Begini Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends yang Efektif

doel.web.id – Apakah anda sering menemukan game yang ngelag ketika anda bermain game mobile legends? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara mengatasi game lag di mobile legends yang efektif agar game anda kembali lancar seperti sedia kala.

Mendapati game yang ngelag pastinya bukanlah hal yang menyenangkan bukan? apalagi pada saat anda lagi seru-serunya bermain game ML dan tiba-tiba game anda ngelag. Bahkan kejadian ini bisa membuat anda mengalami kekalahan yang seharusnya bisa dihindari.

Game ML yang ngelag bisa berupa game loading yang lama, display game yang patah-patah, hingga game yang tidak responding. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan rekomendasi cara mengatasi lag di game mobile legends yang efektif dan bisa membuat game anda kembali normal. Penasaran mau tahu caranya? langsung saja simak panduannya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends yang Efektif

Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends

Hindari Hero Dengan Skill Full Efek

Memilih hero pada permainan ML juga perlu diperhatikan. Mungkin anda sudah setting grafis menjadi low, namun salah dalam memilih hero. Sebaiknya hindari hero dengan skill full efek, misalnya Harith, Kadita, dan lain sebagainya.

Terlebih jika RAM yang tersisa di smartphone tidak sampai 1 GB, sebaiknya pilih hero yang tidak banyak melakukan kombo rumit. Jenis hero yang disarankan adalah hero offlane sehingga tidak terlalu sering mengikuti war. Ketika menghadapi battle 5 vs 5, grafis permainan ini rentan mengalami patah-patah. Terlebih jika spesifikasi HP yang digunakan memang kurang mumpuni atau biasa disebut HP kentang.

Gunakan Koneksi Internet Stabil dan Cepat

Sebagai pengguna jaringan internet, jelas anda tidak mampu memperbaiki jaringan. Tetapi anda dapat memilih mana operator yang tepat. Kualitas sinyal menentukan apakah koneksi memiliki sinyal yang stabil. Anda bisa memilih operator yang memiliki jaringan 4G di daerah anda. Karena umumnya kekuatan sinyal jelas dipengaruhi oleh lokasi yang berbeda, maka anda harus memeriksanya sendiri.

Bermain ML Saat Jam Sepi

Bukan sebuah rahasia jika traffic internet sedang ramai, maka akan menyebabkan kecepatan ping internet jadi kurang stabil. Hal ini pun berpengaruh terhadap kualitas permainan yang rentan terkena lag. Sekedar informasi dimana bahwa traffic internet paling padat adalah di antara jam 6-8 malam. Dan jika ternyata koneksi internet anda di jam tersebut terasa lemot, lebih baik tunda waktu bermain beberapa jam.

Maka dari itu sebaiknya anda bisa mulai bermain di saat koneksi internet lancar yang ditandai dengan ping hijau. Salah satu waktu yang disarankan adalah saat di atas jam 9 malam. Mungkin cara mengatasi ML lag yang satu ini belum pernah anda pikirkan, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Tidak hanya itu, di jam tersebut banyak pemain game ML yang dewasa alias tidak banyak anak kecil yang bermain.

Pilih Posisi yang Tepat

Tips yang satu ini terutama ditujukan untuk pemain ML yang tidak menggunakan WiFi. Seperti yang telah diketahui, pohon maupun bangunan tinggi memang bisa menghalangi sinyal. Oleh karena itu, sebaiknya mencari lokasi dengan sinyal yang kuat, contohnya balkon dan teras rumah sehingga anda bisa mendapatkan sinyal yang lebih baik dan bisa bermain ML tanpa lag.

Memanfaatkan Speed Mode

Mungkin anda belum pernah mengaktifkan speed mode di permainan ML. Pada dasarnya, mode ini memungkinkan pemain menggunakan data lebih banyak. Namun, koneksi yang ditawarkan jadi lebih stabil sehingga terhindar dari lag atau patah-patah saat anda bermain mobile legends.

Tidak perlu khawatir, ping tidak akan sampai merah. Mungkin ping internet hanya menjadi kuning sehingga cara mengatasi mobile legends lag ini bisa dicoba.

Install Aplikasi Ping

Salah satu fungsi utama dari ping adalah menampilkan kualitas jaringan internet. Ketika sebuah komputer susah terkoneksi ke server, maka ping akan berubah menjadi merah. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka hero di ML akan sulit digerakkan.

Itulah alasannya anda membutuhkan aplikasi penstabil ping. Sejak dahulu, para gamer percaya bahwa melakukan ping ke server terus-menerus bisa membuat koneksi lebih baik. Tidak heran jika bermain game tanpa nge-ping dianggap kurang lengkap.

Beberapa aplikasi stabil ping yang bisa dicoba adalah Network Ping Lite, Pinger, dan PingTools Network Utilities. Aplikasi tersebut bisa menjadi solusi untuk mengatasi mobile legends yang sering lag.

Merubah Grafik ke Rendah

Pengguna HP dengan RAM di bawah 1 GB tetap bisa bermain ML, kok. Namun, tentunya harus mengatur kualitas grafik menjadi smooth atau rendah. Mungkin tampilannya tidak akan tajam alias tidak ada bayangan. Selain itu, frame karakter dan teks damage akan dihilangkan. Jika ingin mengubah setting ke smooth, caranya dengan masuk ke menu Pengaturan atau logo gear di kanan atas.

Setelah itu, pilih tab dasar lalu cari Kualitas Grafik. Ubah pengaturan grafis menjadi smooth maka anda bisa memainkan game ML kembali.

Hindari Bermain Terus Menerus

Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain ML, maka tidak mengherankan jika grafis menjadi lemot. Hal ini karena file cache semakin menumpuk di HP. Tidak hanya itu, HP pun akan mengalami overheat yang bisa menimbulkan kerusakan sistem.

Oleh karena itu, sebaiknya hapus file cache terlebih dahulu melalui menu Pengaturan. Setelah itu, klik Deteksi Jaringan lalu pilih Bersihkan Cache lalu OK. Selain berakibat buruk untuk HP akibat terlalu lama bermain game juga harus dihindari.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi game lag di mobile legends yang efektif agar game anda kembali lancar. Semoga berguna dan bermanfaat.