Begini Contoh Surat Lamaran Kerja Security Atau Satpam Yang Baik dan Benar

doel.web.id – Apabila anda ingin mendaftar mengisi posisi menjadi security atau satpam pada sebuh perusahaan atau personal, maka penting bagi anda untuk mengetahui contoh surat lamaran kerja sercurity atau satpam yang baik dan benar agar anda bisa diterima bekerja.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana lowongan kerja menjadi security atau satpam adalah menjadi salah satu lowongan yang banyak dicari dimana profesi yang bergerak dalam bidang pengamanan ini memang banyak dicari oleh orang-orang yang membutuhkan perlindungan pribadi, mulai dari yang membutuhkan perlindungan di rumah mereka hingga perusahaan seperti hotel, bank, perumahan, perkantoran, dan lain sebagainya.

Security sendiri akan sangat berperan penting dalam menjaga aset tempatnya bekerja. Selain itu, seorang pengaman juga bertanggung jawab untuk mencegah kejahatan di tempat kerjanya dimana terdapat prosedur serta langkah-langkah pengamanan yang harus dilakukan secara maksimal untuk mencegah tindakan kriminal ini terjadi. Dan apabila terjadi tindakan kriminal dan melanggar hukum, maka security diharapkan menjadi pihak yang berwenang untuk mengamankan sebelum di tangani pihak kepolisian

Cara Membuat Surat Lamaran untuk Pekerjaan Keamanan atau Satpam

Contoh Surat Lamaran Kerja Security

Jika anda ingin mendaftar mengisi posisi menjadi security maka penting untuk membuat surat lamaran dengan baik dan benar dimana anda bisa format dan struktur surat lamaran yang benar sebagai berikut.

Tanggal, Waktu, dan Lokasi

Pertama, anda bisa menulis tanggal dan lokasi pembuatan surat di bagian atasnya.

Tujuan dari surat

Sebagai seorang pelamar pekerjaan, seorang pengawas diharuskan untuk mencatat kepada siapa surat lamaran kerja ditujukan. Ini termasuk nama dan jabatan serta alamat perusahaan atau institusi yang dituju.

Bagian Pembuka

Bagian pembuka surat lamaran kerja keamanan harus mencakup salam pembuka, sumber informasi lowongan pekerjaan, dan posisi yang dilamar. Perlu diingat bahwa agar lamaran Anda dapat dipertimbangkan, penulisan bagian ini harus memberikan kesan yang baik kepada rekruter.

Daftar Isi Surat

Bagian ini adalah lanjutan dari bagian pembuka dari surat lamaran kerja satpam, yang berisi data diri dan pengalaman. Isi surat ini mencakup informasi seperti data diri, pengalaman, dan keterampilan, serta contoh pengalaman dalam lamaran kerja keamanan.

File lampiran

Surat lamaran untuk pekerjaan keamanan harus mencantumkan daftar dokumen yang diperlukan sebagai lampiran, yang biasanya adalah sebagai berikut.

Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae

  • Fotokopi ijazah sekolah terakhir Anda
  • Transkrip nilai yang difotokopi
  • Fotokopi pasport
  • Pas foto terbaru 3×4.
  • Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  • sertifikasi satpam

Tutup

Penutup adalah bagian terakhir dari proses membuat surat lamaran kerja untuk keamanan. Bagian ini membahas harapan dan ucapan terima kasih kepada pihak yang anda tuju. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang formal dan mudah dipahami saat menulis bagian penutup.

Contoh Surat Lamaran Kerja Security

Contoh Surat Lamaran Kerja Security

Setelah anda memahami struktur dan format surat diatas, maka berikut contoh surat lamaran kerja security yang bisa menjadi referensi anda sebagai berikut.

Surat Lamaran Kerja Security Di Perusahaan

Kepada Kepala Departemen Personalia

PT Indah Cargo Lestari

Di tempat,

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi adanya lowongan pekerjaan untuk menjadi bagian dari PT Indah Cargo Lestari, maka melalui surat ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Security di PT Indah Cargo Lestari. Berikut ini adalah data diri saya selengkapnya:

Nama : Aris Sunandar

Tempat, Tanggal Lahir : Cirebon, 15 November 1985

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat : Jalan Merdeka no. 61, kota Cirebon, Jawa Barat

Nomor Telepon : 0812-1111-2222

Saya merupakan orang yang ulet dan memiliki pengalaman bekerja sebagai security di sebuah perusahaan selama dua tahun. Pengalaman tersebut tentunya membuat saya tidak perlu lagi belajar dari nol. Bersama surat lamaran pekerjaan ini saya lampirkan beberapa dokumen penunjang sebagai berikut:

Daftar Riwayat Hidup;
Kartu Tanda Penduduk (KTP) Fotokopi;
Kartu Keluarga Fotokopi;
Fotokopi Ijazah dan Transkrip yang telah dilegalisasi;
Pas foto terbaru berukuran 4×6;
Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja sebagai Security di PT Indah Cargo Lestari. Besar harapan saya untuk dapat dipanggil melanjutkan proses rekrutmen lebih jauh sehingga saya dapat mengenalkan diri dan menunjukkan kemampuan saya dengan lebih mendalam. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Cirebon, 13 Desember 2023

Hormat saya,

Aris Sunandar

Surat Lamaran Kerja Security di Bandara

Kepada Kepala Departemen HRD

PT Angkasa Pura I (Persero)

Di tempat,

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi adanya lowongan pekerjaan untuk menjadi bagian dari PT Angkasa Pura I (Persero), maka melalui surat ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Aviation Security di PT Angkasa Pura I (Persero). Berikut ini adalah data diri saya:

Nama : Niken Kusuma Dewi

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 15 November 1990

Jenis Kelamin : Perempuan

Alamat : Jalan Kapuk no. 052, RT 04 RW 03, Jakarta Timur

Nomor Telepon : 0812-1111-1111

Saya merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan nilai ujian nasional 50.25 dari maksimal 60.00. Sebagai orang yang ulet, saya juga siap untuk ditempatkan di berbagai bandara yang berada di bawah naungan PT Angkasa Pura I (Persero). Bersama surat lamaran pekerjaan ini saya lampirkan beberapa dokumen penunjang sebagai berikut:

Daftar Riwayat Hidup;
Kartu Tanda Penduduk (KTP) Fotokopi;
Kartu Keluarga Fotokopi;
Fotokopi Ijazah dan Transkrip yang telah dilegalisasi;
Pas foto terbaru berukuran 4×6;
Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja sebagai Aviation Security di PT Angkasa Pura I (Persero). Besar harapan saya untuk dapat dipanggil melanjutkan proses rekrutmen lebih jauh sehingga saya dapat mengenalkan diri dan menunjukkan kemampuan saya dengan lebih mendalam. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Jakarta, 13 Desember 2023

Hormat saya,

Niken Kusuma Dewi

Demikian informasi mengenai contoh surat lamaran kerja sercurity atau satpam yang baik dan benar agar lamaran anda bisa dipertimbangkan dengan baik dan bisa diterima bekerja. Semoga berguna dan bermanfaat.