Tips Membuat Portal Berita dan Terindeks di Google News Tab

Membuat portal berita kini seperti membalik telapak tangan. Mudah. Benarkah demikian?

Eits, tunggu dulu. Kalau yang dimaksud adalah membuat website berita saja, memang mudah. Anda tinggal membuat website berbasis Blogspot maupun WordPress kemudian mengisinya dengan berita-berita terkini, ya memang mudah.

Pertanyaannya apakah semudah itu? Tentu tidak, Ferguso. Ada banyak sekali tahapan yang harus ditempuh. Yang pertama memang membuat website. Namun langkah selanjutnya yang cukup berat. Apa saja?

Membangun Tim yang Solid

Tahap pertama yang mesti dilalui adalah membangun tim yang solid. Tim ini akan bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Ada yang menjadi editor di redaksi, desain grafis, editor bahasa, pengembang website, dan terutama jangan lupa content writer dan jurnalis untuk mencari berita. Semuanya dipimpin oleh pimpinan redaksi yang bekerja dibawah kendali pimpinan perusahaan.

Jika Anda sudah mendapat tim ideal semacam itu, tentu tahapan melangkah kedepan bakal semakin mudah. Jika belum, pergunakan personil yang bisa merangkap banyak tugas.

Makanya dalam membuat portal berita, Anda tidak bisa bermain solo layaknya blogger. Kecuali Anda bermaksud menjadi pemain AGC yang sangat tidak saya sarankan.

Membuat Website

Tahapan dalam membuat website ini adalah mencari domain yang bagus. Carilah domain yang representatif sebagai nama sebuah portal berita. Ini sih bebas saja sesuai keinginan. Tapi ya mesti masuk akal saja.

Domain ini tentu yang berbau berita. Sebab ini bakal menjadi brand yang akan menempel selamanya dengan bisnis Anda.

Jika urusan domain selesai, silakan masuk kedalam tahap membuat website. Disini bebas saja mau pilih yang mana, apakah membangun CMS sendiri dari awal, ataupun memanfaatkan platform WordPress atau Blogspot yang tinggal pakai.

Hosting juga silakan pertimbangkan dengan baik. Untuk awalan bisa saja memakai hosting murah. Namun jika pengunjungnya sudah banyak, ya tentu harus bermigrasi ke spesifikasi yang jauh lebih tinggi.

Baca Juga:  Perubahan Algoritma Google: Original Reporting

Template atau theme yang dipakai upayakan yang bernuansa news dengan ciri banyak kategori yang ditampilkan di homepage. Soal ini tentu sudah banyak tersedia di pasaran jika memilih platform WordPress atau Blogspot.

Yang perlu dipertimbangkan juga adalah soal SEO pada portal berita ini. Ini tentu saja tergantung pada ketersediaan sumber daya dalam tim tersebut.

Mengurus Legalitas

Loh, mengapa tidak diurus legalitas dulu sebelum semuanya? Jadi begini ya, sepengalaman saya, kalau mengurus legalitas dulu baru memilih domain, kadang-kadang hasilnya tidak cocok.

Misalnya kita memilih PT Semesta News Cemerlang, yang agak masuk akal dan mirip-mirip tentu domain semestanews dot com. Jika jauh dari itu, ya bisa juga sih, tapi tetap hasilnya enggak enak. Sebab brand ini, tadi sudah disinggung, akan dipakai selamanya.

Ada notaris yang ngotot memasukkan syarat-syarat lengkap yang diajukan oleh Dewan Pers untuk membuat PT yang khusus mengurusi portal berita. Namun ada juga syarat yang lebih ringan.

Banyak persatuan wartawan, misalnya PWI, IWO, AJI, dan seterusnya yang membolehkan pendaftaran jurnalis hanya bermodal keberadaan portal berita dengan NIB berbadan hukum PT. Artinya dari situ Anda sudah diakui sebagai sebuah entitas bisnis yang menyelenggarakan bisnis konten, terutama konten jurnalistik.

Dengan bergabung sebagai anggota dari persatuan wartawan, maka suatu saat tim jurnalis Anda bisa mendapatkan keabsahan dari Dewan Pers untuk mengikuti sertifikasi jurnalis.

Mengisinya dengan Konten Berita

Legalitas itu penting buat portal berita, sebab suatu saat hal ini bakal dipertanyakan. Baik oleh narasumber, maupun khalayak pembaca. Kredibilitas sumber berita kerap diukur dari seberapa resmi portal yang mereka lihat dan baca.

Jadi kalau legalitas sudah selesai, konten berita yang diunggah ke website jadi lebih enak. Liputan untuk mencari sumber artikel berita pun jadi lebih mudah.

Beratnya membuat portal berita ya disini. Anda mesti rutin mengunggah konten berita, bahkan secara ideal semua kanal kategori yang ada mesti terisi secara rutin.

Baca Juga:  Cara Cek DA PA dan Hubungannya dengan Posisi SERP

Anda diminta untuk terus-menerus memberi asupan bagi pembaca dan Google. Nah, soal Google, SEO untuk website berita sedikit berbeda dengan SEO untuk blog. Optimasi SEOnya sedikit berbeda. Soal ini mari kita bahas pada poin terakhir.

