Teknologi

AC LG DUALCOOL: Fitur dan Tipe Penyejuk Ruangan Hemat Listrik

Bukan hal yang berlebihan jika mereka yang tinggal di wilayah pantura Pulau Jawa, akan selalu mendamba penyejuk ruangan alias AC setara AC LG DUALCOOL. Mengapa demikian? Mari kita ungkap alasannya.

AC LG Dual Cool

Saya tinggal di Indramayu. Yang jika kamu lihat di Google Maps, kabupaten ini berbatasan langsung dengan laut Jawa. Bahkan jika ditarik garis lurus, rumahku berjarak hanya empat kilometer saja dari bibir pantai.

Jika cukup beruntung, terpaan angin dari laut bakal terserap lebih dulu oleh hutan bakau. Namun sebagian besarnya tidak. Sehingga angin yang mengandung uap garam akan mampir ke rumah.

Saya juga tinggal di kompleks perumahan. Seperti halnya kondisi perumahan secara umum, yakni rumah berhimpitan dan jarang ada ruang yang cukup luas untuk penghijauan. Ada sih beberapa pohon mangga dan pohon kersen, namun tampaknya tak banyak membantu.

Kebetulan pula, jarak empat kilometer itu kebanyakan empang. Ya kalau bukan empang udang, biasanya bandeng. Tapi bukan itu yang jadi masalah. Sebab masalahnya selain kurangnya penghijauan di perumahan tadi, deretan empang itupun menyumbang hawa yang lumayan menyengat.

Seperti sudah disinggung di atas, untuk mengatasinya memang perlu penyejuk ruangan. Bukan hanya berupa kipas, tapi air conditioner, yang biasa kita singkat dengan AC.

AC dan Manfaatnya

Air conditioner atau disingkat AC merupakan sebuah mesin elektronik yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban di sebuah ruangan. Pada sebuah AC terdiri atas tujuh komponen utama yakni kompresor, kondensor, evaporator, pipa kapiler, accumulator, kipas, dan freon.

Sementara itu, manfaat AC saat ini mungkin bertambah, yakni sebagai pengejawantahan dari status sosial. Namun manfaat utamanya tetap saja sebagai alat penyejuk ruangan, dimana jika kamu tinggal di daerah seperti tempat tinggal saya, maka manfaat dari AC ini sangat besar.

Secara umum manfaat dari AC adalah meningkatkan kualitas udara, menghindari paparan panas atau heat stroke, mengurangi potensi asma dan alergi, menghindari dehidrasi, serta beberapa manfaat lain untuk psikis manusia. Oh ya, buat yang ingin beli AC bisa juga baca Tips memilih AC hemat Listrik.

AC LG DUALCOOL

AC LG Dual Cool

Satu hal yang menjadi alasan mengapa jenama LG disebut diawal adalah karena untuk pangsa pasar AC inverter, PT. LG Electronics Indonesia (LG) memiliki angka 65,7%. Meskipun posisinya di pucuk klasemen, langkahnya tak surut untuk menghadirkan produk AC bagi masyarakat Indonesia.

Maka tempo hari hadirlah AC LG DUALCOOL, sebuah penyejuk udara dari jenis inverter yang hadir dengan beragam inovasi teknologi di dalamnya. Penyejuk ruangan ini hadir dengan konsep yang mendukung smart-home.

Satu hal yang menarik buat saya dari AC LG DUALCOOL ini adalah konsepnya yang memungkinkan kita untuk menghemat energi. Teknologi inverter dan beragam fitur canggih dari AC ini membuat penggunaan listrik di rumah bisa direduksi. Hemat energi berarti hemat keuangan, ‘kan?

Seperti kata Product Director Air Solution of LG Electronics Indonesia, Changmin Han, “Selain memastikan tidak ada lagi energi sia-sia karena lupa mematikan AC, keberadaannya memberi kenyamanan pengguna untuk memastikan ruangan telah sejuk begitu memasukinya karena pengaktifan telah dilakukan sebelumnya.”

Fitur AC LG DUALCOOL

AC LG dual cool fitur

AC LG DUALCOOL memiliki tagline marketing ‘hemat berlipat’. Karena dalam AC ini ada fitur Active Energy Control dan Watt Control yang membuatnya jadi hemat berlipat. Melalui fitur ini, kamu bisa mengendalikan sendiri penggunaan daya listrik di rumah.

Fitur Watt Control memungkinkan adanya kompresor khusus yang dikembangkan LG dengan nama Dual Inverter Compressor. Kompresor khusus ini berarti ada dua rotor yang berputar pada satu tuas dan membuat kompresor ini memiliki pengaturan daya yang lebih baik.

