Meningkatkan Fundamental Skill Bersama ZenCore dari Zenius

Pernah enggak sih mendengar pernyataan bahwa “IPK atau nilai kuliah yang tinggi seringkali bukan penentu kesuksesan”? Pernah, dong? Lantas kamu jawab apa?

Menurut saya, jawabannya ada dua: ya dan tidak. Kamu bisa menjawab “ya”, karena memang secara empiris, banyak orang yang sukses (secara ekonomi) ternyata sekolahnya tidak tinggi-tinggi amat.

Kamu juga bisa menjawab “tidak” karena IPK yang tinggi bisa membuka banyak peluang kesuksesan juga. Misalnya bisa masuk ASN lewat jalur cum laude. HRD perusahaan juga ada yang melihat IPK yang tinggi. Buat kamu yang mengincar beasiswa pasca sarjana juga penting.

Lantas kalau IPK berada pada dualisme posisi semacam itu, yang menentukan seseorang itu bisa sukses, apa dong? Yang sangat menentukan kesukesan seseorang setelah nasib adalah skill atau kemampuan dasar.

Fundamental Skill

Pada setiap proses rekrutmen, nyaris selalu ada semacam tes yang soal-soalnya tak pernah kita temukan di bangku sekolah. Kadang-kadang disebutnya tes potensi akademik, psikotes, dan seterusnya. Tes-tes itu menguji kemampuan dasar manusia atau fundamental skill.

Kemampuan dasar, skill dasar, atau fundamental skill menurut American Psychological Association adalah kemampuan dasar yang biasanya dianggap perlu untuk berfungsi secara kompeten dalam masyarakat.

Beberapa kemampuan dasar adalah kemampuan analisis, keterampilan berkomunikasi, beradaptasi dengan lingkungan sosial, berpikir kritis, percaya diri dalam mengambil keputusan, dan lainnya.

Skill tersebut diujikan dalam bentuk matematika dasar, analisis bangun ruang, keterampilan kosakata, bahasa inggris, maupun kecakapan berkomunikasi.

Melatih Fundamental Skill

Pertanyaannya kemudian, bisa enggak sih fundamental skill ini dilatih, dikembangkan, dan ditingkatkan? Jawabannya tentu saja bisa.

Bermacam-macamnya fundamental skill diatas merupakan kemampuan yang berbeda-beda yang menghuni otak manusia. Sehingga kamu tak bisa melakukan satu latihan dengan tujuan meningkatkan seluruh kemampuan dasar tersebut. Masing-masing skill itu harus dilatih dengan pelatihan yang terpisah.

Misalnya untuk meningkatkan keterampilan kosakata, kamu mesti rajin membaca buku, membuka kamus, menulis artikel, dan berlatih soal-soal yang sejenis.

Salah satu soal untuk tipe ujian keterampilan kosakata ini adalah:

Carilah kata yang tidak termasuk dalam kosakata berikut ini:

a. Mangga
b. Durian
c. Jambu
d. Cemara
e. Anggur
a. Manis
b. Asam
c. Asin
d. Lembut
e. Pahit
a. Warung
b. Toko
c. Lapak
d. Mall
e. Kedai

Sementara soal untuk tipe soal deret angka, seperti berikut ini:

Isilah titik-titik pada deret angka berikut ini:

  1. 1 3 6 10 15 21 …
  2. 50 40 31 23 16 …
  3. 3 7 … 31 … 127

Dua jenis soal tersebut tentu bisa dilatih agar terbiasa dan mahir. Namun karena jenis keterampilannya berbeda, maka untuk melatihnya pun memerlukan pelatihan yang berbeda.

Nah, buat kamu yang pengin mendapatkan pelatihan keterampilan dasar semacam ini, namun tak mau repot mengumpulkan berbagai buku atau beragam aplikasi, sudah waktunya memakai ZenCore dari Zenius.

Dengan ZenCore dari Zenius ini, kamu bisa melatih fundamental skill #mulaidarimanaaja dan dimana saja. Untuk itu silakan download aplikasi Zenius terlebih dahulu.

Berlatih dengan ZenCore

ZenCore merupakan sebuah fitur dari aplikasi Zenius. Aplikasi ini merupakan aplikasi pembelajaran yang ditujukan untuk para pelajar, guru maupun kalangan profesional. Tujuannya adalah menyiapkan penggunanya dalam menghadapi ujian-ujian tertentu di sekolah.

