Mengaktifkan Fitur Dark Mode dan Gaming Pada YouTube

Apakah kamu sedang mencari cara mengaktifkan fitur dark mode dan fitur gaming pada youtube? maka kamu tepat berada di artikel ini dimana kamu bisa menyimak panduannya dibawah ini.

YouTube yang baru saja memperbarui kebijakan periklanannya, ternyata punya fitur tersembunyi. Memang fiturnya, mungkin, nggak penting-penting amat sih. Tapi buat yang nggak nyaman melihat video YouTube karena terganggu dengan putihnya latar belakang di situs berbagi video itu bisa mengaktifkan fitur ini. Sebab fitur ini memang mengubah latar belakang YouTube dari putih menjadi hitam. Istilah yang biasa untuk menyebut fitur semacam ini adalah fitur \’dark mode\’. Baca juga Aplikasi Download Video di Youtube Terbaru 2023, Cepat dan Mudah!

Fitur rahasia ini ditemukan oleh seorang pengguna Reddit. Dan tampaknya hanya bisa berjalan di browser desktop saja. Sekali teraplikasi di salah satu laman, maka di seluruh video dan laman-laman Youtube lainnya fitur ini akan tetap berjalan.

Fitur Dark Mode Youtube

fitur dark mode
 youtube


Cara untuk mengaktifkan fitur dark mode adalah sebagai berikut:

  1. Buka Chrome, kunjungi www.youtube.com, lalu buka developer tools tab-nya. Caranya tekan Ctrl + Shift + I untuk Windows. Sementara pengguna Mac bisa menekan Option + Cmd + I.
  2. Di developer tab, pilih Console. Lalu ketikkan teks berikut document.cookie=\’VISITOR_INFO1_LIVE=fPQ4jCL6EiE\’ di bagian yang kosong. Tekan enter di keyboard.
  3. Tutup tab developer dan refresh laman YouTube. Jika berhasil, tampilan YouTube akan sedikit berubah.
  4. Klik bagian profil dan silakan cari \’Dark Mode\’ dan aktifkan.

Bukan hanya Chrome, browser lain seperti Mozilla dan Microsoft Edge pun bisa melakukannya. Perbedaan prosesnya hanya pada membuka developer tool saja di masing-masing browser.

Baca juga Cara Download YouTube Short Terbaru 2023

Fitur Gaming Youtube

Para YouTubers yang berkonsentrasi di niche gaming patut berbahagia, sebab YouTube ternyata punya fitur lain yang mengumpulkan video-video gaming dalam satu laman. Nah, uniknya fitur ini punya sub-domain tersendiri di YouTube.

Kita hanya perlu mengaktifkannya dengan cara mengetikkan kata \’gaming\’ sebelum \’youtube.com\’. Jadi nanti akan tertulis gaming.youtube.com. Dan simak perubahan besar dalam laman YouTube. Lihat juga video-video yang ada di laman tersebut. Seluruh videonya tentang gaming, baik ulasan, video recording, maupun liputan yang seluruhnya tentang gaming. Asik ya.

Demikianlah dua fitur tersembunyi YouTube yang bisa kita terapkan. Selamat mencoba.

bangdoel

Bang Doel adalah seorang blogger yang menulis tentang berbagai topik di dunia digital, media sosial, gadget, teknologi, politik, sosial, dan humaniora. Doel.web.id menjadi sarana untuk menyalurkan hobi menulis dan melakukan analisis.

Post navigation

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Daftar Content ID YouTube Untuk Pencipta Lagu

Tentang Watch Time dan Engagement YouTube dan Mengapa Channel Saya Tidak Berkembang

Cara Optimasi SEO Video di YouTube

KPI Mengawasi YouTube! Are You Kidding Me?