Lifestyle

5 Kuliner Legendaris Jakarta yang Wajib Kamu Coba

Jakarta sebagai pusat ibu kota selama ini dikenal sebagai daerah yang padat dan macet. Namun, di balik itu semua ada banyak sekali hal-hal istimewa yang tersimpan di Jakarta, salah satunya adalah kuliner yang legendaris. Jakarta memang tidak bisa terpisahkan dari peristiwa sejarah di masa lalu dan ditambah dengan penduduknya yang sangat beragam.

Sehingga tidak mengherankan jika kulinernya pun juga sangat kaya dan bahkan sudah beroperasi hingga bertahun-tahun. Bagi kamu pencinta kuliner, akan lebih baik jika langsung pesan tiket pesawat ke Jakarta di sini untuk bisa segera mencicipi beragam kuliner legendaris yang istimewa tersebut.

Kuliner Legendaris Di Jakarta

Ini dia beberapa rekomendasi kuliner legendaris di Jakarta yang bisa kamu kunjungi saat sedang ke Jakarta.

1. Laksa Betawi Asirot

laksa betawi

Jika membicarakan makanan khas Jakarta, maka ada laksa dengan kuah segarnya. Dari sekian banyak penjual laksa di Jakarta, Laksa Betawi Asirot inilah yang legenda. Berdiri sejak tahun 1978 hingga saat ini membuktikan bahwa kualitas dan cita rasanya tidak luntur. Kuah laksa dengan rempah yang kuat ditambah dengan santannya yang gurih membuat kamu dijamin ketagihan.

Di dalam hidangan ini berisi tahu, telur, daging semur, ketupat, daun kucai, tauge, dan taburan bawang goreng dengan harga satu porsi Rp 20.000. Bagi kamu yang penasaran, langsung saja ke Jalan Assirot No. 1 RT.01/RW. 3, Sukabumi Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Selatan.

2. Soto Betawi H. Ma’ruf

soto betawi

Soto memang menjadi kuliner yang merakyat. Namun, Jakarta punya yang khasnya yakni soto Betawi. Salah satu soto Betawi legendaris di Jakarta adalah Soto Betawi H. Ma’ruf yang sudah berdiri sejak tahun 1940. Pastinya soto ini sudah ada sejak zaman penjajahan dan hingga saat ini kualitas rasanya tidak berubah.

Bahkan diketahui bahwa sebelumnya sang pemilik pernah menjajakan sotonya dengan dipikul. Dan sekarang soto ini semakin populer. Isian dari soto ini berupa tulang muda dan tulang rawan yang membuatnya semakin nikmat. Per porsinya dijajakan dengan harga RP 38.000 dan bisa kamu kunjungi di Jalan Pramuka No. 64 RT.8/RW.2 Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

3. Kopi Es Tak Kie

kopi es tak kie

Tidak hanya makanan saja, di Jakarta juga ada tempat ngopi yang legendaris yakni Kedai Es Tak Kie. Es kopi dan teh di tempat ini memang menjadi andalan banyak orang selama bertahun-tahun. Kedai ini pun sudah ada sejak tahun 1927 dan masih tetap eksis sampai sekarang. Saat kamu masuk, maka kamu bisa melihat hiasan interior yang masih tetap terpajang dari tahun ke tahun.

Hal yang menarik dari kedai ini adalah sajian kopinya yang hanya menyajikan dua pilihan saja berupa kopi hitam dan kopi susu. Harganya ditawarkan mulai dari Rp 3.000 yang lokasinya berada di Gang Gloria, Glodok, Jalan Pintu Besar Selatan III No. 4-6 RT.7/RW.6, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

4. Mie Ayam Gondangdia

mie ayam gondangdia

Mie ayam menjadi salah satu kuliner yang memiliki banyak penikmat. Namun, jika kamu ke Jakarta maka wajib mencoba Mie Ayam Gondangdia yang sudah ada sejak tahun 1968. kamu bisa menikmati mie ayam yang lembut dan tipis dengan tambahan bakso dan pangsit rebus serta ada potongan ayam dan jamur yang dihidangkan dengan semangkuk kaldu ayam segar yang disiramkan di atasnya. Dijamin sajian ini akan membuatmu ingin datang lagi.

Per porsinya dijual dengan harga Rp 28.000 dan bisa kamu kunjungi langsung di Jalan RP. Soeroso No. 36 9 5 RT.9/RW.5, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

5. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

nasi goreng kebonsirih

Pencinta nasi goreng wajib merapat di Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang sudah ada sejak tahun 1958 ini. Walaupun sudah puluhan tahun, namun kamu tidak perlu meragukan cita rasanya. Kunci kenikmatan dari kuliner ini terletak pada rempah-rempahnya yang berupa kapulaga, kunyit, lada, serai, dan beragam bumbu lainnya.

Bahkan daging kambingnya pun tidaklah berbau karena menggunakan teknik memasak yang khusus. Setiap porsinya dijual seharga Rp 30.000 dan bisa langsung kamu santap di Jalan Kebon Sirih RT.3/RW.2, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Jadi, jika kamu datang ke Jakarta, jangan sampai melewatkan beberapa kuliner legendaris tersebut. Bisa dipastikan ini akan menjadi kuliner andalan kamu setiap datang ke Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

AdBlock Terdeteksi

Mohon matikan aplikasi/fitur AdBlock di ponsel Anda untuk melanjutkan.