Saat ini video di Facebook sudah dikelompokkan kedalam tempat tersendiri yang disebut Facebook Watch. Ya, Facebook Watch merupakan YouTube-nya Facebook. Apa yang bakal ditemukan di YouTube, bakal ditemukan pula disini. Sebab persamaan antara YouTube dan Facebook Watch adalah sama-sama sebagai platform media sosial berbasis video.

Perbedaannya, Facebook Watch masih terintegrasi dengan aplikasi Facebook mobile maupun di situs Facebook. Pihak Facebook sendiri menginginkan kalau platform media sosial ini menjadi ekosistem Social Media Digital marketing tersendiri. Artinya segala sesuatu yang ada di dalamnya tak akan dijauhkan dari situs Facebook. Sementara itu YouTube terpisah sejak awal dari Google. Sebab ekosistem Google adalah ekosistem internet, yang melepaskan setiap aplikasinya untuk tumbuh dan berkembang dengan pasarnya sendiri.

Lantas, bisakah seseorang menghasilkan uang dari Facebook Watch sebagaimana para YouTuber menghasilkan uang dari Adsense? Jawabannya cukup menyenangkan: bisa. Namun sebelum anda girang dan segera membuat video pertama kali di Facebook Watch, marilah simak paragraf demi paragraf di artikel ini hingga habis.

Apa Itu Facebook Watch

Facebook Watch dirilis pada 10 Agustus 2017 dan hanya bisa diakses oleh para pengguna Facebook di Amerika Serikat saja. Lantas 19 hari kemudian, Facebook Watch dirilis secara global sehingga pengguna Facebook di Indonesia bisa melakukan update aplikasi Facebook mereka dan mendapati ada tombol Facebook Watch di dalamnya.

Setahun berlalu, Facebook Watch pun terus berkembang. Menurut data yang disampaikan Facebook Watch, mereka memiliki 75 juta pengunjung harian. Jumlah pengunjung tersebut rata-rata menghabiskan lebih dari 20 menit perhari dalam menonton video di Facebook Watch.

Jumlah ini tentu saja melebihi jumlah pengunjung yang ada di YouTube. Sebab platform berbagi video milik Google tersebut hanya memiliki 1,9 milyar kunjungan bulanan atau 63 juta pengunjung harian. Hanya saja, Facebook kalah pada durasi tonton dibandingkan YouTube. Saat pengguna Facebook Watch hanya menghabiskan beberapa menit saja, pengunjung YouTube rata-rata menonton video di platform tersebut selama 40 menit.

Hal ini disebabkan YouTube lebih banyak memiliki kreator dibandingkan Facebook Watch. Kreator dengan jumlah pelanggan atau subscriber-nya yang banyak menjadi minat banyak pengguna YouTube untuk terus berkunjung. Semakin banyak subscriber, semakin banyak view, tentu semakin banyak dollar yang masuk ke kreator tersebut. Perihal monetisasi inilah yang membuat YouTube masih menjadi idaman banyak orang untuk mendulang uang. Makanya Facebook Watch pun berupaya melakukan imitasi.

Kalau di YouTube ada YouTube Studio maka di Facebook Watch ada Creator Content. Fungsi dari Creator Content memang serupa YouTube Studio, yakni melihat statistik video yang pernah diunggah di Page yang dikelola (kalau di YouTube sih channel) dan yang paling penting adalah melihat apakah sudah bisa dipasangi Ad Breaks. Nama ini bisa disepadankan dengan Adsense for YouTube.

Ad Breaks merupakan iklan yang akan muncul di video anda. Iklan ini bakal memotong jalannya video di awal maupun tengah, sehingga dinamakan ad breaks atau jeda iklan.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Watch

Untuk bisa dipasangi Ad Breaks agar video-video yang diunggah di Page bisa menghasilkan uang, tentu ada syaratnya. Syaratnya ternyata tidak lebih ringan dari yang terpampang di YouTube Partnership Program (YPP). Ada lima syarat yang mesti dipenuhi agar video di Page bisa dipasang Ad Breaks:

  1. Syarat pertama tentu saja punya Page atau halaman, jadi bukan akun Facebook biasa.
  2. Page yang anda kelola sudah memiliki paling sedikit 1.000 pengikut.
  3. Dalam waktu 60 hari, fanpage Anda memiliki 15.000 jangkauan.
  4. Dalam 60 hari juga, ada yang menonton video Anda sebanyak 180.000 menit.
  5. Dalam dua bulan atau hitungan 60 hari, ada 30.000 kali penayangan dengan durasi masing-masing minimal satu menit pada video yang durasinya 3 menit.
  6. Page telah mematuhi syarat dan ketentuan yang diatur Facebook secara umum.
  7. Facebook Watch dengan Ad Breaks-nya telah hadir di negara anda. Kabar baiknya, buat yang tinggal di Indonesia, Facebook Watch dan Ad Breaks sudah bisa berjalan.

Oh iya, saya mendapatkan banyak informasi soal cara mendapatkan uang di Facebook dari tautan tersebut.

Kalau soal berapa dollar yang bakal diraup, saya sendiri belum tahu. Di Indonesia pun belum banyak yang berbagi kisah sukses di platform Facebook Watch.

Buat Anda yang pengin mengetahui lebih lanjut soal ini, bisa berkunjung ke digital agency jakarta atau tempat terkait yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Sekian saja artikel tentang cara menghasilkan uang melalui video Facebook. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa.

90 COMMENTS

  1. Bang, yang dimaksud dengan Page atau halaman [bukan facebook biasa] itu apa, ya ?.Lalu, caranya mengunggah video caranya apakah sama seperti mengunggah status ?.Tadi aku sudah coba daftar dan ku test di bawah kolom status ada pilihan video yang akan diunggah.

  2. Mas Himawan: iya maksudnya bukan akun Facebook biasa, tapi Page atau Fanpage.Cara mengunggahnya sama seperti mengunggah video biasa. Cuma nanti kalo page nya sudah memenuhi persyaratan, bakal ada opsi lanjutan untuk iklan.

  3. Loh, bisa juga ya bikin video Facebook dipakai buat cari duit? Ini harus dilike sm 10rb orang dulu, macam persyaratan IG yg harus difollow 10rb org baru bisa muncul fitur swipe up ya heheee…. Berat syaratnya

  4. Setelah kucoba mengupload video di fanspage facebook, ternyata … agar video yang diunggah agar lebih bisa dijangkau atau ditonton banyak pemirsa itu persyaratannya bayar beaya promosi, bang.Jadi kalau tidak ikut membayar beaya promosi yang fb tawarkan, video yang diunggah tidak muncul di beranda video fb.Minim 2 Dollar sehari untuk beaya promosi video yang kita unggah.

  5. Itu cuma opsi Mas Himawan. Kita lewatkan saja enggak apa-apa, video kita tetap berjalan dan akan bisa dipasang iklan kalau memenuhi syarat.Cuma pakai facebook Ads memang jauh lebih deras pengunjungnya.

  6. Fb creator,agak sulit dikit dri youtubeAkan ad bnyak lagi syarat yang lain,bukan itu aj syratnya…Tpi usaha tak akan menghianati hasil1 Buln bisa dpat 1000 dolar kalau kita rajin….mngkin bisa lebih

  7. Dalam dua bulan atau hitungan 60 hari, ada 30.000 kali penayangan dengan durasi masing-masing minimal satu menit pada video yang durasinya 3 menit.di hutung sejak kapan.apa dari bikin page .atau setelah upload video??Mohon info nyaa

  8. Makasih sharing bermanfaatnya, moga berkah. \”…bakal ada opsi lanjutan untuk iklan\”. Jadi maksudnya kita nunggu dari pihak FB yg nawarin gitu ya? bukan mendaftarkan diri spt di YT ads. Mksh

