Review Pengalaman Mendaftar Deposito BPR Komunal

Deposito adalah produk keuangan berupa simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu dengan syarat-syarat tertentu. Jangka waktu deposito biasanya dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

Salah satu produk keuangan yang bisa kita temui di bank, koperasi, maupun financial technology yang marak belakangan ini, tentu bisa dimanfaatkan untuk menyimpan uang dingin.

Maksud dari uang dingin ini adalah uang yang memang belum begitu diperlukan dalam jangka waktu tertentu. Maka masukkan saja uang tersebut kedalam deposito.

Anda bisa melakukan kalkukasi keuangan terhadap uang tersebut. Katakanlah Anda bakal membutuhkannya setahun kemudian. Maka ikutkan uang tersebut kedalam deposito.

Uang Anda masih tetap utuh, bahkan mendapatkan bunga deposito yang lumayan persentasenya. Menarik, ‘kan?

Kebetulan pada artikel kali ini, saya pengin berbagi pengalaman dalam melakukan deposito di salah satu lembaga keuangan.

Tenang saja, deposito yang saya lakukan ini aman. Dalam artian transaksi kita tercatat di Otoritas Jasa Keuangan. Juga tak memerlukan biaya yang besar. Depositonya bahkan tak dikenakan biaya, kecuali tentu nominal deposito itu sendiri.

Langsung saja ya…

Pengertian Deposito

Apa itu deposito sudah saya cantumkan pada paragraf awal. Dalam berbagai pengertian yang diberikan oleh lembaga keuangan, birokrasi, hingga biro keuangan dunia, deposito ya definisinya begitu juga.

Sederhananya kita menitipkan uang kepada orang lain. Adapun orang lain itu memberikan kita imbalan atas titipan uang tersebut, maka itu sesuai dengan kesepakatan.

UImbalan yang diberikan yang disebut dengan bunga deposito merupakan hasil dari perputaran uang tersebut. Misalnya orang tersebut menggunakan uang itu untuk usaha.

Hasil usahanya tentu saja buat kerja kerasnya, dan sedikit sisanya buat kita karena telah menitipinya uang. Saat perjanjian berakhir, ia mengembalikannya berikut imbalan titipan itu.

Manfaat Deposito

Kalau berbicara manfaat, tentu saja deposito ini seumpama menabung. Ia punya banyak manfaat. Salah satunya manfaat dalam perencanaan keuangan.

Soal perencanaan keuangan ini juga sudah disinggung diatas ya. Jadi kalau Anda punya uang lebih, istilahnya uang dingin, daripada disimpan di lemari atau dibawah kasur, lebih baik didepositokan.

Baca Juga:  4 Tips Belanja Online yang Perlu Diketahui agar Lebih Hemat

Manfaat lainnya adalah sertifikat deposito bisa dipergunakan sebagai agunan jika Anda mengajukan kredit. Ini memang agak anomali ya. Kalau punya duit, ya buat apa juga kredit. Tapi banyak loh yang begitu dengan kalkulasi masing-masing.

Cara Melakukan Deposito

Cara melakukan depostio sangat gampang. Anda tinggal bawa uang yang bakal didepositokan dan datangi lembaga keuangan yang Anda percayai untuk dititipi simpanan.

Ikuti prosedurnya, tandatangani dokumennya, serahkan uangnya, pergi dan datang kembali ketika jangka waktunya sudah habis. Anda bakal mendapatkan uang deposito utuh beserta bunga deposito sebagai imbalan.

Tapi pengalaman saya enggak begitu. Maksud saya ini zaman modern. Lembaga keuangan bahkan sudah bermetamorfosis kedalam bentuk digital. Ada financial technology.

Makanya saya memanfaatkan Deposito BPR Komunal. Sebuah cara baru dalam melakukan deposito lewat financial technology namun berbasis kedaerahan.

Mari saya jelaskan lebih lanjut soal Komunal ini.

Deposito BPR Komunal

Anda tentu mengetahui apa itu BPR. Ya, BPR yang merupakan singkatan dari Bank Perkreditan Rakyat. Biasanya bank ini banyak terdapat di daerah-daerah dengan segala macam namanya.

BPR juga banyak dimiliki oleh pemerintah daerah di Indonesia dengan konsep Badan Usaha Milik Daerah. Tentunya badan usaha ini bergerak di sektor keuangan.

