doel.web.id – Bagi anda yang mencari contoh bisnis plan makanan unik yang ingin anda rintis atau anda sedang menjalankannya saat ini, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak contoh serta mengapa anda perlu memiliki bisnis plan.
Perlu anda ketahui pentingnya memiliki bisnis plan atau rencana bisnis untuk bisnis yang jalankan termasuk bagi anda yang berbisnis bidang kuliner makanan unik, sebab dengan bisnis plan, anda bisa dengan mudah mengelola bisnis anda menjadi lebih terstruktur dan rapi.
Sekedar informasi, bisnis plan adalah sebuah dokumen tertulis yang memuat rencana dan tujuan bisnis yang sedang anda jalankan atau bahasa sederhananya adalah bisnis plan merupakan sebuah perencanaan usaha. Dengan demikian, fungsi membuat bisnis plan makananan unik adalah dimana anda bisa mengetahui secara jelas tentang bisnis anda sendiri, mulai dari strukturnya, strategi pemasarannya, visi, misi, latar belakang usaha, dan rencana yang akan anda jalankan kedepannya. Selain itu, dengan bisnis plan,anda juga bisa menganalisis faktor-faktor apa saja yang menentukan berhasil tidaknya bisnis anda, serta faktor-faktor yang merugikan dan menghambat bisnis anda.
Adapun beberapa faktor yang menentukan keberhasilan suatu usaha makanan seperti dari jumlah penjualan, jumlah profit, jumlah pelanggan, dan lain sebagainya.
Baca juga Contoh Rencana Bisnis Pakaian, Biar Laris dan Berkembang
Tabel Konten
Manfaat dan Peran Penting Bisnis Plan Makanan Unik
Seperti yang kami sebutkan diatas dimana bisnis plan menjadi hal yang penting bagi anda yang menjalankan bisnis makanan yang akan membantu anda dalam mengelola operasional bisnis. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat bisnis plan makanan unik sebagai berikut.
Bisnis lebih tertata
Manfaat pertama memiliki bisnis plan makanan adalah dimana bisnis plan bisa disebut sebagai blueprint bisnis atau gambaran rencana usaha. Pastinya, saat anda merintis bisnis, anda tentu berharap agar bisnis tersebut bisa berkembang hingga sukses bukan? Dengan bisnis plan, maka anda mmberikan anda peluang besar untuk membuat bisnis makanan Anda jadi lebih jelas dan terarah.
Dengan bisnis plan, anda bisa merencanakan berbagai hal muulai dari rencana persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi usaha, bisnis plan bisa jadi dasar patokan untuk anda gunakan, serta anda pun juga bisa menentukan langkah-langkah dan strategi selanjutnya saat mengevaluasi bisnis di akhir periode.
Sebagai acuan evaluasi
Tahap evaluasi merupakan tahapan penting dalam sebuah bisnis, termasuk bisnis atau usaha makanan unik. Adapun tujuannya adalah untuk membandingkan antara kriteria yang sudah ditentukan dengan hasil yang anda peroleh.
Dalam dunia bisnis, evaluasi berfungsi sebagai standar atau pedoman penilaian, apakah rencana awal bisnis sesuai dengan perkiraan atau tidak, dimana semua hal tersenit bisa anda lihat dari bisnis plan. Selain itu, dengan mengevaluasi bisnis, maka anda juga bisa mengetahui hasil usaha anda serta aspek-aspek yang harus diperbaiki.
Lebih mudah mendapatkan investor
Apabila dalam menjalankan bisnis dan anda membutuhkan tambahan dana untuk pengembangan bisnis anda, maka bisnis plan dapat membantu anda lebih mudah menemukan investor untuk menanam modal mereka pada usaha anda. Hal tersebut dikarenakan bisnis plan merupakan salah satu syarat yang dipertimbangkan investor, dimana mereka dapat melihat dan mempelajari dasar pemikiran, riset, perencanaan, dan berbagai persiapan matang kemudian memutuskan apakah bisnis anda adalah tempat yang tepat untuk menanamkan modal atau tidak.
Cara Membuat Bisnis Plan Makanan
Setelah memahami pentingnya sebuah bisnis plan untuk bisnis makanan anda, maka berikut cara membuat bisnis plan makanan yang bisa anda simak dibawah ini.
Menetapkan tujuan bisnis
Dalam membuat bisnis plan makanan adalah hal pertama yang harus anda pikirkan adalah menetapkan tujuan. Buatlah pertanyaan seperti, apa tujuan bisnis yang anda dirikan itu? Apakah untuk menghasilkan profit besar? Atau untuk menghidupi keluarga dan membayar cicilan? Atau mungkin untuk alasan kemanusiaan?
