Saat ini semakin marak situs jual-beli backlink. Kalau didaftar memang tidak banyak, tetapi beberapa diantaranya cukup populer. Vira.id menjadi salah satu diantaranya.

Fenomena Jual-Beli Backlink

Sebagai bagian dari strategi marketing, optimasi SEO di mesin pencari terutama Google, mutlak diperlukan. Sebab posisi di halaman pertama SERP tentu menjadi bidikan utama.

Bagi pemilik situs, halaman pertama adalah kunci. Dengan situsnya duduk di posisi ini berarti traffic pun moncer lantas brand lebih dikenal.

Salah satu strategi optimasi SEO adalah memperbanyak backlink. Namun tentu saja tak sembarang backlink. Tautan balik ke situs brand ini mesti disertai konten agar terkesan alami dibaca mesin pencari.

Konten berupa artikel ini mesti ditulis oleh seseorang. Nah, siapa lagi kalau bukan para pemilik situs pribadi yang berserakan di internet, yang disebut sebagai blogger itu?

Sampai disini, situs seperri Vira.id berperan. Ia mengambil celah kesempatan. Sebab tidak banyak brand yang bisa bertemu blogger dengan spesifikasi tertentu. Begitu juga blogger, jarang yang punya privilege dihubungi secara khusus oleh brand.

Apa Itu Vira.id

Vira.id adalah situs atau lebih tepatnya platform untuk memasarkan brand di internet. Advertiser memanfaatkan jasa blogger yang terdaftar di Vira.id untuk meningkatkan jangkauan pemasarannya.

Vira.id didirikan oleh dua orang, yakni Hadi Ariawan dan Ridho Putradi S’gara pada tahun 2018 dengan bendera PT. Vira Media Asia.

Saat ini Hadi Ariawan yang masih bertahan ketika Ridho Putradi S’gara memutuskan hengkang. Kemudian Ridho diketahui mendirikan Inbound.id, sebuah platform yang sama namun tidak terbuka layaknya Vira.id.

Ratusan blogger, bahkan mungkin ribuan yang kini bergabung dengan Vira.id. Mereka dipertemukan dengan brand lewat sebuah mekanisme “bid”.

Cara Daftar Vira.id

Cara mendaftar Vira.id buat para blogger cukup simpel. Anda hanya perlu melengkapi formulir registrasi dengan mengisi email, username, password, dan confirm password.

Dibawahnya ada pertanyaan “Who are you as?”. Kalau Anda blogger, maka jawabannya adalah “publisher/writer”. Beda halnya kalau Anda bakal membeli backlink. Anda harus mengklik tombol Advertiser.

1. Buat Akun di Vira.id

cara daftar vira.id

Langkah pertama adalah membuat akun di situs Vira.id. Pertama dan yang utama, tentu harus mengunjungi situs Vira.id di https://vira.id.

Klik Get Started di halaman depan. Anda akan diarahkan ke formulis pendaftaran dengan judul Sign up for free today!. Silakan isikan alamat email Anda, username yang diinginkan, password, konfirmasi password, dan pilih Publisher/Writer.

Jika sudah selesai, jangan lupa klik Create Account.

2. Verifikasi Email Terdaftar

cara daftar vira.id

Silakan kunjungi email yang tadi didaftarkan ke Vira.id. Kalau tidak ada di folder inbox, cari juga di folder junk atau spam.

Didalam email tersebut berisi tombol biru dengan tulisan berwarna putih berbunyi Verify Email. Klik tombol tersebut.

Anda bakal diarahkan ke laman login Vira.id lagi. Jika akun Anda sudah aktif, ada tulisan hijau tua dengan latar belakang berwarna hijau muda yang berbunyi Your e-mail is verified. You can now login.

3. Mengisi Deskripsi Akun

cara daftar vira.id

Anda bisa langsung login dengan email dan password yang sudah dibuat. Di laman pertama, Anda diminta untuk mengisi nama dan deskripsi diri. Tulis dengan baik, sebab brand akan melihat juga.

