Banyak yang bertanya, apa sih keuntungan atau manfaat menjadi Local Guides? Sebab menyempatkan untuk memfoto sebuah lokasi, mengubah beberapa tempat yang salah, dan mengunggahnya di platform Google Maps tentu membutuhkan waktu dan pastinya kuota internet. Kalau dihitung-hitung pasti tak ada untung.

Saya jadi teringat nasehat orang tua zaman dulu. Mereka mewanti-wanti kalau berbuat baik itu jangan setengah-setengah. Jadilah orang baik sepenuhnya. Untuk soal Local Guides, sejenak lupakanlah Google, sebab mereka sebetulnya tidak membutuhkan bantuan. Saya hanya memikirkan orang-orang yang punya usaha untuk tampil secara positif di internet, yakni di Google Maps dan Google Search.

Buat yang belum tahu, untuk menjadi Local Guides anda tidak perlu mendaftar apapun selama sudah memiliki akun Google. Para pengguna smartphone Android tentu sudah memilikinya sejak awal. Registrasi ataupun masuk ke akun Google mungkin diperlukan buat para pengguna iOS.

Selanjutnya, berinteraksilah sesering mungkin dengan Google Maps. Jangan lupa aktifkan selalu GPS bawaan smartphone. Google memang bakal melacak aktivitas anda menggunakan layanannya ini. Ya namanya juga ekosistem Google, pasti hasil dari pelacakan tersebut dipakai untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi tertentu sesuai algoritmanya.

Pada beberapa kunjungan anda ke tempat-tempat tertentu, Google Maps bakal memberikan penawaran anda untuk mengunggah foto, mengulas tempat, maupun menjawab pertanyaan terkait.

Kalau mengulik di peta yang disediakan Google Maps, disitu pasti banyak tempat yang masih belum terdaftar. Misalnya ketoprak Cak Slamet yang selalu mangkal di pengkolan, rujak buah Mas Tarjo di depan masjid, ataupun warung sayur Bu Darmi di seberang sekolah. Mereka \’kan biasanya orang-orang yang tak mengetahui ada fasilitas Google semacam ini untuk memunculkan dagangan mereka.

Google pun tentu saja bakal kesulitan untuk memverifikasi satu-persatu tempat tersebut. Maka disitulah peran para pengguna Google Maps untuk memberikan masukan pada platform peta ini agar lebih banyak lokasi yang terpampang dan lebih akurat.

Ada mekanisme pemberian poin untuk pengguna yang meluangkan waktunya memperbaiki Google Maps. Mekanisme inilah yang kemudian disebut sebagai Local Guides. Setiap orang yang berkontribusi pada Google Maps bakal diberikan poin sesuai dengan aktivitasnya di platform ini. Berikut poin yang disediakan oleh Google.

Kontribusi MapsPoin yang didapat
Review10 poin per review
Review dengan lebih dari 200 karakter10 poin bonus per review
Rating1 poin per peringkat
Foto5 poin per foto
Tag foto3 poin per tag
Video7 poin per video
Jawaban1 poin per jawaban
Merespons Tanya Jawab3 poin per respons
Edit5 poin per edit
Penambahan tempat15 poin per tempat yang ditambahkan
Penambahan jalan15 poin per jalan yang ditambahkan
Pemeriksaan fakta1 poin per fakta yang diperiksa
Daftar yang memenuhi syarat yang dipublikasikan10 poin per daftar yang dipublikasikan
Deskripsi (dalam daftar)5 poin per deskripsi yang ditambahkan

Poin-poin tersebut bakal diakumulasi sehingga bisa ditentukan tingkatan dari masing-masing Local Guides. Nah, buat yang bertanya-tanya apa keuntungan dari Local Guides, ya disinilah jawabannya. Buat yang belum tahu tingkatan Local Guides, bisa dilihat pada tabel berikut ini.

Manfaat Menjadi Google Local Guides

Untuk masing-masing tingkat Local Guides, Google memberikan perks tertentu sesuai dengan tingkatan. Oh iya, Google juga membahasakannya sebagai perks, bukan rewards. Beda ya \’rasa\’ antara kata rewards dengan perks ini. Kalau rewards merupakan honor atau hadiah, sehingga kesannya para Local Guides ini merupakan bawahan Google. Sementara perks lebih terkesan sebagai benefit atau manfaat sampingan.

Apa saja manfaat menjadi Local Guides?

Manfaat yang didapatkan oleh para Local Guides bermacam-macam. Ada voucher pulsa, tiket transportasi, penyimpanan tambahan di Google Drive, diskon menginap di hotel, hingga akses pertama untuk aplikasi traveling yang dilansir Google misalnya seperti Google Trips.

