Blogging

Cara Mendaftar dan Menulis di UC News Terbaru

UC News sekarang sudah tidak beroperasi lagi, ya. Pemberhentian operasional itu efektif sejak 10 September 2020 kemarin. Tidak dijelaskan alasan pemberhentian situs media agregasi itu. Banyak yang berspekulasi sejak Juni 2020, kalau media dibawah Ali Baba ini bangkrut.

UC News merupakan aplikasi yang berisi artikel informatif berskala nasional maupun internasional. Aplikasi ini bukanlah media berita namun sebuah aplikasi agregator berita, atau situs pengumpul dari media yang sudah ada. Kabar baiknya, Anda bisa juga berkontribusi menulis di UC News.

UC News merupakan bagian dari piramida bisnis konten Alibaba. Selain UC News, ada juga UC Browser yang mengintegrasikan UC News kedalamnya. Untuk yang gemar bermain games, mereka juga menyediakan tempat buat mengunduh yang bernama 9Apps. Dan terakhir buat memonetisasi semuanya, mereka membuat UC Unions. Lengkap.

UC News yang Tak Lagi Sama

Sejak dirilis pada akhir Agustus 2016, UC News menjadi situs agregator yang dianggap menggiurkan bagi sebagian orang. Saya sendiri sudah pensiun menulis disini sejak lama, sejak manajemennya berganti kepengurusan. Ya, pensiun sejak dollarnya tak lagi sama seperti janjinya semula.

Soal ini, Anda bisa bertanya kepada teman-teman penulis UC News yang sudah menulis sejak pertama. Saat itu kami sering disatukan dalam kompetisi kolektif yang mengadu jumlah pengunjung artikel.

Setiap satu konten yang di-push oleh aplikasi, maka puluhan ribu pengunjung akan datang ke artikel tersebut. Selaras dengan itu, dollarnya pun terus naik. Sehingga kami bisa merasakan payout bulanan di Payoneer maupun bank lokal yang terbilang menggiurkan.

Sayangnya semua berubah. Ya, janji yang pada mulanya bakal memberikan cuan bagus, ternyata tidak sesuai dengan janjinya. Lama-kelamaan banyak penulis yang daftar UC News sejak awal berhenti menulis disini.

Yang lebih menjadi pertimbangan bagi saya, tentu saja lebih memilih membangun blog sendiri. Ditambah lagi ketika konten kita masuk ke mekanisme agregator di UC News, Google bakal mendeteksinya sebagai konten duplikat. Sebuah kabar buruk bagi pengembangan blog.

Kenapa saya bilang menulis di UC News masih dianggap menggiurkan bagi sebagian orang? Ya karena hampir setiap hari pencarian terhadap kata kunci ‘cara menulis UC News’, ‘cara mendaftar di UC News’, dan gabungan keduanya ‘cara daftar dan nulis di UC News’ terus dicari orang.

Artikel ini merupakan artikel lama yang saya bongkar dan perbarui sesuai perkembangan UC News yang sekarang. Sebetulnya cara mendaftarnya hampir sama saja, cuma ada beberapa perbedaan, baik di tampilan maupun di kolom-kolom pendaftaran yang apabila tidak saya ubah, bakal sedikit membingungkan.

Cara Mendaftar di UC News

Untuk yang masih pengin meneruskan kiprah menulis di aplikasi agregator seperti UC News ini, silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Siapkan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku dan foto close up yang terbaik.

Sudah sejak lama UC News memberlakukan pendaftaran untuk penulis semacam ini. Satu KTP berlaku untuk satu akun penulis. Banyak yang bertanya, bisakah memakai KTP orang tua? Bisa. Bisakah mendaftar di UC News tanpa KTP? Kalau maksudnya bukan KTP sendiri, tentu bisa. Tetapi risiko ditanggung sendiri.

Foto close up ini merupakan sebagai salah satu sarana verifikasi setelah KTP. Jadi perlu dibedakan antara avatar akun dengan foto pribadi. Avatar ini bisa diubah-ubah sesuai keinginan kita.

2. Mengunjungi situs UC We-Media

Situs UC We-Media bisa dikunjungi disini https://wm.ucweb.com. Pada tampilan pertama, di sisi sebelah kanan layar komputer Anda bakal tampil kolom login, dimana dibawahnya ada tombol pilihan antara masuk dan daftar. Jika Anda ingin mendaftar, tentu mesti memilih daftar.

Pada tampilan mobile, situs UC News lebih sederhana lagi. Setelah judul, ada prakata perkenalan satu paragraf, dan dibawahnya ada tombol masuk serta daftar. Silakan pilih daftar.

3. Mengisi data awal

Setelah mengklik daftar diatas, Anda diminta untuk mengisi alamat email, kata sandi, memasukkan kode verifikasi yang berupa tulisan acak disampingnya,  kode email, dan invitation code atau kode undangan.

Kode email itu dipergunakan untuk memverifikasi alamat email. Silakan klik kirim kode via email terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa membuka email yang didaftarkan. UC News mengirimkan kode tertentu ke email tersebut.

Kalau tidak ada di inbox, bisa dilihat di folder spam. Kalau sudah ketemu, silakan masukkan kode tersebut ke laman pendaftaran ini.

Sementara itu kode undangan bisa didapatkan dari akun penulis yang lainnya. Dulu sih setiap refferal semacam ini, penulis bakal mendapat Rp60.000 setiap ada penulis baru menggunakan refferalnya. Sekarang tidak lagi. Namun buat yang mau menggunakan kode undangan saya, ini kodenya: 8c9682.

4. Mengisi kelengkapan akun

Disini isiannya lebih banyak. Anda mesti mengisi nama akun, kategori pertama dan kedua yang dipilih untuk tema kepenulisan Anda, bahasa, nama lengkap, identitas yakni nomor KTP, foto KTP, dan foto diri Anda, serta nomor telepon.

Dibawahnya ada informasi tentang kreator. Anda bisa mengisi kolom ini satu saja, bisa link akun Facebook saja, Instagram saja, atau alamat blog saja.

5. Tinggal menunggu akun disetujui/tidak

Setelah langkah-langkah diatas selesai, saatnya klik next. Anda akan diminta untuk menunggu pemberitahuan akun tersebut diterima atau tidak. UC News bakal memberitahukannya melalui email.

Saya yakin kalau KTP-nya jelas, fotonya terang, dan namanya lengkap sesuai identitas, maka UC News bakal mengabulkan permohonan Anda untuk bergabung. Kalau tidak dikabulkan ya silakan perbaiki pendaftaran tersebut.

Cara Menulis di UC News

Kali ini anggap saja Anda sudah melewati proses pendaftaran dan diterima menjadi kontirbutor di UC News. Untuk cara menulisnya, silakan masuk ke menu dasbor UC News https://wm.ucweb.com/dashboard/home. Sebelum membuat artikel baru, silakan perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Perhatikan tema

Saat ini UC News selalu memberikan rekomendasi tema yang biasanya masuk ke email kita. Tema ini biasanya muncul sesuai dengan topik yang sedang tren saat itu. Ibaratnya UC News meminta para kontributor menuliskannya. Sehingga penghasilan kontributor berpotensi lebih besar daripada menulis diluar tema.

2. Konsisten menulis pada satu tema

UC News berharap Anda tidak mengambil konten yang gado-gado. Hari ini Anda menulis gosip hiburan, besok menulis tentang benda unik, dan lusanya menulis tentang tips memilih gawai. Meski tidak dilarang, namun mengambil konten yang gado-gado bakal membuat artikel Anda jarang didorong menjadi notifikasi di ponsel pengguna.

3. Ikuti dengan baik langkah-langkah menulis

Saat ini UC News sudah merangkum panduan kepenulisan bagi para kontributornya. Panduannya saya pikir sangat lengkap. Buat penulis yang baru mulai belajar menulis yang baik pun panduan tersebut bisa dipahami dengan baik.

4. Mulailah menulis

Ribuan halaman tentu harus dimulai dari satu huruf. Maka sebelum berpikir untuk besar dan populer sebagai kontributor UC News, silakan klik Artikel Baru untuk masuk ke menu menulis di UC News.

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Saya sudah banyak menjawab pertanyaan dari komentar yang masuk di artikel ini. Silakan dibaca-baca saja dan temukan jawaban yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

AdBlock Terdeteksi

Mohon matikan aplikasi/fitur AdBlock di ponsel Anda untuk melanjutkan.