10 Jenis Makanan Penurun Kolesterol yang Wajib Kamu Konsumsi

Kolesterol merupakan senyawa yang terbentuk secara alami didalam tubuh. Ada kolesterol HDL dan ada LDL. Ketika didalam tubuh yang banyak terbentuk malah kolesterol LDL, maka akan timbul berbagai macam penyakit berbahaya. Makanya kita perlu menyeimbangkannya dengan makanan penurun kolesterol agar kadar kolesterol selalu seimbang.

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja. Jadi jangan buru-buru berpikir negatif soal kolesterol. Yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah. Oleh karena itu penting untuk rutin mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Kolesterol Tergantung Gaya Hidup

Seiring dengan gaya hidup atau lifestyle orang-orang masa kini, kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, faktanya anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak.

Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh Anda, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Contoh makanan berlemak adalah gorengan, daging kambing, susu, dan masih banyak lagi.

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan menimbulkan penyumbatan aliran darah. Tentu saja timbunan lemak jahat itu akan mengganggu suplai makan menuju jantung. Hal ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol tinggi seringkali dikaitkan pada mereka yang bertubuh besar atau obesitas.

Namun nyatanya orang kurus pun dapat mempunyai kolesterol tinggi jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh tidak dijaga. Namun, tidak semua makanan berakibat buruk untuk tubuh, ada makanan penurun kolesterol juga kok. Menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan langkah konsumsi nutrisi yang tepat.

10 Jenis Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Nah, berikut ini dirangkum dari berbagai sumber, ragam dan jenis makanan penurun kolesterol. Kemampuan makanan penurun kolesterol dalam tubuh berbeda-beda. Makanan yang mengandung serat larut mampu mengikat kolesterol dalam pencernaan dan mencegahnya masuk sirkulasi darah. Ada juga makanan yang mampu menurunkan tingkat LDL secara langsung berkat kandungan lemak tidak jenuh yang dimilikinya.

1. Buah Jeruk nipis

Makanan penurun kolesterol tinggi salah satunya adalah jeruk nipis. Jeruk nipis banyak mengandung flavonoid. Flavonoid merupakan antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Bagaimana cara mengkonsumsinya? Kamu cukup dengan minum air perasan jeruk nipis yang sudah dicampur dengan air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan hal ini secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera menurun.

2. Buah Anggur

Kandungan antioksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai antioksidan. Berkat kandungannya, anggur dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun kolesterol yang tinggi. Cara mengkonsumsinya adalah dengan meminum jus anggur minimal sehari sekali secara rutin untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Buah Jambu merah

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuhmu. Ada antioksidan, fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, jambu merah berguna sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Kamu bisa langsung memakannya langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi jus. Pastikan untuk mengkonsumsi jambu merah secara rutin.

4. Biji-bijian

Nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh berkembang dengan baik untuk mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B. Berkat kandungannya itu, biji-bijian utuh dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun kolesterol tinggi.

5. Sayur Brokoli

Brokoli dikenal sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Karena , brokoli banyak mengandung serat yang tinggi yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli juga akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami . Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan segera dibasmi agar tidak merambah ke organ lainnya. Untuk mendapatkan manfaat brokoli yang bisa menurunkan kolesterol, olah brokoli dengan cara direbus dan hindari penggunaan minyak untuk mengonsumsi brokoli. Cara ini bisa kalian lakukan rutin setiap harinya.

6. Coklat hitam

Mengkonsumsi coklat hitam bisa menjadi cara menyenangkan untuk menurunkan kandungan kolesterol. Alasan cokelat merupakan makanan penurun kolesterol tinggi adalah berkat kandungan theobromine yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik. Sehingga keadaan kolesterol akan menjadi seimbang di dalam tubuh manusia.

7. Buah Apel

Makanan penurun kolesterol tinggi lainnya adalah buah apel. Buah ini memiliki banyak manfaat terutama kulitnya mengandung pektin yakni serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, yang nantinya akan dibawa keluar tubuh melalui cairan urin dan feses. Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. BUkan hanya itu saja, serat apel akan memberikan rasa kenyang yang lama sehingga kamu dapat menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

8. Buah Jenis Berry

Keluarga Berry seperti strawberry, blueberry, cranberry banyak mengandung pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL. Berri juga dikenal sebagai makanan penurun kolesterol.

Ada beberapa fakta yang menunjukan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik. Selain itu, buah-buahan kelompok berry ini juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh. Oleh karena itu rajin mengkonsumsi berries merupakan langkah menurunkan kolesterol yang efektif.

9. Buah Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Nah, alpukat bisa dimanfaatkan sebagai salah satu makanan penurun kolesterol tinggi.

Mengkonsumsi 1 buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Penelitian menunjukan selain mempengaruhi kadar kolesterol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

10. Buah Pir

Makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi lainnya adalah buah pir. Buah ini tinggi akan serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 18% kebutuhan serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, kandungan nilai serat buah pir lebih tinggi daripada buah apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin sama seperti yang ada dalam buah Apel. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun dengan sendirinya.

Ada banyak jenis makanan penurun kolesterol yang bisa kita dapatkan dengan mudah di sekitar kita. Dari beberapa jenis makanan tersebut kamu bisa mencobanya untuk dikonsumsi setiap hari agar kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh bisa menurun. Sehingga kamu akan menikmati hidup sehat setiap harinya.

ARTIKEL TERKAIT

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here