BPR-BPR di berbagai daerah di Indonesia ini berhasil dikumpulkan oleh sebuah institusi keuangan bernama Komunal atau lengkapnya PT Komunal Sejahtera Indonesia. Anda bisa mengenal mereka lebih jauh lewat situs komunal.id.

deposito bpr aman

Kalau dalam hitungan saya, ada 74 BPR dari berbagai daerah di Indonesia yang sudah tergabung dalam Komunal. Semuanya menawarkan deposito dengan penempatan dana mulai dari Rp1.000.000 hingga miliaran.

Tenornya juga beragam. Ada yang menawarkan jangka waktu 1 bulan hingga 12 bulan. Anda hanya tinggal memilih deposito sesuai dengan kebutuhan saja.

Pertanyaannya kemudian, apakah deposito BPR aman?

Amankah Deposito BPR Komunal?

Apakah aman yang dimaksud adalah setiap transaksi keuangan dengan Komunal tercatat di OJK? Ya, pelaksanaan deposito BPR Komunal diawasi secara ketat dan tercatat oleh OJK.

Secara resmi, PT Komunal Sejahtera Indonesia telah tercatat di OJK sebagai Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) dengan nomor surat tercatat S-178/MS.72/2021 tertanggal 23 Juni 2021.

Baca Juga:  Tips Membeli Laptop Yang Wajib Diketahui

Saat pertama kali mencobanya, secara teknis situs depositobpr tempat saya menempatkan uang, memang memudahkan. Namun untuk urusan data, mereka sangat ketat.

Standar baku registrasi KYC dalam industri keuangan ya sama saja, dan Komunal melakukannya dengan baik. Apalagi tampilan situsnya sangat user friendly.

Saya melakukan deposito senilai Rp1.000.000 di Komunal yang ditempatkan di BPR Buana Dana Makmur, Sidoarjo. So far so good.

deposito bpr aman

Jadi, waktu melakukan transfer uang lewat Xendit, saya tak terlalu cemas meski ini platform baru. Seluruhnya aman dan bilyet yang diterima juga sesuai.

Lalu cara melakukan depositonya bagaimana?

Cara Deposito BPR Komunal

deposito bpr komunal

Untuk menempatkan dana atau melakukan deposito di BPR Komunal ini, ada beberapa langkah yang mesti dipersiapkan.

Persiapkan Persyaratan

Persiapan yang pertama adalah sejumlah uang yang bakal disepositokan. Pastikan uang tersebut ada di e-wallet, rekening yang tersambung ke e-banking atau i-banking, atau rekening yang ada ATM-nya.

Kemudian persiapkan juga KTP, nomor hp, dan email yang masih aktif.

Kunjungi Situs depositobpr.id

Silakan kunjungi situs depositobpr.id.

Pada halaman depan, Anda bisa langsung mengklik tombol masuk kemudian pilih daftar sekarang.

Jika Anda sebagai orang yang akan memberikan deposito, pilihlah deposan. Anda akan dibawa kedalam kolom isian data pribadi. Silakan isi sesuai kolom.

Terakhir, baca lembar persetujuan, centang kolomnya, dan klik setuju jika Anda setuju dengan klausul yang diajukan.

Menunggu Email, Rekening, dan PrivyID

Anda tadi sudah memasukkan alamat email dan nomor rekening. Anda bisa mengecek email yang sudah didaftar untuk memverifikasi alamat email.

Untuk rekening, tim Komunal akan melakukan pengecekan. Biasanya memakan waktu 24 jam atau lebih cepat jika tidak mengantre.

Dan terakhir, email Anda akan dikirimi username PrivyID dan kata sandinya. Silakan masuk ke situs PrivyID guna menyiapkan tandatangan kontrak deposito.

Temukan Deposito yang Sesuai

Sembari menunggu Komunal memverifikasi data Anda, silakan temukan deposito dari berbagai BPR yang ditawarkan. Pergunakan filter dengan baik.

Temukan deposito yang cocok dengan kantong Anda dan jangka waktunya.

Lengkapi Data Deposan

Untuk lebih mengamankan deposito Anda, Komunal meminta Anda untuk melengkapi lagi data deposan. Selain untuk pengiriman bilyet deposito, Anda juga memiliki waktu melakukan cek ulang terhadap data yang diberikan.

Anda juga bakal dihubungi lewat telepon maupun WhatsApp untuk memastikan data tersebut benar. Makanya pastikan nomor hp yang dicantumkan juga sudah sesuai.