Adapun nanti tujuan bisnis anda bisa dimasukkan dalam visi misi. Untuk mencapai visi, maka anda harus melakukan misi, dimana keduanya penting agar anda tetap berpegang teguh pada cita-cita bisnis yang ingin anda capai di awal.
Menentukan target pasar
Selanjutnya adalah menentukan target segmentasi pasar yang anda tuju, apabila anda sudah mengetahui produk apa yang akan dijual, maka anda harus tahu target pembelinya. Contohnya saja, apabila anda ingin berjualan makanan korea unik, maka target pasar anda bisa dari kalangan siswi, mahasiswi, atau wanita muda di bawah 30 tahun. Dengan demikian, maka anda bisa membuat contoh bisnis plan makanan lengkap dari detail produk, alat yang dibutuhkan, resep dan bahan, hingga jumlah modal yang diperlukan.
Rencanakan strategi marketing
Selanjutnya apabila anda sudah menentukan tujuan dan segmentasi pasar, maka anda harus merencanakan strategi marketing atau pemasarannya yang merupakan hal penting untuk meningkatkan jumlah penjualan serta untuk membuat para konsumen tahu tentang produk yang anda jual.
Strategi marketing ini harus dilakukan berdasarkan target pasar yang sudah anda tentukan sebelumnya. Apabila anda akan berjualan makanan korea unik maka anda bisa fokuskan pemasarannya pada target pasar anda. Contohnya, apabila target pasar seblak anda adalah anak sekolah, mahasiswi, dan wanita muda di bawah usia 30 tahun, maka anda bisa coba maksimalkan promosi lewat media sosial yang banyak digunakan target pasar anda seperti instagram, facebook, dan lainnya.
Deskripsikan produk
Selanjutnya adalah menuliskan deskripsi produk yang sangat penting untuk menjelaskan karakteristik produk anda kepada pelanggan. Contohnya, jelaskan tentang bahan utama yang anda pakai, varian rasanya, ukuran kemasan, bentuk kemasan, dan sebagainya. Berikan penjelasan juga tentang produk yang akan diluncurkan itu seperti apa dan kemungkinan pengembangannya, contohnnya nanti bakal ada varian rasa baru dan sebagainya.
Anda juga bisa mencantumkan dalam bisnis plan anda, detail produk yang lebih lengkap seperti produk tersebut memang dibuat dari bahan asli tanpa pengawet sehingga hanya tahan beberapa hari saja. Untuk menyiasatinya, Anda bisa gunakan kemasan yang bisa membuat produk lebih awet, seperti bungkus kedap udara misalnya.
Membuat rincian sumber dana
Sebuah bisnis yang baik maka sebaiknya memiliki transparansi tentang sumber dana. Selain berguna untuk mendapatkan investor, rincian dana juga penting dalam perencanaan operasional bisnis. Dari bisnis plan, anda jadi tahu berapa jumlah biaya untuk bahan baku, biaya produksi, dan jumlah penghasilan.
Contohnya, dimana anda bisa tuliskan dari mana saja sumber dana usaha anda yang bisa dari tabungan pribadi, tabungan pendiri lain, atau investor. Anda bisa menghitung total biaya untuk produksi hingga pemasaran. Anda bisa memperkirakan berapa jumlah keuntungan yang harus anda dapat dalam periode tertentu agar bisa balik modal secepatnya. Apabila ada pendiri lain atau pemegang saham lain seperti investor, maka anda menghitung pembagian profitnya.
Contoh Bisnis Plan Makanan
Untuk lebih memahami mengenai bisnis plan makanan, berikut contoh bisnis plan yang bisa anda simak sebagai berikut.
Latar belakang usaha
Warung bakso “Gobak” adalah usaha bakso gerobakan yang dirintis oleh H. Budi Solihin. Sudah berdiri sejak tahun 1965, warung bakso ini berhasil mencuri perhatian masyarakat karena pelanggan bebas mengambil sendiri mi dan sayurnya. Bakso “Gobak” pun banyak dicari oleh masyarakat. Warungnya selalu ramai dan terkadang sudah habis duluan sebelum jam tutup tiba. Berkat kepopulerannya itu, Pak H. Budi Solihin sampai berhasil naik haji dengan keuntungan yang diperoleh dari warung baksonya.
