Pada artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman saja. Sehingga saya menuliskan pengalaman itu dalam bentu review Hoster.co.id, sebuah hosting untuk blog saya yang lain.

Tempo hari hosting saya untuk blog di WordPress yang saya ceritakan dalam post migrasi dari blogger ke wordpress itu berakhir. Sebetulnya saya mau melanjutkan, namun ada tawaran yang ternyata lebih menggiurkan. Dan tawaran itu datang dari penyedia layanan hosting Hoster.

Saya memang baru kenal Hoster. Makanya saya melakukan riset sederhana dengan menanyakan ke blogger di grup WhatsApp dan mencari review di internet soal layanan hosting ini. Semuanya terdengar cukup positif. Makanya saya tidak membangun blog baru, tapi memindahkan blog yang saya ceritakan itu ke Hoster. Ya, dengan segala risiko yang mungkin terjadi.

Apa saja risikonya? Yang pertama, tentu soal traffic yang bakal menurun drastis dan berimbas pada penghasilan. Kedua, layanan pelanggan yang belum saya ketahui. Dan ketiga, soal budget yang mungkin akan terkuras banyak kalau sampai saya kecewa dengan layanan hosting ini.

Lantas apa kesimpulan saya soal Hoster? Yuk, mari kita kupas satu-persatu.

Mengenal Hoster.co.id

Hoster dengan domain di hoster.co.id merupakan divisi Unlimited SSD Web Hosting Indonesia yang dimiliki oleh PT Generasi Milenial Indonesia. Perusahaan ini berbasis di Tinom, Besi, Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta. Dan Hoster sudah hadir sejak 2015.

Layanan Hoster.co.id

Sebagai hosting yang terbilang baru, ternyata Hoster memiliki cukup banyak layanan yang bisa kita pakai untuk menunjang bisnis digital. Sepengetahuan saya Hoster memiliki layanan Hosting Unlimited, Dedicated Hosting, Reseller Hosting Unlimited, e-Learning Hosting, CBT Optimized, Cloud Computing, VPS Indonesia, Dedicated Server USA, dan beberapa layanan tambahan.

Agar kamu bisa memilah mana layanan dari Hoster yang akan dipilih, berikut saya jelaskan sedikit dari masing-masing layanan yang ada pada layanan penyedia hosting ini. Ini tentu diluar layanan dasar yakni jasa sewa domain dan transfer domain yang juga bisa dilakukan disini, ya.

1. Hosting Unlimited

Hosting Unlimited merupakan layanan shared hosting dari Hoster yang menyediakan penyimpanan data, bandwith, dan email tanpa batas. Ada tiga jenis layanan yang ditawarkan, yakni LittleOne, HosterOne, dan MonsterOne. Tentu, ketiganya memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda.

Loh, kalau ketiganya sama-sama unlimited, dimanakah bedanya?

Bedanya ada pada entry proses, inode, memori RAM, dan vCPU. Kalau mau mengawali, kamu bisa mengambil paket LittleOne, namun saya sih menyarankan untuk langsung mengambil MonsterOne saja, toh harganya juga tak terpaut begitu jauh. Cocok buat para blogger, instansi, maupun pebisnis pemula yang sedang membangun toko online-nya.

Untuk LittleOne, harga tahunannya mulai dari Rp299.000, HosterOne Rp499.000, dan MonsterOne Rp799.000. Namun saat ini sedang ada diskon sebesar 50% untuk berlangganan di tahun pertama. Jadi kamu bisa berhemat banyak. Silakan dapatkan kupon diskonnya pada tombol dibawah artikel ini.

2. Dedicated Hosting

Kalau kamu punya bisnis dengan jumlah kunjungan website yang tinggi, sebaiknya tidak menggunakan shared hosting seperti diatas. Kamu wajib memakai dedicated hosting agar tidak terganggu dengan pengguna hosting yang lain. Hoster juga menyediakan layanan semacam ini.

Hoster menyediakan empat paket layanan untuk Dedicated Hosting, yakni DH 1G, DH 2G, DH 4G, dan DH 8G. Kode angka ini menunjuk pada besaran RAM yang dimiliki pada masing-masing paket hostingnya. Tentu saja semakin besar angkanya semakin baik, dan pastinya harganya juga menyesuaikan.

