Teknologi

Edit Video Online Gratis dan Mudah dengan FlexClip

Buat yang mau terjun di bidang video editing, tantangan utama selain olah skill adalah ketersediaan software dan hardware yang lumayan mahal. Saya pernah membahasnya di artikel tips menghindari software bajakan. Dan saya memberikan solusinya dengan edit video online yang gratis.

Solusi itu memang sangat dibutuhkan, terutama bagi para blogger, youtuber, maupun internet marketer secara umum. Kalau youtuber memang sudah makanan sehari-harinya mesti membuat video, nah buat para internet marketer secara umum, membuat video juga sudah menjadi kewajiban saat ini.

Sebagaimana diketahui engagement alias ketertarikan untuk berinteraksi pada sebuah postingan tak lagi hanya ditentukan oleh postingan dengan gambar saja. Namun saat ini keberadaan video menambah faktor peningkatan engagement tersebut.

Video juga lumayan penting buat para blogger. Sebab ketika gambar infografis sudah lazim dipakai untuk memperjelas gambaran dari artikel, maka video yang ciamik menjadi cara yang lebih advance dari infografis. Itulah mengapa cukup banyak blogger yang menang kontes, ternyata memakai video di artikel mereka.

Ya, zaman memang sudah berubah. Saat ini jaringan internet sudah semakin baik. Sehingga sisipan video pada postingan media sosial maupun artikel blog tidak membuat masalah loading. Justru itu malah menjadi berkah naiknya engagement dari postingan tersebut.

Edit Video Online

Berbagai manfaat dari menyediakan postingan dengan video itu membuat sebagian internet marketer ada yang terpaksa mengakalinya dengan software bajakan dan hardware pas-pasan. Sebab harga kedua macam komponen utama edit video itu memang terkenal cukup mahal.

Padahal urusan software bisa diatasi dengan edit video online. Untuk urusan ini tentu kamu tak memerlukan prosesor paling mutakhir dan VGA kelas wahid. Cukup komputer standar yang kerap dipakai browsing internet, maka urusan edit video online bisa dilakukan.

Kebetulan tempo hari saya dikirimi email untuk mencoba FlexClip. Kebetulan lagi saat saya menanyakan ke grup WhatsApp blogger, belum ada yang mendengar aplikasi ini, apalagi mencobanya. Maka saya memberanikan diri untuk mengenalkannya sekaligus sedikit ulasan atas uji pakai yang sudah saya lakukan.

FlexClip, Editor Video Online

FlexClip adalah sebuah editor video online yang membantumu untuk mengubah foto dan klip video menjadi video profesional, tanpa membutuhkan kemampuan desain. Itulah sebuah deskripsi dari FlexClip yang dimuat di situsnya www.flexclip.com.

Buat yang mau tahu lebih jauh tentang FlexClip, doi masih satu produk dengan aplikasi edit gambar online DesignCap. Bersama enam aplikasi lain, keduanya berada dibawah operasional perusahaan perangkat lunak grafis dan multimedia asal Hong Kong, PearlMountain.

Sudah ya perkenalan tentang FlexClip-nya. Sekarang saya mau mengulas apa saja sih yang ada didalam aplikasi edit video online ini.

Kelebihan FlexClip

Sebagaimana editor video online, FlexClip tidak membutuhkan banyak sumber daya yang besar. Hanya saja, kamu perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil agar proses editing tidak terhambat. Ya, cukup stabil saja tanpa perlu bandwith hingga puluhan Mbps. Meski tentu bandwith yang besar pastinya lebih baik.

Saya mencoba FlexClip dengan akun gratis. Dengan akun ini, saya mendapatkan unduhan video dengan resolusi 480p, 1 stock video per proyek dengan maksimal pembuatan 12 proyek video, dan masing-masing proyek video tadi dibatasi juga dengan durasi selama 1 menit.

Jadi saran saya, bijaksana saja ketika menggunakan FlexClip gratis ini. Sebab kuotanya cukup terbatas. Meski kemudian ini bisa diakali dengan membuat banyak akun. Tapi tetap yang gratisan akan menemui berbagai keterbatasan.

Meski banyak keterbatasan dalam menggunakan akun gratis, FlexClip membuat saya bisa dengan mudah melakukan berbagai variasi bentuk tulisan, slide stockshot, dan berbagai musik pengiring. Kalau dilakukan melalui software edit video yang biasa saya pakai, hal tersebut lumayan memakan waktu.