Saat ini, Pak H. Budi Solihin yang sudah berusia lanjut, memutuskan pensiun berjualan dan mewariskan usahanya ke anak bungsunya yang bernama Mas Hendra.
Mas Hendra yang lahir pada tahun 1999, baru saja lulus sarjana. Ia mengambil alih warung bakso “Gobak” yang sempat terdampak pandemi. Dengan ilmu bisnis yang ia dapatkan dari bangku kuliah, Mas Hendra berusaha untuk membuat warung bakso tersebut lebih besar lagi dengan membuka cabang.
Namun, sebelum itu, ia ingin mengangkat lagi nama warung bakso “Gobak” agar dikenal seluruh lapisan masyarakat, karena pelanggan tetap warung itu kebanyakan adalah orang-orang yang seusia dengan ayahnya.
Deskripsi produk
Bakso “Gobak” era H. Budi Solihin punya 3 menu utama, yaitu bakso halus, bakso kasar, dan bakso campur. Setelah dipegang Mas Hendra menunya jadi lebih bervariasi lagi. Ada bakso halus, bakso kasar, tetelan, bakso jamur, bakso jagung, bakso mercon, bakso puyuh, bakso keju, tahu, sumsum, dan gorengan. Mi dan sayur tetap bebas diambil sepuasnya oleh pelanggan. Harga semangkuk bakso akan dihitung dari jumlah pentol dan gorengan yang diambil pelanggan.
Harga (per biji):
Bakso halus kecil 1000
Bakso halus besar 2500
Bakso kasar 2500
Bakso jamur 2000
Bakso jagung 2000
Bakso mercon 2000
Bakso puyuh 2000
Bakso keju 2000
Tahu goreng/kukus 1000
Gorengan 1000
Tetelan 2000
Sumsum 3000
Semua varian minuman 5000
Mi dan sayur gratis
Rencana usaha
Tahap persiapan:
Agar lebih dikenal banyak orang, Mas Hendra berencana untuk mengenalkan warung bakso “Gobak” melalui media sosial. Ia juga mendekorasi ulang warung tersebut agar lebih kekinian, tapi tidak meninggalkan kesan klasiknya karena ingin branding warung itu sebagai tempat makan klasik sejak tahun 60-an yang cita rasanya masih tetap sama. Mas Hendra juga mengolah bakso sesuai dengan resep dari ayahnya agar rasanya tidak berubah.
Target pasar:
Anak sekolah, mahasiswa, orang dewasa, dan pelanggan lama.
Tahap marketing:
Untuk menjangkau masyarakat luas, Mas Yudi membuat akun Instagram dan TikTok khusus untuk jualan. Ia juga mulai membangun branding lewat media sosial dengan konten-konten menarik. Agar posting-annya ramai, Mas Hendra bekerja sama dengan food vlogger dan influencer lokal.
Selain itu, Mas Hendra juga mendaftarkan warungnya di aplikasi GoJek. Ia sadar bahwa aplikasi ini sangat bermanfaat untuk bantu kembangkan bisnis baksonya karena bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
Sumber dana:
- Tabungan pribadi 1.000.000
- Tabungan dari dagangan sebelumnya 750.000
Anggaran dana:
- Belanja 500.000
- Dekorasi 200.000
- Honor influencer 200.000
- Gaji karyawan 600.000
Metode pembayaran
Agar usaha tampak lebih kekinian dan go-digital, Mas Hendra sangat terbuka dengan berbagai metode pembayaran cashless. Ia juga memahami bahwa generasi saat ini lebih suka cashless karena praktis dan mudah. Mereka bahkan cenderung enggan menyimpan banyak uang di dalam dompet.
Maka dari itu, Mas Hendra menyiapkan berbagai macam metode pembayaran, mulai dari tunai, ATM, dan QRIS. QRIS ini sangat efisien karena bisa menerima berbagai pembayaran dari banyak e-wallet, seperti Gopay, Dana, LinkAja, dan sebagainya. Pelanggan yang punya mobile banking juga bisa bayar lewat QRIS saja. Sekali scan, pelanggan tinggal masukkan nominal dan otomatis dana sudah masuk ke kantong Mas Yudi. Mas Hendra hanya perlu mencetak selembar barcode QRIS untuk dipajang di kasir. Pelanggan yang mau pakai QRIS, tinggal scan satu barcode itu saja untuk semua rekening dan e-wallet.
Demikian informasi mengenai contoh bisnis plan makanan unik yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.
Contoh Bisnis Plan Makanan Unik