarannya tidak bagus. Lama kelamaan, motor Anda bakal turun mesin.

X-TEN TAHAN LAMA – Olinya Tahan Lama, Entengnya Tahan Lama, Bikin Mesin Tahan Lama

X-Ten ternyata jauh melampaui ekspektasi kebanyakan pengguna motor. Sebab dari banyak testimoni yang diberikan secara nyata, oli X-Ten memiliki berbagai keunggulan yang mutlak diperlukan pada setiap oli motor matic.

Oli motor X-Ten bisa bertahan hingga perjalanan 5.000 KM atau dua setengah kali lipat dari oli motor pada umumnya. Jadi saya bisa bolak-balik Indramayu-Bandung hingga sepuluh kali. Irit, gaes.

Dengan ketahanan yang cukup lama ini tentu membuat tarikan motor jadi tetap enteng. Untuk pemakaian reguler, tentu saja oli motor X-Ten bisa bertahan berbulan-bulan dan Anda bakal dikangeni montir karena jarang datang kesana. Sebab kondisi mesin pun bakal selalu terjaga.

Oli Motor Matic X-Ten

Ada lima jenis oli motor matic X-Ten. Masing-masing dari oli motor matic ini memiliki spesifikasi sendiri yang sesuai dengan motor matic milik Anda.

Berikut kelima oli motor matic produksi X-Ten:

Oli motor matic terbaik di Indonesia
Oli motor matic terbaik di Indonesia, X-TEN,
  1. X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W40. Oli ini memiliki viskositas SAE 10W-40 dengan spesifikasi tertinggi JASO MB / API SN. Oli ini dijual dengan kemasan 900ml dengan harga Rp125.000 Rp89.000.
  2. X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W30. Oli ini memiliki viskositas SAE 10W-30 dengan spesifikasi JASO MB / API SN. Oli ini dijual dengan kemasan 800ml dengan harga Rp120.000 Rp83.000.
  3. X-TEN SUPER MAX MATIC. Oli dengan viskositas SAE 10W-40 ini dijual dalam kemasan 1L. Dengan spesifikasi JASO MB / API SL, oli ini dibanderol dengan harga Rp60.000.
  4. X-TEN 10W40 MATIC. Oli ini dibuat dengan viskositas SAE 10W-40 dengan kemasan 800ml dan dijual dengan harga Rp45.000. Spesifikasinya juga sama, yakni JASO MB / API SL.
  5. X-TEN 10W30 MATIC. Dengan seritifikasi JASO MB / API SL dan viskositas SAE 10W-30, oli ini dikemas dalam kemasan 800ml dan dijual dengan harga Rp45.000.
Baca Juga:  Wajib Tahu! 9 Media Promosi Online untuk Mengenalkan Bisnismu

Silakan sesuaikan dengan jenis motor matic Anda masing-masing untuk mendapatkan ketahanan oli motor matic X-Ten.

Harga Murah, Kualitas Mewah dari Oli X-Ten, Ini Rahasianya

Anda pernah mendengar bahwa perjalanan distribusi pada sebuah barang akan menentukan harga barang tersebut? Semakin panjang jalur distribusinya, maka semakin mahal harga barang itu.

Misalnya sebuah barang dari pabrik memiliki harga Rp1.000. Namun ia mesti melewati rangkaian distributor yang panjang. Misalnya dari distributor utama ke distributor 1, dari 1 ke 2, dari 2 ke 3, dan seterusnya hingga distributor ke-7, misalnya.

Maka harga dari distributor ke distributor lainnya bakalan sedikit bertambah. Ini yang tidak terjadi di X-Ten. X-Ten hana mendistribusikan langsung oli mereka dari pabrik ke Planet Ban untuk motor, dan Mobeng untuk oli mobil X-Ten.

Jadi jika Anda membutuhkan oli matic X-Ten untuk motor matic Anda, silakan pergi ke Planet Ban terdekat. Dan dapatkan oli motor berkualitas mewah dengan harga yang murah.

Segera bergabung dengan 1,727,817 orang pengguna oli X-Ten. Dan jumlah ini bakal terus bertambah seiring semakin banyak testimoni pengguna X-Ten yang menyatakan bahwa oli motor matic X-Ten sebagai oli terbaik.

Demikian artikel tentang rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. Sampai jumpa di rekomendasi selanjutnya.

Leave a Comment