Melengkapi dengan Media Sosial

Media sosial untuk portal berita Anda juga mesti lengkap. Tentu mesti dikhususkan dengan beragam platform.

Anda atau tim yang Anda bentuk mesti memiliki kapasitas untuk ini. Paling tidak bisa membedakan target dan bentuk dari berbagai platform media sosial.

Misalnya Anda mesti mengunggah gambar di Instagram. Dan jangan berharap untuk mendapatkan kunjungan langsung lewat IG. Agak enaknya jika Anda punya tim yang bisa mengolah grafis menjadi video vertikal. Sebab bisa mengunggah di tiga platform, yakni TikTok, Reels IG sekaligus Facebook.

Soal Twitter tentu lain lagi. Yang pasti semuanya mesti mengarah pada brand awareness portal berita yang Anda bangun.

Cara Membuat Artikel Terindeks di Google News

Enaknya portal berita itu di SERP Google, karena mereka diberi slot sendiri untuk tampil. Posisinya selalu diatas, yang kerap hadir dengan feature snippet diatas dengan tajuk Berita Utama.

Jadi setiap query pencarian yang diketikkan pengguna yang terkait dengan berita terkini, akan memunculkan portal berita yang sudah terindeks di Google News.

Jadi pertanyaannya, bagaimanakah cara agar portal berita yang sudah Anda bikin itu terindeks di Google News dan muncul di News Tab pada Google Search?

Ada yang kerap keliru dalam mengartikan Google News ini. Ada yang berpatokan bahwa ketika portalnya diterima oleh Google News pada aplikasi Google Publisher, maka website tersebut sudah masuk Google News. Ada benarnya juga sih.

Jadi Google News sebetulnya merupakan aplikasi tersendiri yang dibuat Google dan bisa diunduh di laman Play Store. Setiap website yang sudah terdaftar di Google Publisher akan tampil disini.

Baca Juga:  Google Search Console: Mengetahui Performa Situs di Mata Google

Yang perlu diketahui adalah tidak semua website yang sudah diterima di Google Publisher bisa masuk ke Google News Tab pada laman Google Search. Bahkan website yang tidak terdaftar di Google Publisher bisa saja masuk kedalam Google News tab.

Lantas bagaimana caranya agar website Anda bisa terindeks di Google News tab tersebut? Nah, ini agak gampang-gampang susah.

Gampangnya tentu saja ketika website Anda sudah sekaliber portal berita besar di negeri ini. Dimana dalam satu harinya ada ratusan konten yang diunggah dengan isi berita terbaru, isu terhangat, dan konten aktual. Jika belum sanggup seperti itu, maka silakan bergerilya dengan cara kedua.

Cara selanjutnya adalah jika portal berita Anda belum sekaliber itu, silakan unggah secara rutin artikel Anda. Sisipkan berita terkini setiap harinya. Maka ada saat tertentu, ketika robot Google merayapi dan konten berita terkini Anda muncul dan mendapatkan kunjungan luar biasa, secara otomatis portal berita milik Anda akan terindeks di Google News tab.

Loh segampang itu? Iya, sepengalaman saya memang begitu. Tapi ya itu tadi, untuk mencari momentumnya memang lumayan sulit. Bahkan kadang-kadang momentum itu hadir tanpa sengaja.

Biaya Membuat Portal Berita

Biaya yang dibutuhkan sebetulnya tergantung budget yang Anda sediakan. Semakin besar budget yang disediakan, maka semakin bagus pula portal berita yang Anda buat. Tapi tentu itu tergantung bagaimana cara dan kemampuan Anda membangunnya.

Saya buat daftar secara sederhana saja ya. Jadi untuk portal berita dengan platform WordPress, bisa dipakai biaya seperti ini:

  1. Biaya hosting + domain : Rp1.200.000
  2. Biaya template : Rp1.000.000
  3. Biaya jasa pasang (jika pakai) : Rp1.500.000
  4. Biaya legalitas : Rp6.000.000

Biaya itu sangat fleksibel. Bahkan untuk biaya jasa bisa Anda pangkas jika bisa memasangnya sendiri. Namun tentu biaya ini bakal sangat membengkak apabila Anda sudah berurusan dengan honor jurnalis maupun content writer.

Jadi, sudah siap untuk bikin portal berita?

1 thought on “Tips Membuat Portal Berita dan Terindeks di Google News Tab”

  1. Saya udah lama banget cita-cita punya portal berita online sendiri dgn tim yg solid, masih jd impian saya sekarang. Karena saya pikir, bikin portal berita atau media online itu investasi yang bagus buat jangka panjang terutama di zaman serba digital.

    Saya udah coba ngebuild web berita sendiri, diterima google news sekarang memang cepat tapi ga menjamin muncul di tab News. Bener, harus konsisten tiap hari posting dan yg terpenting, kata teman saya, harus dapat backlink dari web dgn otoritas tinggi atau minimal sesama web berita biar lebih kuat pondasi di SERP, semoga kesampaian suatu saat

    Reply

Leave a Comment