Kabar baiknya teknologi putaran ganda yang dipakai AC ini tersedia dalam seluruh varian, yakni ½ PK, 1 PK, hingga 2 PK.

Pengaturan daya pada AC LG DUALCOOL berkat adanya Dual Inverter Compressor ini memungkinkannya memiliki opsi pengoperasian dengan empat pilihan daya, yakni 100%, 80%, 60%, hingga 40% dari kebutuhan listrik sebenarnya.

Part Leader Residential AC PT. LG Electronics Indonesia, Dimas Raditya, mengatakan kalau AC LG DUALCOOL ini di satu sisi bisa memberikan penghematan energi hingga 70%, namun disisi yang lain mampu menyejukkan ruangan 40% lebih cepat.

AC LG DUALCOOL juga termasuk perangkat Internet of Things (IoT). Ia mendukung ekosistem smart-home di rumahmu. Pasalnya AC ini memiliki konektivitas dengan Wi-Fi. Dimana pengguna bisa berinteraksi dengannya melalui Google Assistant lewat perintah suara, serta keberadaan aplikasi ThinQ.

Tipe AC LG DUALCOOL

Ada tiga pilihan tipe AC LG DUALCOOL yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhanmu akan penyejuk ruangan yang cerdas. Yang pertama ada tipe Deluxe, Smart, dan Eco. Berikut penjelasan singkat dari ketiganya.

1. LG DUALCOOL with Watt Control-Deluxe

AC ini merupakan AC inverter LG yang berorientasi pada hemat daya yang dilengkapi juga fitur ionizer. Fitur ini menjaga agar kulit tidak kering. Jadi meskipun kamu berlama-lama berada didalam ruangan yang ber-AC, kulit kamu tidak akan mengering.

2. AC inverter LG DualCool-Smart 

AC inverter LG DUALCOOL ini merupakan AC hemat energi yang mengoptimalisasi kerja guna mencegah debu yang kotor terhirup oleh pengguna. AC ini terbukti hemat listrik dengan teknologi inverter terkini.

3. LG DUA COOL with Watt Control-Eco

Ada teknologi Microdust dalam AC LG DUALCOOL ini, sehingga pengguna bebas menikmati udara sejuk tanpa khawatir menghirup debu. Teknologi ini juga membuat AC jadi anti bakteri, jadi menimbulkan ruangan yang bebas dari sumber penyakit.

Penutup

Ketiga tipe AC LG DUALCOOL ini digaransi secara baik oleh LG. Pabrikan ini memberikan jaminan purna jual yang tak akan mengecewakan konsumennya. Ada garansi 10 tahun untuk kompresor, serta dua tahun khusus PCB AC. Selain itu, kalau Beli AC LG DualCool sekarang bisa check sekalian Promo AC LG berhadiah menarik dan bisa dapat cashback.

Kebetulan listrik di rumah juga memakai 1300 VA, sehingga saya bisa memakai AC LG DUALCOOL ini. Buat kamu yang hanya memakai listrik dengan daya 900 VA juga bisa kok. Yuk, mari temukan penyejuk ruangan ini di dealer LG terdekat di kota masing-masing, dan rasakan hemat berlipatnya.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

22 Comments

  1. Jangankan yang tinggal di Pantura. Aku aja yang tinggal dekat sawah masih aja kepanasan. Apalagi kalau musim kemarau. Gerahnya minta ampun. Mau pasang AC tapi takut tagihan listrik membengkak. Untungnya pake AC LG dual cool ini punya fitur watt control. Jadi bisa hemat tagihan listrik deh.

  2. AC LG Dual Cool bolehlah kak mau saya jadiin list pilihan AC kantor, karena kebetulan AC kantor mau diganti…entar kucek dulu AC LG Dual Cool ini dulu di marketplace dll biar tahu harga terjangkaunya. Uraian di atas sangat membantu saya kak, makasih.

  3. Menarik sekali ini, enggak hanya ada garansi 10 tahun untuk kompresor, serta dua tahun khusus PCB AC tapi juga promo yang menggoda untuk pembelian AC LG Dual Cool. Udah gitu hemat listrik pula…wah, emak-emak bahagiaa

  4. Kalau udah ada embel-embel hemat, irit, udah pasti langsung kepo deh. Menarik juga ada pengaturan daya, dengan 40% daya udah dingin. Plus ada pengaturan pakai wi-fi juga. Jadi deh smart home…

  5. Hi warga Indramayu, jangan lupa bagi-bagi mangganya kalau udah panen, hahaha…

    Daerah Pantura memang panasnya luar biasa, kalau kata orang Jerman mah, NGELEKEB !! Kalau banyak pohon masih mending ada nuansa adem-ademnya gitu. Lah kalau pepohonan nggak ada, ya makin gersang dong.