Hal lainnya yang membuat FlexClip bisa diandalkan adalah ketersediaan pilihan template instan untuk kebutuhan yang beragam. Mulai dari tema tentang bisnis, pendidikan, hari raya keagamaan, pernikahan, gaya hidup, media sosial, hingga tentang pandemi virus corona.

Ketersediaan beragam video template yang instan itu membuat FlexClip berani menjamin mereka yang minim skill edit video, bisa dengan mudah membuat video-video menawan dengan aplikasi edit video online ini. FlexClip juga menyediakan berbagai footage yang bisa dipakai tanpa perlu melakukan rekaman adegan. Buat personil post-production, hal ini sangat membantu sekali.

Selain menyediakan yang instan buat edit cepat dan segera mendapatkan hasil, FlexClip juga menyediakan format kosong dengan menu Start From Scratch untuk mereka yang memiliki keluangan waktu lebih banyak dan punya sentuhan desain.

Tampilan dasbor editing-nya juga menurut saya cukup user friendly. Ya, hampir mirip dengan berbagai software edit video yang pernah saya coba. Meskipun tentu ada sedikit penyesuaian dan FlexClip ini lebih sederhana. Dasbor ini dibuat benar-benar buat mereka yang minim pengetahuan desain dan hanya perlu output videonya secara cepat dan bagus.

Kekurangan FlexClip

Saya nyaris tak menemui kekurangan pada FlexClip kecuali harganya yang lumayan. Tetapi dibandingkan dengan layanan sejenis, menurut saya FlexClip ini cukup worthed it. Lantas apa sih kekurangan dari FlexClip?

Kalau menurut saya kekurangan FlexClip adalah pada fasilitas pengaturan ukuran dan export file yang terbatas. Soal pengaturan ukuran video, kita hanya diberikan pilihan rasio saja untuk beberapa ukuran layar, yakni 16:9, 21:9, 9:16, 1:1, dan 4:5. Sementara untuk export file hasilnya hanya ada tiga saja, yakni 480p, 720p, dan 1080p. Bahkan ketika kamu memakai akun gratis, maka hanya 480p saja yang bisa dihasilkan dari video yang telah dibuat.

Mengapa ukuran resolusi video itu penting? Sebab sebagaimana tren engagement di media sosial maupun dukungan unggahan YouTube saat ini, maka ukuran video di internet tak lagi dibatasi hingga 1080p saja. Hal ini dikarenakan, sekali lagi, kecepatan internet di dunia ini juga semakin tinggi.

Mungkin itu saja kekurangan yang baru saya temukan dari FlexClip. Soal ketersediaan template dan footage, mungkin itu hanya soal selera masing-masing saja.

Cara Memakai FlexClip

Sebelum memulai, silakan siapkan komputer dengan browser terinstal dan jangan lupa periksa koneksi internet agar tidak terjadi kegagalan dalam memuat FlexClip. Lalu ikuti saja cara edit video online dengan FlexClip berikut ini:

  1. Mengunjungi situs FlexClip dengan komputer.
  2. Silakan mendaftar jika belum memiliki akun melalui tombol Sign Up – Free berwarna orange.
  3. Ada tiga cara mendaftar, yakni dengan akun Facebook, akun Google, dan satu lagi dengan email.
  4. FlexClip bakal memunculkan laman dasbor. Kamu bisa memilih antara Create by Template atau Start From Scratch. Keterangannya sudah dijelaskan diatas.
  5. Silakan pilih terlebih dahulu ukuran video berdasarkan rasionya. Silakan disesuaikan dengan kebutuhanmu, ya.
  6. Jika memilih Create by Template, maka kamu harus memilih diantara berbagai kategori video yang disediakan FlexClip. Namun jika memilih Start from Scratch maka FlexClip akan memunculkan halaman kosong untuk kamu kreasikan sesuai kreativitasmu.
  7. Kalau sudah dianggap selesai, maka silakan lakukan export. Pilih resolusi yang dibutuhkan. Tentu untuk versi gratis, hanya tersedia 480p saja.

Demikianlah cara memakai edit video online gratis dengan FlexClip. Jika ada yang ditanyakan terkait FlexClip ini, silakan isi kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

AdBlock Terdeteksi

Mohon matikan aplikasi/fitur AdBlock di ponsel Anda untuk melanjutkan.