Harga Dedicated Hosting di Hoster ini dipatok bulanan. Untuk paket DH 1G dimulai dari Rp390.000 perbulan, DH 2G Rp590.000, DH 4G Rp890.000, dan DH 8G RpRp1.490.000 perbulan. Sekadar catatan, data center layanan ini berada di Singapura.

3. Reseller Hosting Unlimited

Buat yang gemar menciptakan peluang usaha, Hoster juga membuka kesempatan tersebut melalui layanan Reseller Hosting Unlimited. Layanan ini bisa kamu pergunakan untuk menjual hosting atas nama bisnis kamu sendiri.

Harganya juga bervariasi, tergantung paket yang akan diambil. Ada enam paket Reseller Hosting Unlimited, yakni Unlimited 1 dengan harga Rp200.000 perbulan, Unlimited 2 Rp500.000, Unlimited 3 Rp1.000.000, Unlimited 4 Rp1.500.000, Unlimited 5 Rp2.000.000, Unlimited 6 Rp2.500.000.

Buat kamu yang mau mengambil paket ini, Hoster juga menyediakan diskon sebesar 25% untuk setiap paketnya. Silakan ambil kupon diskonnya pada tombol dibawah artikel ini.

4. e-Learning Hosting

Ada peringatan yang ditekankan oleh Hoster terkait penggunaan hosting unlimited, yakni tidak boleh memakainya sebagai e-learning hosting. Sebagai jalan keluar, Hoster juga menyediakan hosting untuk kebutuhan platform belajar online ini. Ya, namanya sesuai kebutuhannya, yakni e-Learning Hosting.

Paket e-Learning Hosting ini juga dibuat empat paket, sehingga kamu bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Ada paket Starter EL dengan harga Rp199.000 perbulan untuk 50 peserta, Basic EL Rp399.000 untuk 200 peserta, Profesional EL Rp999.000 untuk 500 peserta, dan Enterprise EL Rp1.999.000 untuk 1.000 peserta.

5. CBT Optimized

Hoster juga menyediakan secara khusus buat kamu yang sering menyelenggarakan ujian online, yakni layanan CBT Optimized. Paket ini didesain secara khusus untuk keperluan ujian online.

Ada empat layanan dari CBT Optimized ini, yakni LIVE CBT 200 untuk 200 orang peserta dengan harga RpRp990.000 perbulan, LIVE CBT 400 untuk 400 peserta dengan harga Rp1.990.000 perbulan, LIVE CBT 800 untuk 800 orang peserta dengan harga Rp3.990.000, dan LIVE CBT 1600 untuk 1.600 peserta dengan harga Rp7.990.000 perbulan.

6. Cloud Computing

Cloud Computing merupakan layanan yang ditawarkan Hoster untuk kamu yang memerlukan hosting yang kuat dan tanpa jeda. Sebab Cloud Computing merupakan sejenis cloud hosting dimana pada jenis hosting ini memanfaatkan berbagai macam server untuk menyeimbangkan load dan meningkatkan uptime. Jadi jenis hosting ini tidak menggunakan satu server yang tunggal, sehingga cukup aman dari kejadian down server.

Ada enam jenis cloud hosting yang ditawarkan Hoster, yakni Cloud 1G 1CPU dengan harga Rp300.000 perbulan, Cloud 2G 1CPU Rp400.000 perbulan, Cloud 4G 2CPU dengan harga Rp500.000 perbulan, Cloud 8G 4 CPU dengan harga Rp1.000.000 perbulan, Cloud 16G 6 CPU dengan harga Rp2.000.000 perbulan, Cloud 32G 8 CPU dengan harga Rp3.000.000,00 perbulan.

7. VPS Indonesia

Hoster juga menyediakan layanan Virtual Privated Server (VPS) managed. Yakni salah satu jenis hosting dimana sumber daya servernya dipakai hanya untuk kebutuhan satu pengguna saja. Adapun jenis dari VPS yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting adalah VPS managed dan unmanaged.

Buat kamu yang sudah mahir dalam mengatur konfigurasi, keamanan, performa, software, dan lain-lain dalam mengatur server, ya memang seharusnya memilih VPS unmanaged. Kamu mengelola sendiri server hosting tersebut. Namun buat yang belum mahir namun pengin mendapatkan keuntungan dari VPS hosting, sebaiknya memilih paket VPS managed. Dan tentu saja harganya jadi berlipat-lipat.