Klik Save Changes apabila sudah selesai diisi. Lantas Anda bakal dibawa ke halaman profil dimana ada ucapan selamat datang dan biasanya ada pengumuman tertentu dari Vira.id. Sekarang agar Anda bisa segera ikut melakukan “bid”, tapi sebelumnya silakan daftarkan blog Anda di Vira.id.

4. Mendaftarkan Blog di Vira.id

cara daftar vira.id

Pada menu My Blogs yang ditunjuk seperti gambar diatas, Anda bakal dibawa ke menu penambahan blog. Isinya nama blog Anda, domain dengan http atau https, kategori blog atau kerap disebut juga niche blog, dan terakhir bahasa.

Untuk kolom kategori blog, silakan isi sebanyak mungkin asal sesuai dengan kategori blog Anda. Saya pernah mengisi hingga lebih dari 10 jenis kategori dan berhasil submit. Namun tentu saja, sekali lagi, soal kategori ini harus disesuaikan dengan konten yang ada di blog Anda. Sebab Vira.id akan mengevaluasinya dan mengabarkan blog Anda bakal diterima atau ditolak.

5. Mulai Bid di Vira.id

cara daftar vira.id

Silakan tunggu notifikasi blog Anda diterima ataupun ditolak. Sekarang anggap saja blog Anda sudah diterima di Vira.id. Dan kini waktunya untuk mendapatkan job pertama dari Vira.id.

Di menu sidebar sebelah kiri, ada tiga menu utama, yakni Dashboard, Sponsored Content dan Payments. Pilih Sponsored Content untuk menemukan menu Find A Job dan Manage Blogs.

Untuk mendapatkan job yang ada di Vira.id, Anda mesti memilih Find A Job. Nanti Vira.id akan menunjukkan job mana yang masih bisa diikuti. Cara mengajukan diri untuk mengikuti job tersebut adalah mengklik tombol Bid Now berwarna hijau yang sebaris dengan keterangan job tersebut.

Setelah tombol “bid” tadi diklik, Vira.id bakal menampilkan pop up formulir bid yang mesti diisi. Anda mesti mengisi blog mana yang bakal diikutsertakan pada bid tadi (jika Anda punya banyak blog), lalu pilih kata kunci atau anchor text yang nanti dipakai untuk backlink.

Anda tak perlu pula mengisi Notes dikolom tersebut. Biarkan saja kosong. Setelah selesai, klik Submit Bid. Lalu silakan menunggu apakah bid Anda diterima advertiser atau tidak. Ketika diterima, Anda bakal diberitahu melalui email.

Untuk mengecek secara berkala, Anda bisa ke menu sidebar Dashboard > My Jobs. Disini Anda bisa mengetahui mana bid yang baru diajukan (Proposed Jobs), sedang berjalan (Ongoing Jobs), sudah dikirim (Submitted Jobs), dan pekerjaan yang sudah dilakukan (Past Jobs).

6. Menulis artikel sesuai brief

Bid itu merupakan jalan Anda mendapatkan uang di Vira.id. Ketika bid Anda diterima, maka Anda diwajibkan untuk menulis artikel yang relevan dengan kata kunci yang diberikan oleh advertiser. Pastikan Anda benar-benar membaca brief singkat yang diberikan dalam setiap task.

Tulis artikel sebaik mungkin, ramah SEO, ramah pembaca, dan jangan lupa dengan aturan task yang diberikan. Setelah selesai, silakan kirimkan artikel tersebut ke Vira.id dengan menyalin URL artikel task di blog Anda.

Setiap job ada harganya masing-masing. Anda sudah diberi tahu harga tersebut ketika melihat-lihat job di halaman Find A Job. Maka setelah selesai saldo Anda bakal bertambah sesuai dengan harga job tadi.

Tapi sebelumnya, silakan daftarkan rekening bank di Vira.id. Agar penghasilan yang didapatkan dari hasil mengerjakan bid diatas tidak sia-sia.

