doel.web.id – Komunikasi merupakan hal yang lakukan oleh setiap makhluk hidup untuk dapat saling memahami, sehingga peran penting sebuah komunikasi tidak bisa dibantahkan lagi. Berkomunikasi sosial dalam kehidupan sehari-hari tentu hal yang sering dilakukan seperti saat berbincang dengan orang lain sampai dengan memperoleh informasi dari berbagai media. Tapi bagaimana fungsi media komunikasi dalam kegiatan bisnis?

Sekedar informasi, media adalah merupakan sarana atau wadah untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada pendengar atau pembaca. Adapun media komunikasi yang sering digunakan manusia adalah panca indra seperti mata dan telinga akan menangkap pesan untuk kemudian diproses sebelum digunakan sebagai dasar tindakan. Sementara komunikasi adalah suatu cara agar pesan dapat sampai dari pengirim pesan ke penerimanya dimana komunikasi setidaknya terdiri dari satu pengirim pesan, pesan atau informasi itu sendiri, dan penerima pesan.

Dengan menyimak penjelasan diatas, maka bisa disimpulkan bahwa pengertian dari media komunikasi adalah merupakan sarana, perantara, atau alat untuk menyampaikan pesan dari pihak pembawa pesan ke penerimanya. Walauapun sekilah terlihat sederhana tapi media komunikasi memberikan banyak manfaat seperti membuat komunikasi yang efektif dan akurat karena pesan tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti emosi, budaya, situasi, media atau platform yang digunakan, serta lokasi, maka dari itulah pentingnya sebuah media komunikasi.

Jadi apabila media komunikasi dihubungkan untuk memberikan fungsi pada kegiatan bisnis dimana media komunikasi akan menjad merupakan sarana, perantara, atau alat untuk menyampaikan pesan dari pihak pembawa pesan bisnis ke masyarakat pada umumnya, dan calon kostumer secara khususnya.

Baca juga Begini Format Bisnis Plan Yang Baik dan Benar

Jenis-Jenis Media Komunikasi

Fungsi Media Komunikasi Dalam Kegiatan Bisnis

Berdasarkan Saluran

Berdasarkan salurannya, jenis media komunikasi terbagi dua menjadi yakni komunikasi verbal dan komunikasi non verbal,

Komunikasi verbal

Sesuai dengan namanya, komunikasi verbal adalah penyampaian pesan menggunakan suara atau pesan yang diucapkan.

  • Komunikasi oral, merupakan pesan disampaikan dari pembawa pesan kepada penerima menggunakan kata-kata yang diucapkan secara lisan.
  • Komunikasi tertulis, merupakan penyampaian pesan berupa bentuk tulisan yang pengirim sampaikan kepada penerima pesan.

Komunikasi non-verbal

Komunikasi non-verbal adalah bentuk penyampaian pesan tanpa harus menggunakan suara ataupun bentuk pesan tertulis yang bisa berupa beberapa bentuk komunikasi seperti bahasa tubuh, ekspresi wajah, gerakan tubuh, sentuhan, penampilan, sikap, dan lain sebagainya.

Berdasarkan cara penyebaran

Sedangkan jenis media komunikasi berdasarkan cara penyebarannya terbagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

  • Media suara (audio)
  • Media visual
  • Media audiovisual
  • Media cetak

Fungsi media Komunikasi Dalam Kegiatan Bisnis

Fungsi Media Komunikasi Dalam Kegiatan Bisnis

Setelah memahami pengertian dan jenis media komunikasi, maka berikut manfaat dan fungsi media komunikasi untuk kegiatan bisnis. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Memberi Informasi (informing)

Fungsi media Komunikasi bisnis yang pertama adalah dimana media komunikasi memiliki fungsi to informing atau memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain. Sebut saja contohnya ketika seorang pimpinan perusahaan membutuhkan beberapa karyawan baru yang akan ditempatkan di bagian administrasi di berbagai kantor cabang yang ada, maka perusahaan akan membuka iklan lowongan kerja yang disebarkan melalui media surat kabar, majalah, radio, dan internet agar informasi bisa sampai ke pihak-pihak yang tertarik dengan lowongan kerja tersebut.

Melakukan Kolaborasi (collaborating)

Komunikasi bisnis juga memiliki fungsi melakukan kolaborasi atau kerja sama bisnis antara seseorang dengan orang yang lain. Kolaborasi dilakukan melalui jalinan komunikasi bisnis kemudian dapat memudahkan melakukan kerja sama bisnis, antara perusahaan domestik maupun asing.

Saat ini, pastinya kerja sama antar perusahaan di berbagai mudah ditemukan mengingat meningkat pesatnya kemajuan teknologi komunikasi di dewasa ini, dimana bisns dapat menggunakan berbagai media telekomunikasi yang ada untuk memaksimalkan kerja sama dan komunikasi bisnis di dalam dunia berbisnis.

Melakukan Persuasi (persuading)

Fungsi selanjutnya dari media komunikasi bisnis adalah dimana dapat menjadi “alat” persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami oleh audiens dengan baik dan benar, terutama yang berkaitan dengan negosiasi antara seseorang dengan orang lain yang terlibat di dalam bisnis tersebut.

Melakukan Integrasi dengan Audiens

Dan fungsi media komunikasi dalam kegiatan bisnis yang terakhir adalah dimana media komunikasi bisnis dapat membuat bisnis menyatukan diri bersama audiens.

Umumnya, kalimat yang dipakai adalah ‘kita’ untuk menggantikan kata ‘saya dan Anda’. Dalam hal ini, integrasi bertujuan dan memiliki potensi membuat audiens lebih tertarik dan akan menempatkan dirinya pada usaha dan kerja sama bisnis tersebut.

Demikian informasi mengenai fungsi media komunikasi dalam kegiatan bisnis, semoga berguna dan bermanfaat dalam menambah wawasan serta literasi bisnis anda.

Shares: