Pengertian Komunikasi Bisnis dan Tujuannya

doel.web.id – Komunikasi yang efektif dapat mempengaruhi proses, efisiensi, hubungan dengan pihak lain menjadi lebih mudah termasuk dalam urusan bisnis. Untuk itu kali ini kami akan membahas apa itu komunikasi bisnis yang benar beserta tujuannya.

Tentunya anda sering mendengar ungkapan “komunikasi adalah kunci”, dan hal tersebut berlaku juga dalam bisnis. Apakah Anda seorang manajer yang menyampaikan tujuan internal ke tim anda atau resepsionis virtual yang melayani pelanggan, sales yang menawarkan produk dan lain sebagainya, dimana komunikasi bisnis yang jelas dan produktif dapat berperan besar dalam kesuksesan perusahaan.

Dengan demikian, komunikasi merupakan elemen penting dalam organisasi. Karena tanpa adanya komunikasi pasti segala sesuatunya tidak akan berjalan baik dan berpeluang menimbulkan kesalah-pahaman, perbedaan visi dan misi, dan miss komunikasi dengan rekan kerja atau atasan yang dampaknya cukup besar bagi individu maupun organisasi.

Baca juga 4 Model Bisnis E-commerce yang Umum Digunakan

Pengertian Komunikasi Bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah hal yang mencakup setiap kali perusahaan atau karyawannya terlibat dalam pertukaran informasi. Jenis komunikasi ini biasanya mencakup percakapan langsung dan tatap muka. Selain itu, komunikasi bisnis juga mencakup bentuk komunikasi satu sisi, seperti iklan dan pesan promosi. Adapun contoh komunikasi internal dan eksternal bisnis meliputi:

  • Ketika karyawan berkomunikasi satu sama lain
  • Ketika manajemen dan karyawan mendiskusikan ide atau strategi
  • Ketika karyawan dan pelanggan berinteraksi
  • Ketika sebuah perusahaan merilis produk baru
  • Saat bisnis meluncurkan kampanye pemasaran atau iklan

Tujuan Komunikasi Bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis

Adapun tujuan komunikasi bisnis adalah untuk meraih hasil yang terbaik dari menyampaikan maksud pesan dalam sebuah komunikasi bisnis yang terbaik, dimana semakin baik komunikasi bisnis yang dilakukan maka semakin besar peluang tercapainya target yang diinginkan.

Untuk lebih jelasnya mengenai tujuan komunikasi bisnis, maka berikut tujuan dari komunikasi bisnis yang bisa anda simak sebagai berikut.

Pemahaman penerima

Tentu agar komunikasi bisnis tersampaikan dengan jelas maksud dan tujuannya, maka penerima harus memahami pesan dari komunikasi bisnis yang dilakukan dimana komunikasi baru dapat dikatakan berhasil apabila pengirim dan penerima mencapai makna yang sama.

Dalam pengertian komunikasi bisnis adalah untuk bisa mengembangkan pesan yang jelas, pengirim pesan harus mempertimbangkan empat hal, yaitu karakteristik penerima, bentuk dan isi pesan, penerima umpan balik, dan hambatan dalam berkomunikasi.

Tanggapan penerima

Dalam pengertian komunikasi bisnis adalah tanggapan penerima setelah menerima pesan bisa berupa positif, netral, atau negatif. Adapun tanggapan bisa berupa kata-kata, tindakan, atau keduanya.

Niat baik organisasi

Dalam pengertian komunikasi bisnis adalah niat baik pelanggan merupakan hal yang penting. Begitu pula dengan niat baik yang dimiliki perusahaan yang harus diterima kedua belah pihak dengan komunikasi bisnis yang efektif dan akan menciptakan keberlanjutan bisnis.

Hubungan yang menguntungkan

Untuk pengembangan bisnis yang lebih besar dan luas, tentunya sebuah bisnis harus membangun hubungan yang kuat dimana komunikasi yang baik dan efektif dapat mewujudkan hal tersebut. Dengan hubungan yang baik, baik pengirim maupun penerima akan mendapat keuntungan masing-masing.

Manfaat komunikasi bisnis

Seperti yang kami sebutkan diatas, komunikasi bisnis yang benar dan tepat akan dapat berperan penting dalam kemajuan sebuah bisnis atau perusahaan. Berikut beberapa manfaat komunikasi bisnis yang positif yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Dapat meningkatkan keterlibatan pegawai
  • Dapat mengurangi komunikasi yang tidak dibutuhkan
  • Mendukung upaya berbagi pengetahuan
  • Meningkatkan kepuasan dan retensi konsumen
  • Membangun budaya bisnis yang lebih baik
  • Mengatasi miskomunikasi
  • Mendorong produktivitas pegawai
  • Meningkatkan komunikasi antar departemen
  • Meningkatkan komunikasi dengan pegawai work from home
  • Mengurangi turnover pegawai
  • Sebagai upaya membangun citra perusahaan di mata masyarakat
  • Meningkatkan keberhasilan dari bisnis perusahaan

Demikian informasi mengenai apa itu komunikasi bisnis yang benar dan pengertian beserta tujuannya. Jadi kesimpulannya yang bisa diambil adalah pengertian komunikasi bisnis adalah sebuah proses penyampaian dan penerimaan informasi untuk mendapat keuntungan bisnis.