Contoh Surat Pengaduan ke OJK Serta Persyaratan Dokumennya

doel.web.id – Apakah anda mencari contoh surat pengaduan ke OJK? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan contoh surat serta persyaratan dokumen yang harus anda ketahui.

Sekedar informasi, OJK yang merupakan singkatan dari badan otoritas jasa keuangan adalah sebuah lembaga pemerintah resmi yang menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB.

Bagi anda para konsumen yang mengalami kerugian finansial, kesalahan, hingga merugi karena kelalaian lembaga jasa keuangan dapat mengadukan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mana aduan dapat disampaikan secara fisik maupun elektronik.

Merupakan hak konsumen untuk menyampaikan aduan ke OJK setelah tidak mendapatkan penyelesaian dari Pelaku Jasa Keuangan (PUJK). Aduan konsumen termuat dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 2/SEOJK.07/2014 tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen dan Pelaku Usaha Jasa Keuangan.

Maka dari bagi anda yang memiliki keluhan atau komplain mengenai layanan dan jasa sebuah lembaga keuangan, maka penting bagi anda mengetahui contoh surat pengaduan ke OJK bagi anda yang merasa dirugikan oleh PUJK. Agar surat aduan anda bisa diterima dengan baik, maka sebaiknya anda mempersiapkan persyaratan dokumen pendukung yang bisa anda simak sebagai berikut.

Dokumen Pendukung Pengaduan ke OJK

Contoh Surat Pengaduan ke OJK

  • Bukti telah menyampaikan pengaduan pelaku usaha jasa keuangan terkait
  • Identitas diri
  • Kronologis pengaduan
  • Dokumen pendukung

Contoh Surat Pengaduan ke OJK

Contoh Surat Pengaduan ke OJK

Berikut contoh surat pengaduan ke OJK yang bisa menjadi referensi anda sebagai berikut.

Yth.

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan

Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen

Menara Radius Prawiro, Lantai 2 Komplek Perkantoran Bank Indonesia

Jl. MH. Thamrin No. 2Jakarta Pusat 10350

Perihal: Pengaduan Terhadap PT. BANK XYZ

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap: …….

Nomor KTP: …….

Alamat lengkap sesuai KTP: …….

Jenis kelamin: …….

Alamat email (jika ada): …….

Nomor HP (jika ada) : …….

Dalam hal ini mengadukan PT. BANK XYZ ke Otoritas Jasa Keuangan dengan deskripsi/kronologis sebagai berikut: ………

Berdasarkan deskripsi/kronologis di atas maka saya mohon pada OJK untuk dapat menindaklanjuti pengaduan ini berdasarkan ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 tentang perlindungan konsumen sektor jasa keuangan. Terkait laporan pengaduan ini maka saya lampirkan:

1. Fotokopi KTP

2. Bukti telah memberikan penyampaian pengaduan ke PT. BANK XYZ

3. Surat pernyataan di atas meterai bahwa sengketa yang diajukan tidak sedang dalam proses atau pernah diputus oleh lembaga arbitrase atau peradilan atau lembaga mediasi lainnya dan belum pernah difasilitasi OJK.

Demikian saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

(Nama Lengkap)

Sekian informasi mengenai contoh surat pengaduan ke OJK, lengkap dengan informasi dokumen-dokumen yang harus anda lengkapi agar surat pengaduan anda cepat diproses dan mendapatkan solusi. Semoga berguna dan bermanfaat.