Optimasi LinkedIn untuk Menambah Jejaring Profesional

Buat seseorang yang berniat membangun jejaring karir dan pekerjaan, tentu menggunakan LinkedIn, alih-alih media sosial lainnya. Sebab media sosial yang satu ini memang dikhususkan untuk itu.

Jangkauan LinkedIn memang cukup luas untuk membangun jejaring karir profesional. Namun bukan berarti jejaring itu akan tumbuh secara otomatis.

Untuk menumbuhkan jejaring di LinkedIn, Anda memang harus melakukan upaya optimasi, sama halnya seperti media sosial lainnya.

Anda membutuhkan waktu dan upaya untuk mendapatkan manfaat yang luas dari LinkedIn demi pengembangan karir yang dilakukan. Nah, artikel ini kebetulan saya buat untuk itu.

Apa saja hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengoptimasi LinkedIn? Ini beberapa hal diantaranya:

Membuat Profil yang Kuat

Profil LinkedIn Anda merupakan pembuka perkenalan sekaligus rangkuman dari keseluruhan skill profesional yang Anda miliki. Makanya profil ini mesti kuat.

Kekuatan profil Anda bisa ditunjukkan dengan penguasaan skill dari pekerjaan yang Anda kerjakan atau Anda incar. Misalnya Anda mengincar pekerjaan desain grafis, maka skill penguasaan Corel Draw tentu jauh lebih kuat daripada penguasaan Excel.

Baca Juga:  Aturan Baru Monetisasi YouTube dan Gairah Pembajakan Negeri Kita

Silakan lengkapi terlebih dahulu kolom profil yang tersedia di LinkedIn. Isi secara lengkap hingga terlihat lebih profesional dari sebelumnya. Upayakan juga spesifik sesuai dengan skill profesional yang dimiliki.

Muncul di Postingan Orang Lain

Yang tak boleh dilupakan adalah LinkedIn merupakan media sosial. Jadi upayakan ada interaksi dengan orang lain dalam jejaring atau teman dari jejaring teman kita.

Jika ada postingan populer, upayakan ikut juga berkomentar, menyukai, maupun membagikannya jika diperlukan. Pun ketika yang mengunggah postingan itu tidak populer, namun postingannya bermanfaat. Silakan ikut saja.

Cara ini tentu bermanfaat jika suatu saat Anda meminta pertemanan di LinkedIn. Sebab orang yang tiba-tiba muncul tanpa ada hujan maupun angin agak sedikit aneh. Kalau sebelumnya sudah berinteraksi ‘kan lebih enak.

Berikan Alasan Ketika Meminta Pertemanan

Di LinkedIn kita mengenalnya dengan Connection Requests. Sebetulnya Anda bisa dengan bebas meminta pertemanan dengan siapapun. Namun tentu saja karena ini LinkedIn, maka perhatikan bagaimana cara Anda meminta pertemanan.

LinkedIn merupakan media sosial yang dibuat untuk berjejaring dengan kalangan profesional dan meningkatkan karir. Makanya mengajukan permintaan pun ada caranya.

LinkedIn memang menyediakan pesan default dalam mengirimkan pertemanan. Pesannya adalah “I’d like to join your network”. Anda memang boleh menggunakan pesan otomatis itu, namun kalau mau serius membangun jaringan tentu tidak Anda lakukan.

Baca Juga:  Cara Daftar Content ID YouTube Untuk Pencipta Lagu

Memakai pesan default akan memberikan kesan bahwa Anda tidak memiliki tujuan meminta pertemanan dengan orang tersebut. Kesan yang lain juga Anda tidak melihat dan mempelajari terlebih dahulu profil yang bersangkutan.

Untuk itu berikan alasan ketika Anda meminta pertemanan dengan seseorang. Misalnya Anda tertarik dengan jejaring profesionalnya yang mapan. Bisa juga Anda tertarik dengan profil skill-nya yang bagus. Dan lain-lain.

Ikuti Profil LinkedIn dari Orang yang Pernah Ditemui

Anda pernah mengikuti rapat, seminar, atau kegiatan profesional lainnya? Cek saja siapa tahu ada pemateri atau rekan rapat yang sudah Anda ikuti memiliki LinkedIn.

Cara ini perlu dilakukan untuk memastikan Anda berada di jalan yang tepat dalam meniti karir. Silakan ajukan permintaan pertemanan apabila sudah dipastikan bahwa orang tersebut adalah pemilik profil LinkedIn tersebut.

Jangan lupa sampaikan dalam pesan permintaan yang sudah dibahas sebelumnya.

Ikut Grup di LinkedIn

Seperti halnya media sosial lainnya, LnkedIn juga memiliki grup yang terdiri dari satu topik. Anda bisa bergabung dan melakukan interaksi di grup ini. Tentu selain mendapatkan wawasan, Anda juga bisa mendapatkan teman yang baru.

Baca Juga:  Algoritma Facebook Tentang Kesehatan yang Wajib Diketahui Pemilik Fanpage

Menemukan grup yang sesuai dengan minat juga sangat mudah. Anda tinggal mengetikkan kata kunci terkait, maka LinkedIn akan menyajikan berbagai grup yang bisa Anda ikuti.

Membuat Konten di LinkedIn

Membuat konten merupakan cara terbaik untuk meningkatkan jejaring profesional Anda di LinkedIn. Ya tentu saja dengan satu syarat: konten yang Anda buat berkualitas.

Untuk itulah pastikan Anda memang membuat konten pada bidang yang Anda kuasai. Perhatikan baik-baik ejaan dan pemilihan katanya. Sehingga orang yang membacanya pun merasa nyaman dan terbantu dengan konten tersebut.

Dalam konten yang Anda buat, tambahkan pula berbagai inforgrafis yang baik. Sehingga pembaca bisa dengan mudah memahami maksud dari konten tersebut.

Bagikan URL Akun LinkedIn Anda

Dalam berbagai kesempatan silakan bagikan akun LinkedIn Anda. Ini memudahkan orang untuk mengetahui kalau Anda juga memiliki akun di LinkedIn.

Rawatlah jejaring LinkedIn Anda

Sekarang tinggal konsisten untuk membangun dan merawat akun LinkedIn Anda. Sehingga setelah dibuat dan memiliki banyak teman, akun Anda tidak lagi bermanfaat untuk menunjang dunia profesional Anda.

Tetaplah aktif juga memberikan komentar di postingan orang lain, memberi suka, serta membagikan konten yang sehaluan dengan ranah profesional Anda.

Itulah tadi tips untuk melakukan optimasi LinkedIn Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment