Teknologi untuk Mencari Kandidat Pekerja

Sebuah perusahaan pasti membutuhkan pekerja yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan pada saat itu. Meski banyak kandidat kerja yang datang melamar, tapi belum tentu ada pekerja yang cocok dengan kualifikasi yang dicari oleh perusahaan.

Tentu tidak mudah untuk menemukan pekerja yang cocok dengan kebutuhan perusahaan, bahkan dibutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa menemukan pekerja yang tepat. Apalagi jika Anda melakukannya secara manual maka akan menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga.

5 Teknologi untuk Mencari Kandidat Pekerja

1. Application Tracking System (ATS)

Hampir semua rekruter sudah mengandalkan ATS untuk memudahkan proses rekrutmen dan mendapatkan pekerja yang tepat. Penggunaan teknologi ini sangat mudah dipelajari jadi bisa membuat proses hiring lebih efisien dan lebih sistematis.

Biasanya, teknologi ini digunakan dari mulai tahap awal proses rekrutmen dengan cara mengirimkan iklan lowongan kerja ke situs lowongan tertentu atau website resmi perusahaan. Anda tidak perlu repot menghubungi kandidat pekerja karena sudah ada notifikasi email.

2. Crowdsource Recruitment

Teknologi ini sering digunakan oleh perusahaan dalam mencari kandidat terbaik sesuai dengan kualifikasinya. Keberadaan teknologi ini mampu menghemat waktu dan tenaga karena proses mencari, memilih dan menghubungi kandidat dilakukan oleh teknologi satu ini.

Para kandidat potensi akan muncul dengan sendirinya setelah Anda memasang lowongan pekerjaan di platform rekrutmen sehingga pekerja akan mendaftarkan diri jika tertarik. Oleh karena itu, rekruter tidak perlu lagi menyaring kandidat karena sudah ada teknologi ini.

3. Employer Background Check

Latar belakang pendidikan, pekerjaan, catatan mengemudi hingga catatan kriminal menjadi bagian penting yang harus dipertimbangkan saat memilih kandidat pekerja. Semua pekerjaan ini bisa dilakukan dengan mudah karena Anda bisa memanfaatkan teknologi ini.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa teknologi ini mampu meningkatkan Quality of Hire menjadi lebih baik jadi Anda akan mendapatkan kandidat pekerja yang memang dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Chatbots

Teknologi lain yang tidak kalah bermanfaat untuk proses pencarian pekerja adalah chatbots. Teknologi ini memudahkan Anda dalam berinteraksi dengan kandidat, misalnya dalam menjawab berbagai pertanyaan dan memberikan feedback lebih cepat.

Chatbots sangat cocok bagi Anda yang ingin mengadakan open position atau status wawancara terbuka sesuai tahapan interview. Teknologi ini juga berperan dalam memberikan informasi atau insight pada recuiter terkait respon dan cara berkomunikasi dengan kandidat.

5. Recruiter Automation with Artificial Intelligence

AI menjadi teknologi canggih yang membantu proses hiring menjadi lebih mudah dan cepat. Teknologi ini mampu menyaring setiap lamaran yang masuk berdasarkan keterampilan, lulusan terakhir, domisili, dan lain sebagainya.

Teknologi ini hadir untuk membantu mengurangi beban pekerjaan rekruiter yang biasanya melakukan proses hiring secara manual. Selain membantu pekerjaan, penggunaan AI juga mampu memberikan kandidat pekerja yang lebih berkualitas sesuai kebutuhan perusahaan.

Platform Hiring yang Bisa Dijadikan Pilihan

shortlyst

Proses hiring harus dilakukan dengan benar agar kandidat pekerja yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun, semua itu tidak semudah yang dibayangkan, kecuali jika Anda menggunakan platform hiring yang canggih.

Dari sekian banyak platform hiring yang bisa dipilih, ada salah satu paltform terbaik yang siap membantu proses hiring Anda agar lebih mudah dan cepat. Platform hiring terbaik itu adalah Shortlyst, yaitu tools terbaik berbasis AI untuk melakukan recruitment.

Bagi Anda yang ingin melakukan recruitment dengan lebih mudah dan mendapatkan kandidat pekerja sesuai kebutuhan, maka jangan ragu untuk menggunakan Shortlyst. Dijamin Anda akan menemukan pekerja yang sesuai kualifikasi.

bangdoel

Bang Doel adalah seorang blogger yang menulis tentang berbagai topik di dunia digital, media sosial, gadget, teknologi, politik, sosial, dan humaniora. Doel.web.id menjadi sarana untuk menyalurkan hobi menulis dan melakukan analisis.

Post navigation

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tips Membuat Portal Berita dan Terindeks di Google News Tab

Bisakah Kirim Motor Via Pos? Ini Jawabannya!

Pengertian Skema Ponzi dan Cara Mewaspadainya

Alasan Seseorang Bisa Terjebak Skema Ponzi Berkali-Kali