Zenius menyediakan beragam paket pembelajaran mulai dari kelas 10 dan 11 untuk menyiapkan nilai raport yang konsisten. Lalu persiapan kelas 11 agar lebih siap dalam menghadapi kelas 12. Dan terakhir di persiapan di kelas 12 untuk membantu persiapan menghadapi UTBK SBMPTN.

Salah satu alumnus Zenius yang mungkin cukup populer di internet adalah pemuda ini. Seorang konten kreator yang kondang dengan jurus-jurus matematikanya yang kerap bikin berdecak kagum.

alumnus zenius
“Zenius asik banget woy! Ga ngajarin rumus cepet, tapi jelasin dari konsepnya. Zenius ngebantu aku lolos kuliah ke Jepang & menginspirasi buat bikin video Youtube yang nunjukin Matematika itu bisa seru.”

Jerome Polin – Zenius Alumnus 2016. Youtuber. Mahasiswa Universitas Waseda, Jepang.

Zenius juga menyadari bahwa persiapan ujian tak cukup hanya dengan kesiapan dalam menghadapi tes mata pelajaran saja. Ada ujian yang mengujikan fundamental skill yang sudah dibahas diatas.

Oleh karena itu, Zenius membuat fitur baru yang disebut ZenCore. ZenCore adalah skill dan knowledge yang menurut Zenius mesti dikuasai oleh semua orang terlepas dari apa pun jenjang pendidikan, jurusan, atau bidang kerjaannya.

Fitur-Fitur ZenCore

Meskipun menjadi fitur dari Zenius, ZenCore juga punya fitur sendiri. Ada dua fitur yang ada pada ZenCore ini. Yang pertama fitur untuk peningkatan fundamental skills yang disebut CorePractice. Fitur kedua untuk peningkatan insightful knowledge yang disebut CoreInsight.

Karena kita sedang membicarakan peningkatan fundamental skill bareng ZenCore, maka fitur CorePractice saja yang pengin saya bahas.

Asah Fundamentall Skill dengan CorePractice

CorePractice merupakan fitur untuk belajar dan mengasah skill mengerjakan soal-soal fundamental skill. Soal-soal semacam ini kerap berbentuk soal-soal dasar Logika, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Saat ini ada tiga jenis latihan soal di CorePractice, yakni Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris. Latihan soal Matematika berisikan pelatihan matematika dasar. Verbal Logic untuk melatih kosakata. Dan Bahasa Inggris untuk melatih kemampuan bahasa inggris.

Pengalaman Menggunakan Fitur ZenCore

Satu kesan yang cukup baik setelah saya melakukan Download aplikasi Zenius, terutama menggunakan fitur ZenCore adalah tampilan dan pengalaman penggunanya yang enak. Tombolnya besar-besar dengan paduan warna-warni yang tak membosankan.

Download aplikasi Zenius
Tampilan pengguna Zenius yang enak dilihat.

Meski begitu, untuk setiap soal latihan, diberikan latar belakang putih agar tidak menjadi gangguan dalam pengerjaan latihan.

Latar belakang putih ini akan berwarna merah ketika kita memilih jawaban yang salah dan berwarna hijau ketika memilih jawaban yang benar.

Kita akan kembali menemui latar belakang berwarna yang menarik setelah mengerjakan soal tersebut. Sehingga nuansa cerah sangat terasa (meskipun skornya kecil he-he).

fitur ZenCore
Tampilan ZenCore yang berwarna di awal dan akhir, serta latar belakang putih serta indikator hijau saat benar dan merah saat salah, membuat latihan soal jadi menyenangkan.

Pada setiap soal latihan tersebut, disediakan pembahasan yang cukup jelas agar kita memahami mengapa jawaban dari pertanyaan itu A, misalnya. Nyaris semua pembahasan juga disediakan video penunjang agar kita lebih memahami penjelasannya.

Kita bisa memilih #mulaidarimanaaja untuk setiap soal latihan yang tersedia. Kamu yang pengin meningkatkan skill bahasa inggris, boleh banget buat terus membuka dan mengerjakan soal-soal di Bahasa Inggris pada CorePractice di ZenCore ini. Begitu juga jika pengin meningkatkan skill kosakata dengan mengerjakan latihan di Verbal Logic.

