RecordCast, Perekam Layar Komputer Online yang Mudah dan Gratis

- Advertisement -

Buat para YouTuber atau mereka yang kerap membagikan tutorial secara langsung melalui video, pasti cukup familiar dengan aplikasi screen recorder. Aplikasi perekam layar komputer ini cukup vital keberadaannya karena mampu merekam berlangsungnya layar ketika dipergunakan.

Dengan aplikasi screen recorder ini, pengguna tidak perlu mendeskripsikan secara tertulis poin per poin dari langkah-langkah yang dijelaskan. Cukup dengan menunjukkan lewat video ketika dia melakukan hal tersebut di komputernya.

Sayangnya aplikasi semacam ini biasanya merupakan aplikasi yang harus terinstal di komputer. Selain memakan tempat, kadang juga penggunaannya dibatasi dengan berbagai hal. Kalau mau yang penuh, ya kita mesti membayar dengan harga tertentu.

Nah, PearlMountain, perusahaan Hong Kong yang membuat FlexClip dan DesignCap yang sudah saya ulas kemarin, juga membuat perekam layar secara online. Nama aplikasinya RecordCast. Aplikasi ini memiliki berbagai kelebihan. Saya sudah menuliskannya mengapa kamu perlu menggunakan RecordCast.

Apa Itu RecordCast?

- Advertisement -

RecordCast merupakan sebuah aplikasi online yang mengintegrasikan antara perekam layar dengan video editor. Aplikasi ini mempermudah kamu untuk merekam layar dan menghasilkan video dengan resolusi tinggi secara gratis. Tentu kamu bisa menggunakannya dalam berbagai tujuan, seperti membuat video tutorial, demo produk, kelas interaktif, kompetisi game, maupun kebutuhan pemasaran, dan lainnya.

Ya, gratis dan mudah adalah dua kata yang perlu saya garis bawahi. Sebab faktor inilah yang mungkin menjadi penghambat banyak orang untuk memulai merekam layar mereka. Makanya dengan RecordCast inilah banyak orang bisa merekam layar mereka tanpa harus memikirkan biaya. Ya, selama mereka sudah memiliki Google Chrome, maka tak perlu ada kekhawatiran untuk merekam layar.

Fitur Kunci pada RecordCast

Sudah disinggung diatas, ada beberapa fitur kunci dari RecordCast. Setidaknya saya sudah mencatat ada empat fitur dari aplikasi perekam layar ini. Berikut diantaranya:

1. Gratis 100%

PearlMountain tidak memungut biaya dari RecordCast ini. Kamu bisa menggunakannya kapan saja dan untuk apa saja. Bahkan untuk menghasilkan video dengan resolusi tinggi pun tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan. 100% gratis.

2. Tak Perlu Diunduh

Kamu hanya perlu mengunjungi situs RecordCast di https://www.recordcast.com/. Tak perlu ada pengunduhan file perangkat lunak dan tak ada instalasi.

3. Perekaman Fleksibel

Pada RecordCast, kamu bisa merekam berbagai mode layar untuk berbagai kebutuhan. Bahkan untuk memilih apakah perlu merekam suara komputer atau kita mengisinya dengan suara sendiri lewat mic juga bisa dilakukan lewat aplikasi ini.

4. Ada Edit Cepat

Sebelum diedit menggunakan aplikasi edit video online semisal FlexClip atau aplikasi edit video lainnya yang ada di komputer kamu, RecordCast juga menyediakan fitur edit cepat. Fitur ini berguna sekali buat mengedit klip yang tidak diperlukan.

Cara Menggunakan RecordCast

Untuk menggunakan RecordCast, silakan ikuti panduan sederhana ini.

1. Buka situs RecordCast.

Silakan buka situs RecordCast disini.

2. Klik Start Recording.

Ada tombol Star Recording berwarna merah setelah kamu berhasil membuka situs tersebut. Klik saja tombol tersebut

3. Pilih mode rekam.

Ada tiga mode rekam, yakni screen, webcam, screen+webcam. Pilih salah satunya.

4. Pilih perekaman audio.

Kamu bisa memilih perekaman audio sesuai kebutuhan. Ada tiga mode, yakni microphone, system audio, dan no audio

5. Memulai rekaman.

Klik tombol Start Recording untuk memulai rekaman.

6. Berhenti merekam.

Klik tombol Stop Recording yang mengambang untuk menghentikan perekaman.

7. Mengunduh rekaman.

Setelah perekaman selesai, kamu bisa mengunduh hasil perekaman tersebut ke komputer kamu.

8. klik Edit and Export in MP4.

Dengan mengklik Edit and Export in MP4, kamu bisa melakukan edi sederhana, misalnya mengurangi durasi, menambah tulisan, maupun menambahkan suara lain seperti musik dan efek.

Penutup

Itulah sekilas tentang RecordCast, sebuah aplikasi perekam layar online yang bsia kamu andalkan kapan saja. Meski dibatasi hanya 30 menit saja, namun itu lebih dari cukup untuk sebuah video perekam layar.

Kamu bisa menikmati perekaman layar gratis yang mana hasil rekamannya tidak dibubuhi watermark sama sekali.

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here