Di Hoster sendiri ada layanan VPS Indonesia yang setelah saya tanyakan itu masih unmanaged atau masih kosongan. Ada empat jenis paket yang bisa dipilih, yakni vM 4 GB dengan harga Rp400.000 perbulan, vM 8 GB dengan harga Rp800.000 perbulan, vM 16 GB Rp1.600.000 perbulan, dan vM 32 GB dengan harga Rp3.200.000 perbulan.

Empat paket tersebut sebagaimana disebutkan, ternyata masih kosong alias unmanaged. Jadi harganya bisa berubah-ubah sesuai dengan pilihan kamu ketika kamu melakukan konfigurasi layanan. Harganya bisa bertambah mulai dari Rp500.000 untuk satu paket hosting.

8. Dedicated Server USA

Buat yang menarget kunjungan website dari masyarakat Paman Sam, kamu mesti memiliki Dedicated Server USA yang ditawarkan Hoster. Paket hosting ini harganya memang lumayan tinggi sebab sumberdayanya diletakkan di server yang ada di Amerika Serikat, sesuai dengan nama layanannya.

Ada dua belas layanan Dedicated Server USA yang ditawarkan Hoster, mulai dari layanan Xeon E3-1230v3 16GB 500GB SSD or 2TB SATA yang dibanderol Rp1.900.000 perbulan, hingga DUAL Xeon Gold 6148 16GB 500GB SSD or 2TB SATA yang dibanderol Rp23.600.000 perbulan. Ya, bisnis di Amerika Serikat memang semahal itu, mudah-mudahan sesuai dengan penghasilannya.

9. Layanan Tambahan

Ada beberapa layanan tambahan di Hoster, salah satu yang menurut saya menarik adalah layanan custom domain blogspot. Layanan ini bagi blogger senior mungkin sepele, namun bagi mereka yang tidak terbiasa tentu sangat membantu. Dan Hoster menawarkannya secara gratis, dengan catatan kamu menyewa domain disini.

Layanan lain yang disediakan gratis adalah migrasi hosting dari Cpanel layanan lain ke Cpanel di Hoster. Instalasi script website juga gratis, kemudian custom email ke server mail Hoster juga gratis. Kalaupun ada layanan tambahan yang berbayar seperti custom name server, biayanya tidak lebih dari Rp100.000.

Pengalaman Memakai Layanan Hoster.co.id

Saya melakukan migrasi ke Hoster sejak tanggal 6 Januari 2021 kemarin. Memang belum bisa mengetahui berapa uptime server dan performa keseluruhan dari layanan hosting yang saya ambil. Oh, iya saya mengambil layanan MonsterOne.

Spesifikasi singkat dari MonsterOne adalah Unlimited SSD Web Space, Unlimited Bandwith 1Gbps IIX Link, Unlimited MariaDB Database, Unlimited Email Akun, Unlimited Add On Domain, 4 CORE vCPU @2GHz, 8GB Memory RAM, 1.500.000 Inode, dan 400 Entry Process. Spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan layanan hosting yang lama.

Pada layanan hosting yang lama, saya merasa kesulitan ketika menulis langsung di dasbor editor. Sehingga saya mesti menulis draft di Notepad terlebih dahulu. Kalau nekat, bisa-bisa tulisan saya tidak tersimpan. Masalah lain juga muncul ketika mengatur tag, dimana rekomendasi tag susah muncul dan tag yang sudah ditulis kerap hilang. Entah apa yang salah.

Untungnya, hal tersebut tidak saya temukan ketika memakai layanan hosting MonsterOne di Hoster. Setelah saya perhatikan ya karena entri proses dan inode yang lebih besar dibandingkan hosting yang lama.

Untuk load time situs, dikarenakan masih uji coba dengan theme baru, saya tidak berani membandingkannya ketika masih memakai hosting yang lama. Bahkan saat ini saya belum memakai plugin cache. Untuk mengetahui kecepatan situsnya, kamu bisa melihatnya dengan mengetikkan kopitekno.com di browser masing-masing.

Harga yang Ditawarkan

Oh iya, pada layanan hosting yang lama, saya mesti membayar perpanjangan Rp1,4 jutaan. Sementara di Hoster saya hanya membayar Rp799.000 yang karena ada diskon 50%, maka saya hanya perlu membayar Rp399.000 saja. Silakan bandingkan sendiri ya.

Dengan harga yang lebih rendah, saya mendapatkan spesifikasi yang lebih baik. Keunggulan itu terutama saya dapatkan pada inode dan entry process yang lebih tinggi.