    Cocoknya pasang AC merek LG lah Bang Doel. Biar sueger. Saya juga pasang AC LG udah belasan tahun, masih berfungsi aje sampe sekarang. Kualitasnya awet banget dan listriknya juga irit, soalnya saya pakai yang 1/2 PK, wkwkwkwk…. Lumayan membantu lah, soalnya di Depok juga panas.

    AC LG lawas aja udah keren, sekarang ditambah fitur dan teknologi terbaru, pasti makin keren dah.

  6. Ini AC-nya cepat dingin nih ya Bang Doel. Gak perlu nunggu lama sampai ruangan adem, atau pasang suhu paling dingin dulu, trus setelah dingin baru diturunkan lagi ke suhu normal. Hemat listrik lah pastinya.

  7. Produk LG selalu hemat listrik ya. Dan awet, lho.
    Sekarang ditambah smart juga.
    Kalau ada AC hemat berlipat gini, ga usah lirik merk lainnya deh

  8. Ngga banyak lhoo yaa pendingin ruangan yang eco friendly gini kak. Btw LG selalu jadi rekomendasi sih dari ortuku kalo mau beli AC. Kayaknya awetnya emang turun temurun dari dulu yaak

  9. Soal inovasi, LG emang gak pernah ketinggalan.
    AC LG Dual Cool jadi incaran yang menggiurkan. Udah keren hemat pula. Dengan adanya 3 tipe pilihan bisa pilih sesuai kebutuhan.

  10. Kita yang tinggal di daerah dengan cuaca panas, AC LG Dual Cool ini sangat rekomended banget y. Biar tiap bangun tidur gak keringetan terus. Hehheheh

    1. Apalagi didukung dengan fitur-fitur keren pada AC ini, jadi terlihat semakin canggih aja nih AC LG Dual Cool. Semoga bisa kebeli lah nanti

  11. Ini mah keren ya. Bisa menjawab permasalahan utama AC yaitu listrik karena LG inverter dual cool lebih hemat listrik. Btw beberapa kali lewat Indramayu dan saya lihat banyak sekali empang tambak. Penasaran sih pengen tau kayak apa panen udang atau bandeng di sana.

  12. Pilihan AC yang hemat listrik kek gini emang yang jadi salah satu prioritasku sih kalau memilih ac atau barang elektronik lain. Eh ditambah lagii LG teknologinya udah eco friendly. Makin mantep kalo mau beli AC milih yg LG mah

  13. waah deket pantai… iyasih kalau deket pantai udaranya cenderung gerah karena kan dataran rendah. Kalau pake AC LG Dual Cool Series dijamin suejuk… hemat listrik pula…

  14. LG merupakan salah satu produsen alat elektronik yang cukup terkenal, karena rata-rata produknya cukup handal. saya kira kaulitas AC LG Dual Cool Series tak perlu diragukan lagi, apalagi ada fitur watt control.. pasti mantab

  15. Wah bener bgt kak, aku tinggal di Brebes yg panasnya bukan main saat ini lg butuh AC seperti AC LG Dual Cool yg punya segudang kelebihan. Jadi ga ragu lg untuk pasang AC tanpa mikir panjang biaya listrik perbulannya berapa.

  16. Gak cuma pantura sih, Mas. Sebagian besar daerah di pulau Jawa khususnya yang berada di dataran rendah udaranya juga terasa panas. So, emang penting banget deh pasang AC agar tetep sejuk. Btw, aku paling suka sama fitur watt controlnya, jadi meski daya listrik cuma 900 tetep bisa nyalain AC.

  17. Luar biasa AC Inverter LG Dual Coolnya kak, ada empat pengaturan konsumsi dayanya ya. Kalau begini jadi bisa hemat listrik dan gak bikin listrik di rumah soak. Idaman banget tuk saya yang di rumah daya listriknya hanya 900 VA hehe

  18. Nah, inilah tujuan LG Dual Cool. Gimana caranya AC Inverter bisa hemat listrik karena emang kan bisa bikin cepat dingin. Ternyata bukan cuma karena control watt nya tapi juga pakai kompresor khusus dengan dua rotor yak. Ah, ajaib.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

AdBlock Terdeteksi

Mohon matikan aplikasi/fitur AdBlock di ponsel Anda untuk melanjutkan.