  9. Infonya sangat bermanfaat dan memang sangat tidak mudah,,fanspage saya @amazing_ende baru menccapai 5k pengikut dalam waktu 6 bulan, dan rata2 video hanya ditonton 10rb view, nyampe 30.000 view butuh waktu yang lama,,tapi tidak apa-apa, sambil nyalurkan hobby semoga bisa menghasilkan dollar. hehehe

  10. Durasi fanpage saya rata2 30 detikTp pengikut sudah 2500 dlm waktu satu bulan dan ada 1 vidio sudah di tonton 1,5jt tayangn Apa vidio yg durasinya 30 detik bs menghasilkan uang ya min???Mohon d blz

  11. Menurut saya persyaratan Facebook lebih berat nih daripada YouTube ,saya sendiri di youYoube ngumpulin 1.000 subscriber hampir 1thn lamanya ,tapi sekarang alhamdulilah YouTube saya sudah memenuhi persyaratan,,boleh dong kalian subscribe YouTube saya buat mendongkrak semangat saya biar lebih semangat bikin konten lagi nama channel saya SATYA PERMANA dengan subscribeer baru 1.600an tolong di bantu yah sodaraku semua

  12. Assalamualaikum buat kalian sahabat dumay, salam kenal dari saya btw siapa tau ada yg mau berbaik hati untuk nambahin jumlah anggota page saya ini nama page saya R34 makasih ya.

  13. Kalau ngikut aturan yg tertulis sih, 30.000 kali tayang itu dari satu video yg durasinya 3 menit. Satu, ya. Tapi nggak tahu juga, barangkali akumulasi ternyata bisa dianggap memenuhi syarat, itu suka-suka Facebook saja.

  14. Aman dong, yg itu cuma ajakan promosi konten aja dari Facebook. Kalo mau dapet dari video, mulai upload video-video aja, nanti kalo kata Facebook nya bisa dimonetisasi, ada keterangannya sendiri

  15. Ya saya baru buat dari bulan januari kemaren,baru tembus 7000 followers,sekrg kalau rajin upload video bisam nambah 50-150 followers/ hari mudah mudahan sih bisa,Oh ya mau tanya juga ni mas apa kalau video dari youtube terua di edit,terus upload di fb apa bisa kena copyright juga?

  16. Kalau reupload biasanya bakal mempengaruhi reputasi fanpage. Reputasi ini datangnya dari Facebook, hasil pembacaan atas konten di fanpage tsb.Sebaiknya unggah video yg bebas copyright saja.

  17. Bang, itu kan saya page nya udah mulai menghsilkan baru 5 hari alhmdllh udh 180$ , pertnyaan nya, apkah bisa seterusnya dapet iklan atau ada batas waktunya, misalkan cuman 2 bulan aja,Haturnuhun admin

  18. Ambil contoh nih fanspage fb ramai yg seperti nostalg** 90an itu potensial menghasilkan bang ya? Itu kan videonya banyak diupload anggotanya.. berisi video2 jadul macam video klip dll..

  19. Setau saya nih ya yg cepet naik like fanpage or followers itu orang\” yang berbahasa inggris.. Liat aja bule\” bikin video yg menurut sy kurang menarik tpi cepet bgt hit likes or viewers nya karena mayoritas pengguna fb itu orang luar klo orang indo masih ke YouTube and IG#ini pemikiran aku si

  20. Apa benar yg bisa menghasilkan itu jika upload videonya pakai Laptop saja?Jika pakai HP nggak bisa menghasilkan? Punya saya dulu sudah memenuhi syarat ad break, Tapi karena upload lewat laptop itu berat pada akhirnya saya menyerah dan jadi merah lagi. Saya hanya upload photo saja, Padahal anggota ada 56 rb, yg like 40 rb lebih. Mohon pencerahan nya

  21. maksih mas, artikelnya sangat bermanfaat untuk saya yang pemula di sosial mediateman2 juga bisa berkunjung di chanel youtube saya yang baru belajar khazanah santri…..terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here