Respon Customer Service

Selama memakai Hoster, saya rasakan respon customer service (CS) mereka cukup sigap, terutama para CS yang siaga lewat fitur chatting. Sebelum kita menyapanya, mereka juga sudah menyapa duluan. Terima kasih ya Mbak Sasya dan Sania yang sering saya tanya-tanya.

Untuk respon pada tiket yang saya ajukan kecepatannya relatif. Kadang-kadang bisa sampai sejam. Namun sejauh ini balasan tiketnya tidak ada yang sampai 24 jam. Semuanya kurang dari itu. Namun untuk urusan propagasi atau aktivasi layanan tertentu, itu sangat relatif, bukan salah CS juga.

Kelemahan Layanan Hosting di Hoster

Ada yang memperhatikan apa yang kurang dari layanan hosting di Hoster? Ya, tidak ada tawaran gratis domain untuk paket hosting tertentu. Padahal kalau sekalian ada tawaran semacam itu lebih enak buat mereka yang mau membangun situs baru.

Sudah sih, itu saja yang saya temukan dari kelemahan layanan hosting Hoster. Dan saya berharap tidak ada kelemahan lain yang saya temukan ketika sudah lama menggunakan Hoster. Kalaupun ada, saya bakal meng-update-nya disini. Saya janji.

Kesimpulan

Sejauh ini saya cukup puas dengan layanan Hoster. Website saya lancar diakses, dan sejauh ini tidak ada pengaruh apapun terhadap traffic-nya. Dasbor WordPress yang saya pakai juga sejauh ini tidak ada keluhan. So far so good lah. Mudah-mudahan kedepan juga tetap begitu.

Akhir kata, ternyata bisa juga ya murah dan bagus bersanding dalam satu wadah. Hoster sudah membuktikannya. Jika kamu pengin mencoba merasakan hal yang sama dengan memakai hosting di Hoster, baik dalam rangka membuat website atau blog baru maupun migrasi dari hosting yang lama, silakan manfaatkan tombol berikut ini untuk mendapatkan diskon 50%. Yuk, gaaassss!Ambil Diskon Hoster

Review Hoster.co.id – Para blogger, internet marketer, dan pebisnis digital pada umumnya yang sedang membangun website baru, biasanya dibingungkan dengan pemilihan hosting. Sebab banyak layanan hosting yang mengklaim dirinya bagus dan murah. Namun pertanyaannya, bisakah bagus dan murah bersanding dalam satu layanan hosting?

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman saja. Tempo hari hosting saya untuk blog di WordPress yang saya ceritakan dalam post migrasi dari blogger ke wordpress itu berakhir. Sebetulnya saya mau melanjutkan, namun ada tawaran yang ternyata lebih menggiurkan. Dan tawaran itu datang dari penyedia layanan hosting Hoster.

Saya memang baru kenal Hoster. Makanya saya melakukan riset sederhana dengan menanyakan ke blogger di grup WhatsApp dan mencari review di internet soal layanan hosting ini. Semuanya terdengar cukup positif. Makanya saya tidak membangun blog baru, tapi memindahkan blog yang saya ceritakan itu ke Hoster. Ya, dengan segala risiko yang mungkin terjadi.

Apa saja risikonya? Yang pertama, tentu soal traffic yang bakal menurun drastis dan berimbas pada penghasilan. Kedua, layanan pelanggan yang belum saya ketahui. Dan ketiga, soal budget yang mungkin akan terkuras banyak kalau sampai saya kecewa dengan layanan hosting ini.

Lantas apa kesimpulan saya soal Hoster? Yuk, mari kita kupas satu-persatu.

review-hoster

Mengenal Hoster.co.id

Hoster dengan domain di hoster.co.id merupakan divisi Unlimited SSD Web Hosting Indonesia yang dimiliki oleh PT Generasi Milenial Indonesia. Perusahaan ini berbasis di Tinom, Besi, Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta. Dan Hoster sudah hadir sejak 2015.

Layanan Hoster.co.id

Sebagai hosting yang terbilang baru, ternyata Hoster memiliki cukup banyak layanan yang bisa kita pakai untuk menunjang bisnis digital. Sepengetahuan saya Hoster memiliki layanan Hosting Unlimited, Dedicated Hosting, Reseller Hosting Unlimited, e-Learning Hosting, CBT Optimized, Cloud Computing, VPS Indonesia, Dedicated Server USA, dan beberapa layanan tambahan.

