Cara Bikin Rekening di Bank Jago Lewat Aplikasi Jago

Buat orang yang tinggal di kota kecil seperti saya, agaknya Bank Jago tidak begitu saya kenal. Tidak ada gedungnya disini. Namun kabar baiknya, saya bisa memiliki rekeningnya tanpa harus datang ke kantor cabang.

Mengenal Bank Jago

Bank Jago merupakan sebuah metamorfosa dari sebuah bank yang didirikan oleh PT Bank Artos Indonesia di Bandung pada 1992. Perusahaan pionir ini pun baru go public pada 2016, atau 24 tahun setelah berdiri.

Tiga tahun setelah perusahaannya terbuka, PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI) dan Wealth Track Technology Limited (WTT) mengakuisisi saham dari PT Bank Artos Indonesia Tbk dengan total kepemilikan sebesar 51%.

GoJek melalui PT Dompet Karya Anak Bangsa (GoPay) juga hadir pada 2020 untuk memiliki saham dari Bank Artos sebesar 22,16%. Sifat GoPay hanya sebagai investor strategis non pengendali.

Yang menarik bagi saya adalah partisipasi dari Bank Artos dalam ranah perbankan digital. Mereka merilis aplikasi Jago dimana calon nasabah bisa memiliki akun rekening Bank Jago.

Sekadar informasi saja, Bank Jago sendiri merupakan metamorfosis dari Bank Artos. Dimana pendirian Bank Jago memang dideklarasikan sebagai bank yang berbasis teknologi digital.

Maka wajar ketika Bank Jago hadir lewat aplikasi Jago. Meskipun ini bukan yang pertama di dunia perbankan, tapi paling tidak hadirnya GoJek di tengah-tengah proses tersebut membuat bank ini jadi menarik.

Tentang Jago App

Jago App atau aplikasi Jago mungkin sekilas bakal sama dengan aplikasi perbankan yang sudah ada. Namun menurut Direktur Utama Bank Jago, Kharim Gupta Siregar, ada empat poin yang membedakan Jago App dengan aplikasi perbankan lain.

Menurutnya ada keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh Jago App yang merupakan nilai tambah dari aplikasi ini. Kharim Indra pun merinci empat poin tersebut.

1. Personalized App

Personalisasi dalam aplikasi ini sangat menawan. Pengguna bisa mengotak-atik tampilan, warna, penggunaan fitur, yang disesuaikan dengan karakter dan kebutuhannya.

2. Kolektivitas

Jago App dibuat agar bisa memampukan para penggunanya untuk memanfaatkan fitur secara bersama-sama untuk tujuan tertentu.

3. Ekosistem Digital

Ada ekosistem digital yang hidup pada Jago App. Jadi para penggunanya bisa terintegrasi dengan platform digital lain, baik digital ecosisyetm e-commerce, ride hailing, dan lainnya.

4. Teknologi Mutakhir

Jago App memakai teknologi mutakhir yang memungkinkan seluruh inovasi perbankan digital hadir dalam aplikasi ini. Yang utama, tentu saja kemampuan integrasi dengan ekosistem digital lainnya.

Cara Membuat Rekening di Bank Jago

Buat yang tertarik untuk memiliki akun rekening di Bank Jago tanpa harus mendatangi kantor cabangnya, begini caranya.

1. Unduh Aplikasi

Silakan unduh aplikasi Jago di Playstore (Android) atau App Store (Apple).

2. Buat Akun

Setelah berhasil diunduh, klik saja tombol “Buat Akun Jago”

3. Isi Email dan Nomor Ponsel

Masukkan alamat email dan nomor ponsel yang aktif.

4. Terima Kode OTP

Aplikasi Jago akan mengirimkan kode OTP melalui SMS. Masukkan 6 digit kode OTP dan jangan beri tahu kode ini ke siapapun.

5. Buat Kata Sandi

Buat kata sandi dan konfirmasi kata sandi yang telah dibuat.

6. Siapkan E-KTP

Siapkan E-KTP. Lalu, lakukan verifikasi e-KTP dengan memasukkan NIK dan tanggal lahir.

7. Lengkapi Data

Isi data personal. Laman ini akan berpengaruh pada sistem personalisasi layanan Jago.

8. Setujui Syarat

Silakan baca syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Setelah setuju dengan semua poinnya, pilih persetujuan dan tekan lanjut.

9. Aktivasi Video Call

Lakukan aktivitasi akun Jago lewat video call. Jangan lupa siapkan e-KTP dan koneksi internet yang baik. Pilih ruangan dengan pencahayaan bagus serta lepas masker/topi. Sekadar catatan proses verifikasi dilakukan mulai Senin-Jumat pada jam kerja.

Komentar

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here