Wajib Tahu! 9 Media Promosi Online untuk Mengenalkan Bisnismu

- Advertisement -

Promosi menjadi salah satu nyawa dalam pengembangan bisnis. Sebab dari promosi itulah brand atau bisnis kamu bisa dikenal orang dan berpotensi mendapat keuntungan. Apalagi di era digital sekarang, kamu mesti paham apa saja media promosi online.

Media promosi online merupakan cara yang mudah dalam mengenalkan bisnis kamu. Ini menjadi pilihan karena selain gratis, juga bisa mendapatkan banyak hal. Misalnya analisis pengunjung dan pembeli dari berbagai aspek seperti jenis kelamin, lokasi, dan pendidikan.

Kadang-kadang pebisnis pemula terpaku pada media sosial yang itu-itu saja. Padahal ada cukup banyak platform promosi yang bisa dipakai secara gratis dan bisa menjangkau pemirsa potensial yang beragam.

Sebelum berbicara soal jenis-jenis media promosi online yang bisa dipakai, mari kita tinjau dulu apa saja manfaat dari mempromosikan produk kamu di platform digital.

Manfaat Media Promosi Online

- Advertisement -

Media promosi online merupakan cara yang efektif untuk menjaring konsumen. Jangkauannya lebih luas dengan biaya yang bisa ditekan seminimal mungkin.

Secara lebih lengkap, inilah manfaat promosi di platform digital.

Jangkauan Luas

Salah satu indikasi suksesnya promosi adalah luasnya cakupan yang dijangkau oleh media promosi tersebut. Kuantitas jangkauan ini bisa dicapai dengan menggunakan platform digital lewat perantaraan jaringan internet.

Hal ini tentu saja tidak bisa dicapai ketika kita memakai platform konvensional yang memiliki keterbatasan wilayah edar. Platform digital menerobos batasan tersebut.

Performa yang Terukur

Performa platform digital bisa diukur secara pasti. Misalnya dalam sebuah media promosi, kamu bisa melihat ada berapa orang yang dijangkau, wilayah mana saja yang melihat, bahkan jenis kelamin pengunjungnya pun tercatat oleh sistem analisis.

Mudah Tersebar

Ketika produk kamu diterima oleh pasar, maka ini salah satu pintu masuk kesuksesanmu di platform digital. Orang-orang akan dengan senang hati membagikan segala hal tentang produkmu. Sehingga ada begitu banyak interaksi yang ujungnya adalah peningkatan konversi penjualanmu.

Biaya Murah

Pada salah satu koran lokal dengan oplah sepuluh ribu, satu iklan berwarna bisa dibanderol satu juta rupiah. Namun untuk iklan di media sosial, uang satu juta bisa menjangkau ratusan ribu orang di berbagai wilayah Indonesia dengan analisis lengkap.

Jenis-Jenis Media Promosi Online

Media promosi online terdiri atas berbagai jenis. Ada yang menggunakan media sosial, blog, website, video, dan lainnya. Banyak juga yang menggabungkan platform tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, apa saja jenis-jenis media promosi online yang bisa kamu pakai untuk mengenalkan produkmu? Ini dia selengkapnya.

Facebook

Facebook menjadi pilihan pertama buat yang baru terjun dalam promosi produk di platform digital. Media sosial yang satu ini merupakan platform paling populer diantara lainnya. Jumlah penggunanya yang mencapai 2 miliar membuat Facebook menjadi pangsa pasar yang menggiurkan.

Twitter

Twitter memang kalah populer dibandingkan Facebook. Namun sebagai media sosial microblogging, Twitter tentu memiliki keistimewaan tersendiri. Kamu bisa memanfaatkan tagar, isu trending, maupun twit viral yang ada disini untuk mengenalkan produkmu.

LinkedIn

Buat kamu yang memiliki produk dengan sasaran pengguna para profesional, maka LinkedIn tempatnya. LinkedIn merupakan media sosial yang berisi jejaring pekerja, profesional, dan perusahaan.