Agar kamu bisa memilah mana layanan dari Hoster yang akan dipilih, berikut saya jelaskan sedikit dari masing-masing layanan yang ada pada layanan penyedia hosting ini. Ini tentu diluar layanan dasar yakni jasa sewa domain dan transfer domain yang juga bisa dilakukan disini, ya.

1. Hosting Unlimited

Hosting Unlimited merupakan layanan shared hosting dari Hoster yang menyediakan penyimpanan data, bandwith, dan email tanpa batas. Ada tiga jenis layanan yang ditawarkan, yakni LittleOne, HosterOne, dan MonsterOne. Tentu, ketiganya memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda.

Loh, kalau ketiganya sama-sama unlimited, dimanakah bedanya?

Bedanya ada pada entry proses, inode, memori RAM, dan vCPU. Kalau mau mengawali, kamu bisa mengambil paket LittleOne, namun saya sih menyarankan untuk langsung mengambil MonsterOne saja, toh harganya juga tak terpaut begitu jauh. Cocok buat para blogger, instansi, maupun pebisnis pemula yang sedang membangun toko online-nya.

Untuk LittleOne, harga tahunannya mulai dari Rp299.000, HosterOne Rp499.000, dan MonsterOne Rp799.000. Namun saat ini sedang ada diskon sebesar 50% untuk berlangganan di tahun pertama. Jadi kamu bisa berhemat banyak. Silakan dapatkan kupon diskonnya pada tombol dibawah artikel ini.

2. Dedicated Hosting

Kalau kamu punya bisnis dengan jumlah kunjungan website yang tinggi, sebaiknya tidak menggunakan shared hosting seperti diatas. Kamu wajib memakai dedicated hosting agar tidak terganggu dengan pengguna hosting yang lain. Hoster juga menyediakan layanan semacam ini.

Hoster menyediakan empat paket layanan untuk Dedicated Hosting, yakni DH 1G, DH 2G, DH 4G, dan DH 8G. Kode angka ini menunjuk pada besaran RAM yang dimiliki pada masing-masing paket hostingnya. Tentu saja semakin besar angkanya semakin baik, dan pastinya harganya juga menyesuaikan.

Harga Dedicated Hosting di Hoster ini dipatok bulanan. Untuk paket DH 1G dimulai dari Rp390.000 perbulan, DH 2G Rp590.000, DH 4G Rp890.000, dan DH 8G RpRp1.490.000 perbulan. Sekadar catatan, data center layanan ini berada di Singapura.

3. Reseller Hosting Unlimited

Buat yang gemar menciptakan peluang usaha, Hoster juga membuka kesempatan tersebut melalui layanan Reseller Hosting Unlimited. Layanan ini bisa kamu pergunakan untuk menjual hosting atas nama bisnis kamu sendiri.

Harganya juga bervariasi, tergantung paket yang akan diambil. Ada enam paket Reseller Hosting Unlimited, yakni Unlimited 1 dengan harga Rp200.000 perbulan, Unlimited 2 Rp500.000, Unlimited 3 Rp1.000.000, Unlimited 4 Rp1.500.000, Unlimited 5 Rp2.000.000, Unlimited 6 Rp2.500.000.

Buat kamu yang mau mengambil paket ini, Hoster juga menyediakan diskon sebesar 25% untuk setiap paketnya. Silakan ambil kupon diskonnya pada tombol dibawah artikel ini.

4. e-Learning Hosting

Ada peringatan yang ditekankan oleh Hoster terkait penggunaan hosting unlimited, yakni tidak boleh memakainya sebagai e-learning hosting. Sebagai jalan keluar, Hoster juga menyediakan hosting untuk kebutuhan platform belajar online ini. Ya, namanya sesuai kebutuhannya, yakni e-Learning Hosting.

Paket e-Learning Hosting ini juga dibuat empat paket, sehingga kamu bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Ada paket Starter EL dengan harga Rp199.000 perbulan untuk 50 peserta, Basic EL Rp399.000 untuk 200 peserta, Profesional EL Rp999.000 untuk 500 peserta, dan Enterprise EL Rp1.999.000 untuk 1.000 peserta.

5. CBT Optimized

Hoster juga menyediakan secara khusus buat kamu yang sering menyelenggarakan ujian online, yakni layanan CBT Optimized. Paket ini didesain secara khusus untuk keperluan ujian online.