Perbanyaklah latihan di ZenCore ini untuk meningkatkan fundamental skill kamu. Kamu tak perlu takut untuk mendapatkan skor kecil disini. Asal dengan mengulang-ulang latihan dan melihat pembahasan yang tersedia, niscaya skor besar menanti kamu di ujian sesungguhnya.

Penutup

Keberadaan ZenCore di Zenius semakin melengkapi aplikasi pembelajaran yang dibuat oleh PT Zona Edukasi Nusantara ini. Sehingga Zenius ini bisa dipakai oleh semua kalangan dari berbagai tingkatan usia dan profesi.

Ya, siapa yang menyangkal bahwa peningkatan fundamental skill hanya untuk menyelesaikan ujian tertentu saja? Peningkatan fundamental skill akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun, apalagi di dunia profesional.

Buat saya pribadi, Zenius berikut ZenCore didalamnya merupakan paket lengkap buat kamu yang sedang menyiapkan diri untuk ikut ujian. Ya mau ikut ujian sekolah, ujian seleksi masuk universitas, ujian penempatan jurusan, dan lainnya, semuanya wajib untuk mengunduh dan menginstal Zenius.

Apalagi sudah saya ulang-ulang tuh, kalau ZenCore didalam Zenius bisa bikin kamu memiliki fundamental skills yang mumpuni. Dan ini berguna banget buat kamu yang sedang menyiapkan diri dalam menghadapi ujian apapun.

Jadi, buat apa menunda untuk mengunduh Zenius? Silakan unduh di Play Store maupun App Store dan segera coba fitur ZenCore.

49 thoughts on “Meningkatkan Fundamental Skill Bersama ZenCore dari Zenius”

  1. Ini salah satu aplikasi yang bisa mengisi waktu kita ketika gabut. Yah, daripada membuang waktu tidak jelas, kan lebih baik belajar dan menambah ilmu. Ya ‘kan?

    Reply
  2. IPK itu gerbang pertama kita di level aman kalo ngelamar kerja. Setelah IPK aman, selanjutnya kita struggle dengan skill kita. Berbahagia lah orang yang punya kelebihan dan kepercayaan diri di bidangnya.

    Nah, kalo kita punya skill bagus, tapi pas ngelamar kerja IPK pas-pasan, ya mayoritas kasus udah terdepak duluan. Bayangkan, perusahaan gak mungkin bacain ribuan lembar CV satu-satu. Yang dilihat pasti IPK dulu. Huhuhu.

    Tapi itu dulu. Kayaknya sekarang orang-orang lebih open minded ya. Fundamental skill jadi yang utama. Beruntunglah orang yang punya skill dan bisa kerja dengan passionnya masing-masing.

    Asik ya Zencore bisa mengupgrade fundamental skill kita. Awalnya saya pikir ini aplikasi apaan ya dari Zenius. Ternyata oh ternyata. Layak dicoba.

    Reply
    • Dulu orangtua aku maunya anaknya kuliah dengan skill tertentu. Salah satu pilihannya di Tata Busana. Karena menurut mereka bidang ini bisa lebih banyak peluangnya, nggak hanya sebagai pekerja tapi juga membangun usaha. Nah adanya Zencore untuk fundamental skill ini penting juga ya

      Reply
  3. Zaman now banyak ya aplikasi belajar online seperti Zencore ini ..pastinya membantu banget buat anak usia sekolah yang sedang menjalani PJJ ..kebetulan ponakan saya juga sedang PJJ nanti mau saya kenalkan deh dengan Zencore ini

    Reply
  4. Nilai memang penting, tapi skill dalam diri jauh lebih penting karena hal itulah yang menempel pada kita. Skill yang bagus akan memudahkan kita baik pada ujian maupun pekerjaan. Zenius ini bisa membantu mengasal skill secara optimal ya.