Buat yang merasa memiliki Bahasa Inggris bagus dan mempunyai paspor, Google juga menawarkan para Local Guides ini untuk mengikuti Local Guides Summit setiap tahunnya di markas Google di San Fransisco, Amerika Serikat. Tenang saja, semuanya gratis mulai dari akomodasi pergi-pulang hingga biaya penginapan disana.

Untuk mengikuti Local Guides Summit ini syaratnya cukup sederhana. Anda hanya perlu menjadi Local Guides level 5 dan membuat video mengapa anda layak dipilih untuk ikut Summit tersebut dan menunggahnya di localguidesconnect.com.

Menurut Local Guides yang pernah kesana, videonya menggunakan bahasa Inggris, tidak perlu bagus-bagus dalam hal editing dan pengambilan gambar, namun alasan layak dipilihnya yang mesti mengambil hal unik yang bakal memikat juri.

Akan tetapi, saya sendiri tidak terlalu memikirkan ketika voucher tersebut tidak bisa saya dapatkan. Kalaupun voucher-voucher tadi bisa saya tukarkan, ya Alhamdulillah, apalagi bila sampai bisa ke markas Google itu.

Sementara ini, saya cukup senang ketika membantu orang yang ingin usahanya muncul di Google dan mendapat ulasan positif. Hal tersebut sangat membantu mereka dalam menjalankan usahanya di tengah penetrasi digital yang sangat kencang.

Nah, begitulah manfaat menjadi Google Local Guides. Apabila ada yang perlu disampaikan, silakan ungkapkan di kolom komentar ya.

23 COMMENTS

  1. ya sekarang udah mulai jarang Google ngasih perks, gak tau kenapa. cuma kenapa saya masih semangat, kadang2 suka diminta temen2 buat masukin usaha mereka di Google Maps.

  2. wuhuuu seru ya bisa ke amerika sana…. seru juga bisa bantu org yang nyari informasi suatu tempat tapiiii kadang takut terciduk sama temen euy. hahahakalo ketahuan saya pernah ke sana ke sini ke situ…entar dibilang… \”eh gw liat lo review ke tempat ini? kapan ke sana lo? oleh2 dong\”… kan ngehe ya…

  3. Maaf ya…kalau pengalaman aku bintang enam hampir tujuh…tiap minggu makan dan nongkrong di tempat2 favorite…..google bayarin semua…ya lumayan buat obat penat foto sana sini…dan upload ke map.

  4. Awalnya sih biasa saja ketika google menyarankan tempat-tempat di sekitar titik gps kita berada, mulai menjawab setiap pertanyaan yang di ajukan google. Sampai ketika saya ingin memetakan kampung saya sendiri, disini saya merasakan manfaat nya dengan foto dan video serta review yang singkat nan padat, hanya sekitar 3 hari, google mengapprove nya dan menyatakan saya ikut di dalam program local guide. Menarik sekaligus mengasah kemampuan menulis review singkat tentang titik atau daerah yang ingin kita perkenalkan. Sampai akhirnya di level 5 saya mendapat tawaran Local Guides Summit 2019 tinggal Apply dan masuk ke forum nya dengan menyertakan video tentunya. Sedikit speechless memang, tapi saya abaikan mengklik apply dikarenakan saya bingung seandainya nanti dipilih, bagaimana dengan kemampuan bahasa Inggris saya, alhasil tidak bisa menikmati lebih nyaman untuk mengikuti pertemuan seperti itu. Sekarang saya sudah di Lv 6 dan apa yang saya tandai, review, upload foto dan video itu lebih berarti untuk membantu para UMKM yang banyak di sekitar kita, bantu mereka memberikan review-review singkat namun padat (diatas 200 karakter lebih baik). Alhasil laporan yang saya terima beberapa ada yang 10 ribu viewers dari tempat yang saya promosikan, bahkan belasan ribu viewers untuk sebuah toko UMKM seorang ibu penjual pecal/gado-gado/tahu goreng yang memang makanan nya enak dengan bumbu yang asli buatan tangan ibu itu sendiri. Sekarang saya lihat sudah terdaftar di aplikasi Go Food/Grab Food, mungkin ada orang yang baik hati lebih dari saya yang membantu ibu itu. Perasaan yang tidak biasa muncul ketika melihat viewers dari jualan ibu itu di luar dari ekspetasi. Dan semakin senang melihat usaha UMKM yang kita bantu review di masa pandemic ini bergerak sedikit demi sedikit dengan pasti. Ingin rasa nya berkeliling kota Medan ini dan membantu tempat-tempat untuk mereview titik-titik yang di sarankan oleh google maps, sehingga badge dan Lv kita semakin naik, agar bisa lebih membantu mereka-mereka yang kesulitan dalam menjalankan usaha nya (minimal diketahui oleh orang melalui aplikasi google maps di android mereka masing-masing yang memberi notice tempat makan dan minum yang sudah di review oleh para Local Guiden mereka sendiri).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here