Ada empat layanan dari CBT Optimized ini, yakni LIVE CBT 200 untuk 200 orang peserta dengan harga RpRp990.000 perbulan, LIVE CBT 400 untuk 400 peserta dengan harga Rp1.990.000 perbulan, LIVE CBT 800 untuk 800 orang peserta dengan harga Rp3.990.000, dan LIVE CBT 1600 untuk 1.600 peserta dengan harga Rp7.990.000 perbulan.

6. Cloud Computing

Cloud Computing merupakan layanan yang ditawarkan Hoster untuk kamu yang memerlukan hosting yang kuat dan tanpa jeda. Sebab Cloud Computing merupakan sejenis cloud hosting dimana pada jenis hosting ini memanfaatkan berbagai macam server untuk menyeimbangkan load dan meningkatkan uptime. Jadi jenis hosting ini tidak menggunakan satu server yang tunggal, sehingga cukup aman dari kejadian down server.

Ada enam jenis cloud hosting yang ditawarkan Hoster, yakni Cloud 1G 1CPU dengan harga Rp300.000 perbulan, Cloud 2G 1CPU Rp400.000 perbulan, Cloud 4G 2CPU dengan harga Rp500.000 perbulan, Cloud 8G 4 CPU dengan harga Rp1.000.000 perbulan, Cloud 16G 6 CPU dengan harga Rp2.000.000 perbulan, Cloud 32G 8 CPU dengan harga Rp3.000.000,00 perbulan.

7. VPS Indonesia

Hoster juga menyediakan layanan Virtual Privated Server (VPS) managed. Yakni salah satu jenis hosting dimana sumber daya servernya dipakai hanya untuk kebutuhan satu pengguna saja. Adapun jenis dari VPS yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting adalah VPS managed dan unmanaged.

Buat kamu yang sudah mahir dalam mengatur konfigurasi, keamanan, performa, software, dan lain-lain dalam mengatur server, ya memang seharusnya memilih VPS unmanaged. Kamu mengelola sendiri server hosting tersebut. Namun buat yang belum mahir namun pengin mendapatkan keuntungan dari VPS hosting, sebaiknya memilih paket VPS managed. Dan tentu saja harganya jadi berlipat-lipat.

Di Hoster sendiri ada layanan VPS Indonesia yang setelah saya tanyakan itu masih unmanaged atau masih kosongan. Ada empat jenis paket yang bisa dipilih, yakni vM 4 GB dengan harga Rp400.000 perbulan, vM 8 GB dengan harga Rp800.000 perbulan, vM 16 GB Rp1.600.000 perbulan, dan vM 32 GB dengan harga Rp3.200.000 perbulan.

Empat paket tersebut sebagaimana disebutkan, ternyata masih kosong alias unmanaged. Jadi harganya bisa berubah-ubah sesuai dengan pilihan kamu ketika kamu melakukan konfigurasi layanan. Harganya bisa bertambah mulai dari Rp500.000 untuk satu paket hosting.

8. Dedicated Server USA

Buat yang menarget kunjungan website dari masyarakat Paman Sam, kamu mesti memiliki Dedicated Server USA yang ditawarkan Hoster. Paket hosting ini harganya memang lumayan tinggi sebab sumberdayanya diletakkan di server yang ada di Amerika Serikat, sesuai dengan nama layanannya.

Ada dua belas layanan Dedicated Server USA yang ditawarkan Hoster, mulai dari layanan Xeon E3-1230v3 16GB 500GB SSD or 2TB SATA yang dibanderol Rp1.900.000 perbulan, hingga DUAL Xeon Gold 6148 16GB 500GB SSD or 2TB SATA yang dibanderol Rp23.600.000 perbulan. Ya, bisnis di Amerika Serikat memang semahal itu, mudah-mudahan sesuai dengan penghasilannya.

9. Layanan Tambahan

Ada beberapa layanan tambahan di Hoster, salah satu yang menurut saya menarik adalah layanan custom domain blogspot. Layanan ini bagi blogger senior mungkin sepele, namun bagi mereka yang tidak terbiasa tentu sangat membantu. Dan Hoster menawarkannya secara gratis, dengan catatan kamu menyewa domain disini.

Layanan lain yang disediakan gratis adalah migrasi hosting dari Cpanel layanan lain ke Cpanel di Hoster. Instalasi script website juga gratis, kemudian custom email ke server mail Hoster juga gratis. Kalaupun ada layanan tambahan yang berbayar seperti custom name server, biayanya tidak lebih dari Rp100.000.