    Reply
  5. Fundamental skill ini perlu banget ya Bang. Saya jadi inget pas kuliah dulu IPK saya tergolong paling buncit, hehehe. Untunglah saya ga berkecil hati. Kalau zaman dulu ada zencore pasti saya install deh

    Reply
  6. Bener juga, IPK tinggi emang gak jaminan, Tapi punya IPK tinggi dapat melancarkan banyak hal, hehe. Makanya aku sama suami sering debat, menurutnya gak penting nilai tinggi, yang penting anak punya skill dan bisa berkomunikasi dengan baik. Menurutku, nilai tinggi memang bukan yang utama, namun banyak kesempatan terbuka ketika memiliki nilai tinggi. Tapi aku setuju, yang utama itu anak terus dilatih mengasah kecerdasan dasar. Dibekali skill, dilatih percaya diri dan dapat berkomunikasi dengan baik. Untuk urusan latihan mengasah otak, aku pun mulai menggunakan ZenCore biar nggak monoton buat anak-anak.

    Reply
  7. Wah Jerome Polin gunakan Zenius juga ya. Aku udah beberapa kali Bang nyoba Zencore. Asyik aja menurutku. Ya lumayan asyik. Kita ditantang untuk berpikir, karena dibatasi waktu jadinya seru. sampai berapa level itu nilaiku ratusan. menurutku Zencore ini bagus sih buat anak. Jadi mereka termotivasi untuk belajar yang seru.

    Reply
  8. mantab banget nih Zenius, bisa dipake buat semua ya, gak cuma pelajar aja tapi bahkan profesioanal juga ketika menghadapi ujian.
    hmm soal yang deret angka tuh suka buatku bingung mau coba juga nih belajar dengan Zencore dari Zenius.

    Reply
  9. Asyik ya soal-soalnya di Zencore ini nggak pakai bahasa baku yang kadang membaca pertanyaannya aja udah bikin bingung.

    Ketrampilan dasar ini memang penting banget di kuasai, walau nggak nambah nilai di raport, tapi bakal sangat berguna saat anak selesai sekolah/kuliah

    Reply
  10. Tahun ajaran baru sebagian masih PJJ perlu dukungan dalam pendampingan pembelajaran. Zenius dengan penawaran Zencore nya bisa jadi rekomendasi nih

    Reply
  11. seneng nih dengernya, soalnya aq juga lagi nyari aplikasi yang pas buat ngisi waktu luang sambil belajar ilmu baru, jadi waktu luangnya biar makin bermanfaat.

    Reply
  12. Ga salah deh kalo gitu karena saya perkenalkan anak saya dengan Zenius. Belajarnya jadi banyak terbantu. Sekarang emaknya nih yang penasaran sama ZenCore.

    Reply
  13. Ada hubungan IPK dan kesuksesan?…benar, bisa ya dan tidak. Suami saya IPK pas-pasan karena saat kuliah di FE UI enggak sanggup beli buku, enggak punya fasilitas, sambil nyambi cari biaya tambahan, tapi Alhamdulillah bisa lebih pencapaiannya dari beberapa teman yang IPK-nya lebih tinggi:)

    Btw, menarik ini, gadget-an yang berfaedah buat siapa saja, latihan di ZenCore untuk meningkatkan fundamental skill kita

    Reply
  14. Baru tahu Jerone ternyata alumni Zenius juga ya. kalau liat videonya gitu salut aja karena doi pinter banget matematikanya.
    Ternyata kecerdasannya itu juga tidak lepas dari hasil belajar dia di Zenius ya.

    Nah, orang tua yang ingin anaknya cerdas kayak Jerone bisa banget nih mempertimbangkan Zenius apalagi sekarang makin mudan belajarnya karena udah ada fitur Zencore di Aplikasi Zenius

    Reply
  15. Saya juga sudah download aplikasi Zenius dan mencoba fitru ZenCore. Keren ya, tidak hanya buat anak-anak, tapi orang tua juga. Bahkan kalau lagi jalan-jalan, di perjalanan naik kendaraan, bisa sekali buka fitur Zenius ini.

    Reply
  16. Aku malah fokus sama Jerome Polin. Hehehehe. Saya pengin meningkatkan skill bahasa inggris. Kayaknya harus download Zenius ini. Terlebih pembahasannya juga disampaikan lewat video ya, Biar benar-benar paham.