7. Mendaftarkan Rekening Bank di Vira.id

Untuk mendaftarkan rekening bank, silakan ke sidebar menu Payments, lalu Manage Bank Accounts. Isi formulir yang ditampilkan di halaman tersebut. Untuk mengisinya Anda membutuhkan data nomor rekening, nama pemilik rekening, nama bank, dan cabang bank tersebut. Klik Save Account jika sudah selesai.

Ya cukup sampai disini kalau cuma mendapatkan uang di Vira.id. Anda bakal menjalani rutinitas bid, menulis, submit, dan payment. Terus-menerus seperti itu.

Batas Penarikan Vira.id

Vira.id memiliki minimum withdraw sebesar Rp300.000,00. Jadi kalau saldo Anda sudah mencapai angka minimum, silakan ajukan penarikan.

Vira.id memakai pembayaran dengan payment gateway dari Xendit. Cuma saat pandemi, atau mungkin setelahnya, pembayaran dari Vira.id ini memakan waktu bisa sampai sebulan lebih.

Jual Beli Backlink, Bagaimana Kata Google?

Nah, buat yang menggantungkan penghasilannya dari Vira.id atau situs semacam ini. Peringatan untuk diri sendiri juga, berhati-hatilah.

Sejak 2017 lalu, Google memberikan peringatan bagi para blogger agar memberikan disclosure bagi postingan berbayar mereka. Google berharap agar ada label sponsored dalam postingan tersebut, agar pembaca tidak mengalami misleading terhadap konten tersebut.

Hingga sekarang, peringatan itu sebetulnya masih berlaku. Bahkan untuk pengguna WordPress ada fitur untuk menandai link berbayar dengan membuat atribut rel=”sponsored” dalam .

Lantas apa sanksinya kalau melanggar? Sampai hari ini, blogger yang blognya bak etalase marketplace masih tetap berdiri tegar. Ia tak tersapu sanksi apapun. Apakah Google berbohong?

Saya memahaminya bahwa ancaman Google itu bukan ancaman secara an sich, namun lebih kepada pedoman yang terkorelasi dengan algoritma mereka yang dibangung. Jadi Google tidak langsung memberikan sanksi, tapi lewat algoritmanya, link yang diketahui hasil jual-beli ini –katanya– bakal diabaikan.

Itulah kenapa di Vira.id sedang disiapkan platform SEO Tool yang baru untuk mendeteksi agar blog yang ada di Vira.id bukan hanya blog yang dibuat untuk tujuan jual-beli link semata. Lah, memangnya ada yang seperti itu? Banyak, loh.

19 COMMENTS

  1. Pernah coba tapi untuk capai 300rb saja sampai bosan gak dapat dapat he he he…Tapi mantap ini artikel bermanfaat bagi yang ingin mencoba blogger dengan hati teguh

  2. Mantap pas tau dari sini langsung daftar menjadi publisher di websitenya, tapi ada saran dikit sih mungkin untuk bagian halaman penambahan blog untuk tombolnya agak susah saat ingin di klik karena ketutupan sama text hovernya.. Jadi butuh tenaga ekstra supaya tombolnya bisa ke klik.. Tapi websitenya udah bagus banget.. Semoga bisa mendapatkan pundi pundi rupiah disana hiihih 😀

  3. maaf mau tanya, kalau mau daftarkan blog di kolom my blog kenapa suka gagal ya? tulisannya your domain not valid. padahal yang dimasukkan blog yang biasanya buat nulis.

  4. Bener nih mas mengenai blog yg cuma nulis pas ada sponsored content. Banyak blog yg seperti itu terutama di rajabacklink. Kalau ada konten selain sponsored harganya rata2 diatas 100K. Saat ini sih algo masih diem2 bae bae ya, gak tau kedepan.

  5. Aku nggak bisa memasukan select blog itu gimana caranya bang doel? Help… Pas daftarin blog bilangnya sudah terdaftar tapi pas mau bid nggak bisa select blog nih

  6. Jadi member di vira enak ya, cuma bid dan menulis sesuai permintaan jika disetujui. Bayarannya lumayan gede daripada buka jasa sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here