Cara Menambang Bitcoin dengan Browser Internet

- Advertisement -

Banyak yang bilang menambang atau mining Bitcoin membutuhkan sumberdaya yang besar. Perangkat yang dibutuhkan bisa mencapai ratusan juta, sebab memerlukan CPU yang bagus dan terutama lagi VGA yang bagus dan banyak. Tapi ternyata ada cara lain yang jauh lebih murah, yakni dengan Google Chrome. Sebelum kita menuju cara menambang Bitcoin dengan Google Chrome, marilah kita tinjau dulu apa itu Bitcoin dan bagaimana cara mendapatkannya.

Cryptocurrency

Ya, sebelum memahami apa itu Bitcoin, tentu lebih mudah bagi kamu untuk mengetahui apa itu cryptocurrency. Mata uang kripto atau cryptocurrency ini merupakan sebuah mata uang digital yang tidak memiliki wujud fisik. Transaksinya memakai teknologi blockchain, sehingga tidak memiliki perantara. Transaksi menggunakan cryptocurrency berlangsung antara pengirim dan penerima secara langsung. Namun semuanya tetap tercatat dalam sistem blockchain tersebut. Ada sebuah \’buku besar\’ yang bisa dipergunakan untuk mengintip transaksi tersebut. Semuanya transparan. Istimewanya cryptocurrency adalah adanya desentralisasi tersebut. Tidak ada satupun negara yang mengklaim memegang kuasa atas sebuah mata uang kripto. Semua orang berhak untuk menggunakan cryptocurrency selama dia memiliki saldo di wallet-nya.

Cara Mendapatkan Cryptocurrency

Untuk mendapatkan cryptocurrency agar wallet kamu penuh, ada tiga macam cara. Cara pertama yakni kamu harus melakukan mining, cara kedua menjual barang atau jasa dengan menerima transaksi lewat cryptocurrency, dan terakhir membeli cryptocurrency dari exchange (bursa kripto) atau penjual.

1. Membeli di bursa kripto

Saya jelaskan membeli kripto dari exchange dulu. Kamu bisa membeli mata uang kripto dari bursa kripto yang terpercaya, Indodax misalnya. Silakan kunjungi Indodax di link dibawah ini untuk mendapatkan komisi pendaftaran. INDODAX Silakan daftar dan lakukan verifikasi identitas di Indodax agar bisa bertransaksi di bursa kripto terpopuler di Indonesia itu. Jika sudah, kamu bisa membeli mata uang kripto dengan melakukan deposito terlebih dahulu.

2. Menerima transaksi jual-beli dengan mata uang kripto

- Advertisement -

Yang ini sih harus berhati-hati kalau kamu berjualan secara offline di Indonesia. Sebab UU di negara kita melarang transaksi perdagangan dengan menggunakan mata uang asing alias bukan rupiah. Silakan pergunakan cryptocurrency ketika kamu menjalankan perdagangan internasional. Untuk mendapatkan cryptocurrency, kamu mesti menerima mata uang kripto sebagai alat pembayaran.

3. Melakukan Mining atau Menambang

Ketika ada dua pihak melakukan transaksi dengan cryptocurrency, maka sesungguhnya ada orang-orang yang menjaga agar transaksi itu berhasil dan tercatat. Mereka menggunakan perangkat lunak tertentu untuk membantu mekanisme blockchain itu secara otomatis. Beginilah yang dimaksud sistem desentralisasi. Tidak ada software terpusat untuk menjalankan itu semua. yang ada hanyalah komputer-komputer kecil yang dijalankan oleh banyak penambang di seluruh dunia. Kalau kamu mau dan mampu membuat sumber daya besar untuk menambang cryptocurrency, silakan lakukan untuk mendapatkan hasil yang besar. Namun kalau kamu hanya memiliki sumber daya terbatas atau hanya memiliki satu komputer kerja biasa, saya punya caranya agar kamu tetap bisa menambang cryptocurrency, terutama Bitcoin. Nah, apa sebetulnya Bitcoin?

Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu mata uang kripto yang paling populer yang disimbolkan dengan huruf BTC. Harga 1 BTC berada di angka Rp655.857.000. Ya, setinggi itu. Mata uang kripto ini sudah \’online\’ sejak tahun 2009. Penemunya menamai diri Satoshi Nakamoto. Belakangan, seorang berkebangsaan Australia mengaku diri sebagai Satoshi, yakni Craig Wright. Komunitas Bitcoin menerima klaim Wright tersebut ketika diperlihatkan bukti-bukti yang mendukung. Kabar baiknya, Bitcoin juga bisa ditambang kalau kamu menginginkannya. Bahkan kamu tak memerlukan komputer super dengan kapasitas VGA yang canggih, sebab Bitcoin ternyata bisa ditambang pula dengan browser alias peramban internet, semisal Google Chrome.

Cara Menambang Bitcoin dengan Browser Internet

Untuk menambang dengan Bitcoin dengan menggunakan Google Chrome, saya merekomendasikan dua jenis penambang, yakni Honeyminer dan Cryptotab. Keduanya merupakan aplikasi penambang yang berbasis peramban internet, terutama Google Chrome.

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here