Pengalaman Memakai Layanan Hoster.co.id

Saya melakukan migrasi ke Hoster sejak tanggal 6 Januari 2021 kemarin. Memang belum bisa mengetahui berapa uptime server dan performa keseluruhan dari layanan hosting yang saya ambil. Oh, iya saya mengambil layanan MonsterOne.

Spesifikasi singkat dari MonsterOne adalah Unlimited SSD Web Space, Unlimited Bandwith 1Gbps IIX Link, Unlimited MariaDB Database, Unlimited Email Akun, Unlimited Add On Domain, 4 CORE vCPU @2GHz, 8GB Memory RAM, 1.500.000 Inode, dan 400 Entry Process. Spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan layanan hosting yang lama.

Pada layanan hosting yang lama, saya merasa kesulitan ketika menulis langsung di dasbor editor. Sehingga saya mesti menulis draft di Notepad terlebih dahulu. Kalau nekat, bisa-bisa tulisan saya tidak tersimpan. Masalah lain juga muncul ketika mengatur tag, dimana rekomendasi tag susah muncul dan tag yang sudah ditulis kerap hilang. Entah apa yang salah.

Untungnya, hal tersebut tidak saya temukan ketika memakai layanan hosting MonsterOne di Hoster. Setelah saya perhatikan ya karena entri proses dan inode yang lebih besar dibandingkan hosting yang lama.

Untuk load time situs, dikarenakan masih uji coba dengan theme baru, saya tidak berani membandingkannya ketika masih memakai hosting yang lama. Bahkan saat ini saya belum memakai plugin cache. Untuk mengetahui kecepatan situsnya, kamu bisa melihatnya dengan mengetikkan kopitekno.com di browser masing-masing.

Harga yang Ditawarkan

Oh iya, pada layanan hosting yang lama, saya mesti membayar perpanjangan Rp1,4 jutaan. Sementara di Hoster saya hanya membayar Rp799.000 yang karena ada diskon 50%, maka saya hanya perlu membayar Rp399.000 saja. Silakan bandingkan sendiri ya.

Dengan harga yang lebih rendah, saya mendapatkan spesifikasi yang lebih baik. Keunggulan itu terutama saya dapatkan pada inode dan entry process yang lebih tinggi.

Respon Customer Service

Selama memakai Hoster, saya rasakan respon customer service (CS) mereka cukup sigap, terutama para CS yang siaga lewat fitur chatting. Sebelum kita menyapanya, mereka juga sudah menyapa duluan. Terima kasih ya Mbak Sasya dan Sania yang sering saya tanya-tanya.

Untuk respon pada tiket yang saya ajukan kecepatannya relatif. Kadang-kadang bisa sampai sejam. Namun sejauh ini balasan tiketnya tidak ada yang sampai 24 jam. Semuanya kurang dari itu. Namun untuk urusan propagasi atau aktivasi layanan tertentu, itu sangat relatif, bukan salah CS juga.

Kelemahan Layanan Hosting di Hoster

Ada yang memperhatikan apa yang kurang dari layanan hosting di Hoster? Ya, tidak ada tawaran gratis domain untuk paket hosting tertentu. Padahal kalau sekalian ada tawaran semacam itu lebih enak buat mereka yang mau membangun situs baru.

Sudah sih, itu saja yang saya temukan dari kelemahan layanan hosting Hoster. Dan saya berharap tidak ada kelemahan lain yang saya temukan ketika sudah lama menggunakan Hoster. Kalaupun ada, saya bakal meng-update-nya disini. Saya janji.

Kesimpulan

Sejauh ini saya cukup puas dengan layanan Hoster. Website saya lancar diakses, dan sejauh ini tidak ada pengaruh apapun terhadap traffic-nya. Dasbor WordPress yang saya pakai juga sejauh ini tidak ada keluhan. So far so good lah. Mudah-mudahan kedepan juga tetap begitu.

Akhir kata, ternyata bisa juga ya murah dan bagus bersanding dalam satu wadah. Hoster sudah membuktikannya. Jika kamu pengin mencoba merasakan hal yang sama dengan memakai hosting di Hoster, baik dalam rangka membuat website atau blog baru maupun migrasi dari hosting yang lama, silakan manfaatkan tombol berikut ini untuk mendapatkan diskon 50%. Yuk, gaaassss!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here