Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Disertai Langkahnya Terbaru 2022

Membuat surat lamaran kerja harus dilakukan dengan baik dan benar. Semakin bagus, tentu akan semakin menarik perhatian pihak HRD atau perusahaan. Ingin tahu cara, tips, dan langkah-langkahnya seperti apa? Simak lewat artikel berikut.

Surat lamaran kerja adalah surat berisi maksud dan tujuan seseorang saat hendak melamar kerja. Isi surat tersebut harus mencakup perkenalan, data diri, serta narasi singkat yang menjelaskan alasan kuat mengapa kita melamar pada posisi pada pekerjaan tersebut.

Tak semudah ekspektasi, membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar ternyata butuh upaya ekstra. Anda mesti menjelaskan maksud dan tujuan, memasukkan detail-detail penting terkait pengalaman, dan menggunakan bahasa formal secara halus serta persuasif.

Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja? Mudah saja, Anda hanya perlu memastikan isinya sesuai. Selebihnya, berikan desain agar surat lamaran tampil lebih elegan secara visual. Sebelum memulai, pastikan Anda menemukan aplikasi yang ramah digunakan.

Pembuat desain surat lamaran kerja Canva misalnya, memberikan kebebasan bagi Anda untuk mengeksplor desain lewat berbagai elemen seperti font, warna, template, dan sebagainya. Agar lebih jelas, ikuti langkah-langkah membuat surat lamaran kerja di bawah ini!

Baca Juga:  Harga Sepatu Bola Para Pemain Bintang Dunia

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Isi Surat Lamaran Kerja Sesuai Struktur

Poin pertama membuat surat lamaran kerja adalah memahami isinya berdasarkan struktur. Secara umum, struktur atau format surat lamaran kerja terdiri dari:

  • Perkenalan diri Anda
  • Pengalaman kerja secara singkat
  • Alasan melamar pekerjaan
  • Pencapaian atau posisi pekerjaan saat ini

Jangan salah membedakan surat lamaran kerja dan CV! Apa bedanya surat lamaran kerja dan CV? Jika surat lamaran kerja hanya berupa pengantar, CV atau portofolio merupakan ringkasan data diri lebih lengkap berisi:

  • Riwayat pendidikan
  • Riwayat kerja
  • Skill ataupun kemampuan yang berkaitan
  • Prestasi
  • Pengalaman organisasi
  • Alamat email dan nomor telepon aktif
  • Portofolio jika ada
  • Beberapa referensi yang bisa dihubungi
  • Hobi.

Tips penting membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah memperkenalkan diri secara sopan dan formal. Jelaskan bagaimana kepribadian Anda melalui kata-kata, skill yang relevan dengan lowongan kerja, hingga poin lain yang tak tercantum dalam CV.

2. Gunakan Aplikasi Pembuat Lamaran Kerja Terbaik

Setelah tuntas dengan isi dan struktur, kini saatnya Anda memikirkan bagaimana caranya agar surat lamaran kerja tersebut dikemas lewat desain yang menarik. Salah satu cara paling efektif adalah menggunakan aplikasi desain pembuat lamaran kerja terbaik saat ini.

Beberapa orang seringkali terkendala dengan aplikasi desain karena sulit digunakan. Alhasil, mereka pun menggunakan jasa orang lain. Padahal jika Anda memilih platform yang tepat dengan beragam fitur unik, mendesain apapun pastinya akan terasa lebih gampang.

Baca Juga:  6 Matriks Keuangan yang Wajib Diketahui Pemilik Usaha

Canva memudahkan Anda membuat surat lamaran kerja tanpa perlu khawatir akan hasilnya. Mulailah dengan memilih template berdasarkan preferensi pribadi, pastikan gayanya sesuai karakteristik Anda. Setelah itu, fokuslah menambahkan sejumlah elemen desain.

3. Tentukan Elemen Desain

Sudah selesai memilih template? Sekarang waktunya Anda bereksplorasi dengan elemen desain. Pilih kombinasi warna terbaik, jenis font, ikon, dan sebagainya. Pastikan perpaduan antara setiap elemen desain tidak berlebihan dan proporsional.

Warna dalam sebuah desain idealnya terdiri dari dua hingga tiga. Jika berlebihan, surat lamaran kerja Anda bakal terlihat kontras dan tidak nyaman dipandang. Usahakan untuk tetap mengusung konsep yang minimalis, mengingat surat ini memiliki tujuan formal.

Pihak HRD atau perusahaan yang membuka lowongan biasanya akan menyeleksi setiap surat para pelamar dengan cepat. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan font yang nyaman dibaca pada umumnya seperti Calibri, Arial, Georgia, Myriad Pro, hingga Helvetica.

4. Pastikan Hasilnya Sudah Sesuai

Impresi pertama di mata HRD atau pihak perusahaan ketika pelamar mencari kerja adalah melihat surat lamaran kerja. Maka dari itu, pastikan citra Anda baik dengan cara memastikan seluruh hasilnya sudah sesuai. Minimalisir bahkan kalau bisa hindari kesalahan-kesalahan dalam surat lamaran tersebut.

Periksa lagi setiap kata-kata, jangan sampai ada informasi yang terlupakan atau bahkan keliru. Gunakan teknik scanning untuk memindai kesalahan penulisan. Hal seperti ini bisa membuat penyeleksi kerja mengurungkan niat untuk meloloskan Anda ke tahap seleksi berikutnya.

Baca Juga:  Mudahnya Mencari Alamat Email Perusahaan

Sama halnya dengan penyusunan kalimat, tatanan desain pun perlu diperiksa kembali. Hindari menaruh terlalu banyak gambar dalam surat lamaran kerja karena bisa mengesankan diri Anda yang kurang serius dan tidak paham momen.

5. Sebarkan via Cetak atau Online

Jika telah yakin mengikuti langkah-langkah membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar, berarti sekarang Anda sudah siap menyebarkan kepada pihak lowongan kerja. Tentukan dari awal, apakah Anda akan menyebarkan via cetak atau online.

Pertama, penyebaran via cetak mengharuskan Anda untuk mempertimbangkan ukuran kertas yang proporsional. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil, ukuran A4 sudah cukup ideal. Pastikan pula bahan kertasnya mumpuni dan tidak gampang lecek.

Sementara itu, penyebaran via online seperti e-mail terkesan lebih mudah tetapi harus dilakukan secara mumpuni. Pastikan kata-kata perkenalan dalam body e-mail jelas, ikuti ketentuan subjek, bedakan pula kata sambutan untuk setiap perusahaan yang berbeda.

Itulah tadi cara membuat surat lamaran kerja beserta tipsnya untuk Anda lakukan. Ikuti langkah-langkah di atas demi mendapatkan hasil terbaik. Format ini juga berlaku bagi Anda para webmaster saat hendak melamar kerja. Selamat mencoba!

1 thought on “Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Disertai Langkahnya Terbaru 2022”

  1. Jadi keinget waktu bikin lamaran kerja part time waktu kuliah. Memorable banget
    Pertama kali mencoba merasakan jadi guru privat, dan tentunya mencoba belajar untuk berhadapan dengan pihak luar
    Dulu nyari referensi juga dari internet, tapi masih biasa aja bikinnya. Malah ditulis tangan kayaknya

    Reply

Leave a Comment