    Reply
  17. kupikir tadi khusus buat anak-anak sekolah SD-SMA, ternyata bisa buat orang dewasa juga ya, penasaran pengen install aplikasinya, pengen asah otak lagi niy, alias senam otak

    Reply
  18. Aku juga dah cobain nih Mas, ZenCore ini. Bener bener oke banget nih buat asah otak. Kaya main cepat tepat gitu. Bisa buat main bareng temen pula yaaaa

    Reply
  19. Kemampuan fundamental seperti menganalisis, kemampuan menulis dan membaca diperhatikan banget ya di Zencore ini… btw saya lihat juga contoh-contoh soalnya sama kayak soal-soal yg diujikan di TKDA nih Tes Kemampuan Dasar Akademik buat seumur hidup mau tes CPNS ataupun mau lanjut sekolah S2 dan S3

    Reply
  20. Kalau masa sekolah daku udah kenalan sama Zencore mah seneng banget pastinya hehe.
    Namun, bisa juga dicoba ya biar skill fundamental tetap terasah dengan baik.

    Reply
  21. Aku dulu pas kuliah emang pengen IPK tinggi, alasannya pas jadi maba lihat acara wisuda, mahasiswa yang IPK nya termasuk tinggi dipanggil ke depan beserta orang tuanya. Dan Alhamdulillah keturutan, tapi… sekarang IPK ku gak berguna karena gak boleh kerja sama Pak Suami, tapi seneng aja setidaknya pas wisuda Bapak Ibukku seneng.
    Btw. aku juga mau instal Zenius buat anakku, biar main main sama zencore…

    Reply
  22. Beberapa waktu lalu aku habis ikutan TPA, dan pingin nangis karena berasa susah. Logika yang biasanya aq bagus disitu malah paling enggak bisa euy. Jangan sampai anakku kemampuan dasarnya menurun kayak emaknya. Mgkn karena udah lama ga dipake mikir berat kali ya. Mau buka2 zencore ah buat anak nih

    Reply
  23. Sekarang tu super canggih, dulu kalau mau belajar mata pelajaran A baca buku A, atau B atau lainnya. Sekarang mah simple, apalagi ada ZenCore ini, bisa digunakan semua kelas pendidikan lagi. Berasa bngt kebantu nya

    Reply
  24. Zencore ternyata bukan hanya bisa digunakan oleh anak-anak usia sekolah ya.. Kayak saya gini bisa juga pakai untuk mengasah otak..Wajib coba deh..

    Reply
  25. Setuju banget nih kalau fundamental skill itu perlu banget untuk dimiliki. Apalagi sekarang sudah ada Zencore yang membuat kita bisa menguasai fundamental skill dengan cara yang menyenangkan.

    Reply
  26. Produk-produk dari zenius mah gak perlu diragukan lagi ya kak. Udah pasti kualitasnya.

    Dan kebetulan selama PJJ, zencore ini jadi andalan banhet untuk nemenin anak belajar

    Reply
  27. benar banget
    Zenius itu mengajarkan konsep
    jadi membuat anak paham tanpa harus menghafal2 gitu
    seperti anak saya mengerjakan CorePractice bahasa inggris
    dia ga harus mencari semua jawaban
    tapi mencari kata kunci dari pertanyaan dan bisa menemukan jawaban dengan cepat

    Reply
  28. Sepertinya aplikasi Zenius ini bukan hanya untuk siswa saja deh. Guru dan orang tuapun sebaiknya punya aplikasi ini. Buat orang tua bisa belajar dalam mendampingi anaknya belajar, terutama bagi orang tua yang anaknya masih di tingkat sekolah dasar. Sedangkan bagi guru penting juga sebagai tempat belajar untuk digunakan saat mengajar.

    Reply
  29. di zenius, kita bisa ikut program sesuai dengan goals kita, ya?
    kayaknya pengajar boleh juga nihh pake aplikasi ini, orang tua juga bisa join juga buat nambah wawasan…
    tampilannya keren pula, kayak lagi ngegame, nggak sadar ternyata lagi belajar…

    Reply
  30. Mas Sabda CS ini luar biasa emang inovasinya yaa. beda sama yang lain. Aku juga jadi ketagihan mainan zencore dari zenius. Tiap hari jadi ikutan latihan soal, ngga mau kalah sama anak sekolah haha

    Reply

Leave a Comment