Tanda Tangan Surat Kuasa

Anggap saja username dan password PrivyID sudah tersedia. Silakan masuk ke situs PrivyID, kemudian ganti tanda tangan yang tersedia otomatis dengan scan tanda tangan asli Anda.

Sehingga ketika dari Komunal mengarahkan langsung untuk melakukan penandatanganan surat kuasa pengelolaan deposito, maka yang muncul di surat tersebut adalah tandatangan Anda yang sesuai dengan aslinya.

Tunggu Bilyet Sampai, dan Konfirmasi Selesai

Sekarang saatnya menunggu bilyet deposito sampai ke rumah Anda. Bilyet ini tidak dikirimkan oleh Komunal, tapi langsung dari BPR tempat Anda menempatkan dana.

Jika bilyetnya sudah Anda pastikan diterima di rumah, masuklah kembali ke halaman deposito Anda. Klik konfirmasi terima bilyet.

Ini semacam verifikasi antara Anda sebagai deposan, BPR sebagai tempat deposito, dan Komunal selaku penengah agar transaksi itu lebih aman dan terjamin secara modern.

Penutup

Itulah tadi pengalaman saya dalam melakukan deposito di Komunal. Sebuah platform baru yang menurut saya cara aman dalam melakukan deposito. Saya semakin yakin bahwa melakukan deposito BPR aman bukanlah sebuah isapan jempol.

Apalagi jika Anda merupakan orang yang senang akan pemerataan ekonomi. Maka menyebarkan dana deposito ke berbagai daerah di Indonesia bisa membantu pemerataan itu.

Saya sudah melakukannya dengan BPR Buana Dana Makmur dengan deposito Rp1.000.000, suku bunga 3.1% p.a., dalam jangka waktu 1 bulan. Terlihat kecil memang, tapi…

Kalau Anda mendaftar sekarang sebelum Desember ini habis, banyak promo loh. Salah satunya ada promo Komunal Deposito BPR BrrBr! Hadiah. Promo BrrHadiah selain memberi bunga 6% juga ada hadiah akhir tahun berupa banyak gadget mewah dan canggih.

Buat Anda yang mau daftar, masukkan saja kode refferal saya DD0269 maupun kode promo RINTIKHADIAH agar mendapat cashback yang menggiurkan.

Yuk, kapan lagi.

15 thoughts on “Review Pengalaman Mendaftar Deposito BPR Komunal”

  1. Enaknya nabung atau invest dalam bentuk deposito itu karena aman. Terus, kerasa gitu karena nabungnya gede dan pastinya bisa dapet return yang gede juga nantinya tanpa harus nunggu lama. Bisa jadi pilihan juga sebenernya buat tabungan pendidikan biar ngga asal investasi

    Reply
  2. Ternyata mudah yah mengajukan deposito BPR Komunal ini. Dan memang aman banget jadi kita ngga perlu khawatir yah karena udah diawasi OJK dan LPS. Penting emang memiliki tabungan deposito buat masa depan nanti.

    Reply
  3. Berarti kita harus punya dana dulu ya di BPR Buana Dana Makmur? Harus datang ke banknya ga untuk setor uang?
    Enaknya deposito per 1 bulan aja terus automatic roll over aja (ARO). Kalau sebulan gitu, sewaktu-waktu perlu tinggal stop, lalu dicairkan deh…

    Reply
  4. Deposito atau time deposit ini produk bank andalan sejak lama. Bisa tersimpan dengan jangka waktu tertentu. dapat untung pula. tq infonya

    Reply
  5. BPR Komunal ini base-nya Surabaya bukan sih bang? Yang namanya BPR itu dijamin OJK. Jarang-jarang loh ini, BPR bisa bikin platform deposito online. Biasanya cuma bank-bank negara dan swasta, bank daerah jarang.

    Reply
  6. Saya masih mentok di privy nih. Sudah lupa password dan ganti baru masih tidak mau dibuka. Mungkin karena sayanya sedang sangat sibuk sehingga kurang telaten. Hari ini sudah niat meluangkan waktu untuk jadi deposan

    Reply
  7. Wah, harus dicoba ini, secara kl nabungnya di ATM keambil terus hihi,,, apalagi racun dunia bernama marketplace kesayangan hmm,, sekali checkout bikin uang berpindah dengan cepat, deposito di BPR Komunal sangat menarik ya!

    Reply

Leave a Comment