Sewaktu masih bekerja di sebuah media, saya masih ingat ada yang namanya divisi marketing and communication, disingkat marcomm. Karyawan di divisi ini tidak hanya menarik secara penampilan, namun cara berbicaranya pun impresif. Tak heran selain gajinya besar, merekalah yang menjadi divisi paling penting dalam sebuah perusahaan.

Pada bahu mereka terpikul sebuah beban agar produk bisa dijual sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Makanya tujuan dari divisi ini hanya satu dan terfokus, yakni bagaimana setiap peluang yang ada bisa dikonversi menjadi keuntungan bagi perusahaan.

Marketing Mengalami Disrupsi

Ketika zaman berubah, dari era konvensional menjadi era digital, dunia marketing juga mengalami revolusi. Ada yang disebut dengan digital marketing dimana tujuannya sama dengan marketing konvensional, namun ruang kerjanya berada di ruang digital alias online di internet.

Sayangnya beberapa perusahaan tergagap dalam menghadapi disrupsi semacam ini. Sebagian besar tidak memiliki divisi digital marketing yang bisa diandalkan. Ya, mudah saja untuk menyuruh salah satu karyawan untuk menjadi admin media sosial perusahaan, tapi bagaimana menentukan leads dan melakukan konversi dengan menganalisis jumlah follower?

Sebagian besar divisi marketing yang lama biasanya hanya mengetahui bagaimana cara menjual produk kepada klien secara tatap muka. Mereka langsung menjadwalkan pertemuan, melakukan presentasi, harga cocok, transaksi, dan perusahaan untung. Tapi tidak begitu cara bermain dalam digital marketing.

Definisi Digital Marketing

Digital marketing merupakan sebuah cara untuk memasarkan produk dengan menggunakan internet. Para pelaku digital marketing memanfaatkan berbagai kanal media promosi online untuk memasarkan produknya. Dan ini tentu tidak sesederhana mengunggah sebuah foto produk di internet lalu menunggu pembeli datang.

Digital marketing cukup kompleks. Ia terlibat dengan berbagai taktik yang mau tidak mau mesti dilakukan sesuai dengan strategi marketing perusahaan tersebut. Beberapa taktik digital marketing itu diantaranya content marketing, search engine optimization (SEO), video marketing, mobile marketing, online advertising (PPC), email marketing, dan media sosial marketing.

Katakanlah sebuah perusahaan memiliki strategi ingin menguasai pencarian Google, agar orang-orang yang mencari kata kunci tertentu maka situs yang berisi produknya muncul di halaman pertama Google. Maka ia membutuhkan setidaknya beberapa taktik, yakni content marketing, SEO, dan advertising (PPC). Semuanya harus terintegrasi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Padahal untuk belajar SEO saja, seseorang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Apalagi ditambah dengan memahami analisis kunjungan, penulisan yang baik, serta leads dan konversi ketika memasang iklan. Oleh karenanya banyak perusahaan yang memakai jasa digital marketing agency.

Apa Itu Digital Marketing Agency?

Digital marketing agency merupakan sekelompok orang yang menyediakan sumber daya dan disewa oleh perusahaan lain untuk membantu memasarkan produk perusahaan tersebut. Jadi secara etimologi, digital marketing agency merupakan paduan antara kata ‘digital marketing’ dengan ‘agency’.

Secara umum tujuan dari digital marketing agency ya membantu menjualkan produk dari sebuah perusahaan. Ia direkrut dan menjadi bagian dari divisi marketing perusahaan itu dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

Tugas dan Fungsi Digital Marketing Agency

Jika dibagi secara tugasnya, maka digital marketing agency akan membantu sebuah perusahaan dengan beberapa cara sebagai berikut:

Melakukan Analisis Pasar dan Membuat Target

Pada tahap awal tentu sebuah agency bisa memberikan pandangan akan kearah mana strategi pemasaran digital akan diarahkan. Sehingga taktik yang bakal dipakai bisa segera dieksekusi dan perusahaan bisa segera mendapatkan keuntungan.

Meluaskan Jangkauan Brand

Popularitas brand yang dirilis perusahaan akan menjadi tujuan awal dari sebuah digital marketing agency. Dengan bekal inilah maka sebuah brand akan lebih dikenal dan menciptakan funnel bagi terciptanya konversi.

Biasanya meluaskan jangkauan ini dilakukan lewat optimalisasi media sosial. Makanya sering kita lihat perusahaan yang menyewa digital marketing agency, tiba-tiba ‘wajah’ media sosialnya berubah dan sering memasang iklan.

Meningkatkan Angka Pengunjung Situs

Perusahaan yang memiliki situs biasanya hanya memasang landing page company profile semata. Namun semua berubah ketika datang digital marketing agency. Situs itu kadang dirombak atau membuat situs baru.

