Cara Mengetahui jumlah Backlink Pada Blog Atau Website

doel.web.id – Anda penasaran dengan berapa jumlah backlink yang blog atau website anda miliki. Simak cara mengetahui jumlah backlink pada blog atau website yang akan kami bahas kali ini.

Backlink merupakan salah satu strategi SEO yang wajib anda perhatikan, sebab backlink tidak bisa dianggap remeh serta memiliki kadar dan penerapan yang tepat sehingga bisa memberikan efek positif dan bukan malah efek negatif pada blog anda.

Berbicara backlink tentu bukan sekedar perhitungan seberapa banyak backlink yang blog anda miliki sebagai pondasi SEO tetapi pertanyaannya adalah seberapa berkulitas backlink yang anda miliki. Semakin banyak backlink yang berkualitas tentu akan memberikan efek positif kepada blog atau website anda, tetapi backlink yang banyak dengan kualitas rendah bahkan cenderung spam dan tidak setema malah bisa membahayakan blog atau website. Baca juga Mengenal Perbedaan Optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage

Untuk membangun backlink berkualitas ke blog atau website tentu bukan perkara mudah, dimana membutuhkan waktu, usaha, promosi, serta biaya yang besar apabila anda menggunakan jasa backlink. Berbeda halnya ketika anda mencari bakclink secara spamming, dan menghalalkan segala cara memperoleh backlink yang mana bisa saja backlink tersbut akan berdampak negatif dan bisa membuat blog atau website dianggap oleh blog spamming dan akan sulit meraih posisi yang bagus di mesin pencari.

Bagi anda yang sudah mengusahakan mencari backlink atau website, maka pada umumnya anda akan mencari cara mengetahui jumlah backlink yang telah berhasil anda dapatkan dalam proses pengembangan blog anda. Untuk itu kali ini, kami akan membagikan cara mengetahui jumlah backlink pada blog atau website yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengetahui jumlah Backlink Pada Blog Atau Website

Cara Mengetahui jumlah Backlink Pada Blog Atau Website

Menggunakan Google Webmaster tool (GWT)

Google menyediakan tools khusus untuk para pemilik blog atau website yang ingin mengecek jumlah backlink menggunakan tools mereka bernama Google webmaster tool (GWT) atau sekarang dikenal dengan sebutan google search Console (GSC) yang mana bisa anda gunakan secara gratis. Tools ini dapat membantu webmaster atau pemilik situs untuk memantau, memonitor dan merekam segala aktivitas robot mesin pencari terhadap suatu blog atau website. Adapun salah satu fitur yang ditawarkan oleh GWT ini adalah melihat informasi jumlah backlink blog anda pribadi yang berhasil di index oleh mesin pencari google.

Berikut cara menggunakan google search console (GSC) yang bisa anda simak sebagai berikut.

1. Silahkan anda sign in ke halaman utama google webmaster tool kemudian pilih salah satu blog anda.

2. Pada bilah menu sisi kiri, pilih menu Search Traffic kemudian pilih submenu Link To Your Site, anda akan melihat informasi jumlah backlink yang dimiliki blog anda

Menggunakan Tool Pihak Ke 3

Saat ini, telah berkembangan banyak tools pengecek backlink blog dan website yang bisa anda gunakan baik itu yang gratis dan berbayar. Dimana tentunya terdapat fitur yang berbeda antara yang gratis dan berbayar. Selain mengecek jumlah backlink blog sendiri, anda juga bisa mengecek backlink blog kompetitor sehingga anda bisa melakukan perbandingan dengan blog anda

Berikut beberapa tools yang bisa anda pilih sebagai berikut.

  • ahref.com
  • Moz.com
  • opensiteexplorer.com

Cara menggunakan beberapa tools diatasnya memiliki prinsip yang sama cuman berbeda tampilan saja, dimana anda cukup daftar, login, dan mencari menu backlink untuk memeriksa backlin blog anda dengan memasukkan alamat blog anda atau alamat blog kompetitor yang ingin anda cek backlinknya.

Beberapa tools diatas memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa mencoba mencari referensi dari teman dan dari internet, atau anda bisa mencoba satu persatu yang mana terbaik menurut anda.

Mengapa cek backlink di search console berbeda dengan backlink tool pihak ke 3 ?

Apabila anda menemukan hasil pengecekan jumlah backlink anda di search console berbeda dengan menggunakan tools pihak ke 3 maka perlu anda ketahui bahwa acuan dan patokan tiap tools pengecekan backlink berbeda dengan cara pengecekan google search consolse dimana google menyembunyikan sebagian jumlah backlink yang dimiliki oleh suatu blog atau website, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan website tersebut, salah satunya adalah untuk meminimalisir terjadinya sabotase dari pihak competitor.

Leave a Comment