Instagram

Ketika foto-foto produkmu memiliki kualitas yang baik, Instagram menjadi lahan yang sesuai sebagai tempat promosi. Disini kamu bisa berbagi foto, inforgrafis, dan cerita untuk mengenalkan produkmu.

WhatsApp

Sejak WhatsApp Business dirilis, kamu bisa lebih mudah dalam mempromosikan dan menjalankan bisnis lewat aplikasi percakapan yang satu ini. Ada listing produk, jam buka, hingga tag untuk membedakan pesan-pesan tertentu.

TikTok

TikTok merupakan platform yang berkembang cukup pesat. Jika dikelola dengan optimal dan konsisten, platform asal China ini bisa menjadi sarana promosi yang menakjubkan. Dengan video-video pendeknya, kamu bisa berkreasi untuk mengenalkan produk ke banyak orang. Syukur masuk FYP, ya ‘kan?

YouTube

Untuk pengenalan produk yang lebih mendalam lewat video, kamu membutuhkan YouTube. Platform berbagi video ini sangat populer untuk mengenalkan produk maupun sekadar berbagi insight menarik yang mendukung bisnis kamu.

Webinar

Webinar merupakan akronim dari web dan seminar. Secara singkat webinar merupakan seminar yang dilangsungkan secara online dengan berbagai aplikasi teleconference seperti Zoom dan Google Meet. Kamu juga bisa menyelenggarakan webinar untuk mengenalkan produkmu.

Website

Untuk pilihan jangka panjang, membangun bisnis dengan salah satunya membuat website adalah jalan yang disarankan banyak orang. Saya juga menyarankan demikian. Sebab ibarat kantor online, website sangat berguna agar brand kamu terlihat lebih profesional.

Cara Mengoptimalkan Media Promosi Online

Untuk mendapatkan hasil yang baik dalam memanfaatkan media promosi online, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Tentukan Sasaran

Kamu mesti menentukan sasaran pasar dengan jelas, sehingga promosi yang kamu lakukan bisa menjangkau secara tepat. Kamu juga bisa menyiapkan segala sesuatunya dengan benar ketika objek promosi ini cukup jelas.

Buat Rencana Aksi

Rencana aksi ini perlu dibuat agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan biaya yang minimal. Kamu harus mengukur jangkauan, platform yang dipakai, serta melihat kondisi budget yang akan dihabiskan.

Pilih Platform yang Cocok

Ada produk yang tidak tepat dikenalkan di salah satu platform digital diatas. Misalnya kamu berniat untuk mempromosikan es boba untuk anak muda usia SMA kebawah. Maka mempromosikannya di LinkedIn adalah suatu yang sia-sia.

Buat Materi Promosi yang Menarik

Materi promosi yang bagus saja tak cukup. Tapi materi ini harus menarik agar menciptakan engagement yang bagus. Silakan pahami perbedaan antara materi yang bagus dan menarik ini. Syukur-syukur kamu bisa memadukan keduanya.

Melakukan Analisis dan Evaluasi

Setelah melakukan promosi secara online di berbagai platform diatas, hal yang terakhir perlu dilakukan adalah melakukan analisis dan evaluasi. Lihat jangkauan promosi kamu sejauh mana, ukur juga efektivitasnya, serta berapa biaya yang dikeluarkan. Perbaiki untuk promosi selanjutnya jika ada kekurangan.

Penutup

Itulah sekelumit tentang pengertian, jenis, manfaat, dan cara optimasi media promosi online. Kamu mesti memanfaatkan platform digital yang ada untuk mengenalkan produkmu dengan biaya yang seminimal mungkin.

Platform digital ini penting buat pebisnis pemula yang baru merintis usahanya. Bisa juga buat kamu yang pengin bergerak di platform online saat pandemi masih melanda Indonesia.

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here