Situs tersebut akan dioptimasi SEO-nya. Kemudian tampilan dan kontennya diperbarui. Hal ini demi menciptakan funnel dan mewujudkan konversi yang lebih tinggi.

Meningkatkan Kapasitas Tim Marketing Internal

Sebuah digital marketing agency yang baik tidak akan bekerja sendiri. Ia melibatkan struktur internal untuk memudahkannya berhubungan dengan perusahaan. Selain itu tentu agar perusahaan itu bisa berkembang selepas kontraknya selesai.

Memang tidak semua hal bisa dibagikan, seperti tools rahasia yang menjadi senjata andalan maupun racikan istimewa dalam bermain SEO. Namun ada beberapa hal umum yang bisa dibagikan agar agency tetap bisa dinilai secara profesional.

Penutup

Nah, apakah perusahaanmu sedang membutuhkan digital marketing agency? Jika kebetulan kamu juga sedang berada di Jakarta, bisa menghubungi digital marketing agency Jakarta untuk mendapatkan insight menarik seputar dunia digital marketing.

Demikian artikel tentang digital marketing agency ini. Semoga bisnis kita semua sukses.

20 COMMENTS

  1. Saat ini bisnis digital memang yang paling menjanjikan yaKemajuan teknologi mendukung perkembangan bisnis digitalDan tentunya agar bisnis kita dikenal luar, perlu banget tuh ada digital marketingnyaBiar laris maniiiiis

  2. Wah pantesan temen saya yang Marcomm di sebuah perusahaan penampilannya necis bener yahh, ternyata memang memiliki tanggung jawab dan beban yang cukup berat dalam mendatangkan keuntungan bagi perusahaan

  3. Dulu sebagai anak ahensi, memang ya keliatannya kece ya, padahal itu tuh divisi yang penuh lembur dan deadline berbaris rapi menanti giliran hihiihh, dan sekarang berkembang jadi digital marketing karena sikon juga lagi pandemi yang ikut mendukung

  4. Digital marketing agency hari gini punya peran penting dalam strategi marketing. Pebisnis bisa fokus ke “core” bisnisnya, biar agency yang bekerja membantu promosi untuk peningkatan penjualan produk dan jasa

  5. Ya secara sekarang zaman digital, maka marketing pun harus dilakukan melalui digital. Kelebihannya memang tak terbatas jarak dan waktu. Bisa dibilang lebih efisien ya bang Doel.

  6. Untuk urusan digital marketing, terkadang saya memilih serahkan saja pada ahlinya. Jadi tentu saja peran digital marketing agency sangat penting untuk pertumbuhan suatu perusahaan.

  7. melihat pengertian dan kerjanya, sangat penting nih digital marketing agency. Btw, pantesan blognya keren. Pernah di marcomm 🙂

  8. dengan semakin banyaknya usaha online dan offline yang juga merambah dunia online, digital marketing menjadi hal yang penting dan sangat di butuhkan ya.

  9. Beruntung udah ada digital marketing agency, cocok buat seseorang yg kurang menguasainya tanpa harus takut ketinggalan perkembangan jaman.

  10. Trend digital marketing sepertinya sudah bnyak digunakan perusahaan supaya cepat mendapat pangsa pasar ya kak. Peranan agency dengan segudang pengalamannya mengoptimasi situs, kontent dan sosmed tentu sangat membantu perusaahaan dalam mencapai tujuan.

  11. Digital marketing adalah sesuatu yang harus ditempuh entitas bisnis kekinian untuk bisa scale up dan merebut pasar. Bukan berarti pemasaran konvensional tidak lagi relevan, tapi bisa dipadukan agar keuntungan bisa maksimal

  12. Baca dari pengertian dan cara kerjanya, digital marketing agency ini penting banget ya kak. Bisa lebih meningkatkan pendapatan apalagi buat pelaku UMKM

  13. Pas kerja di media, kita yg anak konten selalu minder sama anak Marcomm. Begitu pula waktu ketemu rombongan ahensi, hits bet lah hahaha. Tapi memang penampilan mreka sangat menunjang kinerja dan jobdes sih, apalagi sekarang serba digital, digital marketing jelas ujung tombak

  14. Aku masih awam soal dunia digital marketing. tapi melihat teman yang menggeluti bidang ini, jadi penasaran dan pengen tau juga. ternyata seru juga ya.

  15. Zaman sekarang kemampuan digital marketing begitu penting seiring perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat. Apa-apa online. Beli ini itu online. Mereka para pemilik usaha yang masih kekeuh menjalankan konsep konvensional marketing akan ketinggalan jika segera update perkembangan

  16. setuju banget sih kak, untuk mengembangkan bisnis di era digitalisasi saat ini pasti kita membutuhkan kerja sama dri orang lain. khususnya para digital marketing agency.

  17. Digital marketing saat ini sudah banyak yg kenal dan makin trend banget. Di era digital seperti sekarang ini semuanya lebih dimudahkan ya kak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here