3 Cara Menghilangkan Bau Pada Mobil Secara Alami

- Advertisement -

Jika membahas mengenai bau atau aroma, pastinya yang terlintas dalam benak kita adalah bau sedap atau bau tak sedap. Jika bau sedap atau harum sudah barang tentu kita bakal menyukainya. Namun jika kebalikannya, tentu kita tak akan sudi untuk menghirupnya. Bau tak sedap memang sangat menganggu bahkan tak menutup kemungkinan juga bisa menyebabkan masalah pada pernafasan.

Begitu juga, jika permasalahan bau tak sedap ini terjadi pada mobil kita. Hal ini bisa berdampak bukan hanya pada pemiliknya saja, tetapi juga bisa membuat penumpang lainnya merasa tidak nyaman.

Pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana sih cara menghilangkan bau yang tak sedap di kabin mobil? Agar tidak terlalu lama, berikut cara dan bahan yang akan digunakan.

1. Menggunakan Bubuk Kopi

Pada umumnya bubuk kopi biasa digunakan sebagai bahan untuk menetralisir aroma parfum. Tidak hanya itu saja fungsinya, ternyata bubuk kopi juga dapat menghilangkan bau yang tak sedap. Entah itu di mobil maupun di tempat-tempat yang dianggap tidak enak baunya. Jika mobil kita memiliki aroma yang sangat tak sedap cobalah untuk menaburkan serbuk atau bubuk kopi dibawah karpet mobil, kemudian diamkanlah semalam agar aroma pada kopi dapat menjangkau keseluruhan bagian mobil. Jika dirasa aroma sudah mulai netral, pergunakan alat penyedot debu untuk membersihkan bubuk kopi tersebut.

2. Menggunakan Bubuk Kayu Manis

- Advertisement -

Bubuk kayu manis yang biasanya difungsikan sebagai bahan untuk pembuatan kue, ternyata memiliki fungsi yang lainnya, yakni menghilangkan aroma rokok pada mobil. Beberapa diantara kita mungkin seorang perokok aktif, sehingga ketika mengendarai mobil ada saja beberapa batang rokok yang dihisap sembari menyetir. Meski sudah membuka jendela untuk mengeluarkan abu dan asapnya, bukan berarti mobil tersebut tidak akan bau asap rokok.

Salah satu cara untuk menghilangkan bau rokok yang ada di mobil sangat mudah, yakni dengan menggunakan seperempat gelas bubuk kayu manis yang telah dicampur dengan setengah gelas cuka apel. Kemudian keduanya diaduk hingga merata dan diletakkan pada wadah tertutup yang telah dilubangi pada tutupnya. Maka lama kelamaan bau kayu manis akan mulai mendominasi dan menghilangkan bau rokok tersebut.

3. Menggunakan Daun Pandan

Selama ini daun pandan hanya dikenal sebagai pewarna dan pemberi rasa pada makanan, pemberi aroma dan penyedap makanan. Namun ternyata dibalik itu semua, daun pandan ternyata juga dapat membantu menghilangkan bau pada mobil. Caranya cukup mudah, potong kasar daun pandan kemudian sebarkan pada karpet mobil.

Biarkan selama beberapa waktu. Jika aroma pandan sudah mulai mendominasi, kita tinggal menambahkan pewangi lain ke dalam mobil dan bersihkan potongan daun pandan yang telah disebar sebelumnya.

Demikian beberapa cara tradisional menghilangkan aroma yang tak sedap pada mobil yang dapat anda lakukan agar menambah kenyamanan saat berkendara. Biar makin aman dan nyaman tak ada salahnya untuk daftarin juga mobil anda ke asuransi kendaraan Garda OTO dengan premi terjangkau dan perlindungan lengkap.

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here