8 Pilihan Aplikasi untuk Menghitung RAB Bangunan

doel.web.id – Bagi anda yang berencana membagun bangunan, maka sebaiknya anda memiliki RAB sebagai patokan dalam membangun. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi pilihan aplikasi untuk menghitung RAB bangunan.

Sebagai informasi, Rencana Anggaran Biaya atau disingkat RAB adalah dokumen yang memuat perkiraan biaya secara detail untuk pembangunan atau proyek konstruksi. RAB sendiri berfungsi untuk menguraikan biaya yang diperlukan untuk berbagai aspek pembangunan, mulai dari bahan bangunan, tenaga kerja, peralatan, dan biaya lainnya yang terkait dengan proyek tersebut.

Dokumen ini merupakan dasar untuk mengatur dan mengontrol pengeluaran selama proses konstruksi, serta menjadi acuan dalam perencanaan keuangan dan pengadaan sumber daya. Dalam prakteknya, RAB sering digunakan sebagai alat untuk mengestimasi dan memantau biaya proyek agar tetap sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Dalam era teknologi seperti yang kita ketahui seperti saat ini, telah hadir berbagai aplikasi untuk memudahkan profesional konstruksi dalam menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk proyek bangunan.

Tidak hanya satu atau dua, terdapat beragam pilihan aplikasi rumah atau desain untuk menghitung RAB bangunan yang  semakin beragam dan menawarkan berbagai fitur dan kemudahan bagi pengguna. Dari aplikasi berbasis desktop hingga yang dapat diakses melalui perangkat mobile, kemampuan untuk melakukan estimasi biaya, membuat daftar material, dan menghasilkan laporan secara cepat dan akurat menjadi fokus utama para pengguna dalam memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Ada terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari aplikasi penghitung RAB. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Keuntungan Menggunakan Software RAB untuk Proyek Konstruksi

Berikut kemudahan lainnya yang bisa Anda rasakan dengan software RAB yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Manajemen anggaran yang lebih baik, karena anda bisa melacak pengeluaran dan membandingkan anggaran dengan biaya aktual secara real-time. Sehingga, anda bisa mengambil tindakan korektif lebih cepat bila perlu.
  • Mengelola proyek dengan lebih tertata, karena ada fitur seperti perencanaan jadwal, pembayaran, hingga pelacakan perkembangan proyek.
  • Penggunaan sumber daya yang lebih optimal, karena dengan data yang terstruktur, anda bisa menghindari pemborosan dan mengurangi biaya yang tidak perlu.
  • Pembelajaran untuk proyek selanjutnya, karena data yang disimpan dari setiap proyek bisa anda evaluasi kekurangan dan keberhasilannya.

Dan berikut kami bagikan rekomendasi pilihan aplikasi untuk menghitung RAB bangunan yang bisa anda simak sebagai berikut.

Pilihan Aplikasi untuk Menghitung RAB Bangunan

Daksasoft Konstruksi

Anda dapat menyusun RAB untuk berbagai jenis proyek dengan Daksasoft Konstruksi. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang ditawarkan, diantaranya sebagai berikut.

  • Pembuatan Time Schedule, dimana anda dapat membuat penjadwalan untuk setiap transaksi
  • Penyusunan S Curve atau laporan kemajuan proyek dan kurva S, yang menggambarkan bagaimana proyek mengalami perkembangan secara berangsur-angsur dari awal hingga akhir.

Daksasoft Konstruksi menyediakan dua versi aplikasi, yaitu versi Demo dan versi Komersial. Anda dapat mencoba setiap fitur yang disediakan melalui versi Demo. Lalu, setelah anda merasa bahwa aplikasi ini cocok dengan kebutuhan, anda dapat membeli versi yang lebih lengkap pada versi Komersial.

Hitung Material Rumah
Hitung Material Rumah
Developer: MAXSUM. Studio
Price: Free

Mekari Jurnal

Software akuntansi online ini dapat diaplikasikan ke berbagai kebutuhan bisnis, salah satunya adalah bisnis konstruksi. Mekari Jurnal dilengkapi dengan fitur biaya dan anggaran, di mana Anda dapat menyusun RAB online dengan lebih cepat dan akurat.

Dalam satu dasbor interaktif, anda dapat melihat transaksi yang dilakukan setiap harinya. Ini memudahkan pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang tertera dengan jelas. Secara keseluruhan, Mekari Jurnal dapat membuat proses bisnis konstruksi anda semakin praktis dan efisien.

Mekari Expense

Mekari Expense adalah aplikasi manajemen pengeluaran yang dapat membantu bisnis untuk mengelola pengeluaran melalui fitur reimbursement, cash advance, dan virtual credit card. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan Mekari Expense dalam proyek bangunan:

  • Reimbursement. Biaya pembangunan yang ditanggung karyawan bisa dengan cepat di-reimburse oleh perusahaan, karena setiap pengeluaran dicatatkan dengan akurat.
  • Virtual credit card. Pembayaran transaksi penting bisa menggunakan kartu ini, dan setiap pengeluaran bisa dimonitor melalui aplikasi mobile.
  • Terintegrasi dengan aplikasi Mekari Talenta dan Mekari Jurnal, sehingga perusahaan bisa dengan mudah mengelola karyawan dan finansial terkait proyek bangunan.

Tidak perlu khawatir pengeluaran akan membengkak, karena Anda bisa mengatur batas pengeluaran dan menyetujui setiap penggunaan biaya anggaran. Setiap biaya dan anggaran yang dikeluarkan dapat dimonitor dan dikelola secara akurat, dengan proses yang lebih cepat dan jelas.

Estimator.id

Selain software di atas, estimator.id juga merupakan salah satu software RAB kontraktor yang bisa diakses secara online. Jadi, anda bisa membuat RAB dimana saja dan kapan saja. Tersedia dalam 4 jenis paket, mulai dari paket gratis dan berbayar. Berikut adalah fitur yang tersedia.

  • Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP)
  • Database Harga Material dan Upah
  • Duplikasi Proyek
  • Kalkulasi Volume Otomatis
  • Impor dan Ekspor Template Volume

Untuk mulai menggunakan aplikasi dalam versi gratis, cukup daftarkan e-mail anda melalui website estimator.id. Tentu saja, ada beberapa fitur yang hanya dapat digunakan dengan versi berbayar.

Software RAB xPro

Berbasis excel, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup lengkap. Sehingga, perhitungan kebutuhan di proyek konstruksi akan semakin mudah. Selain itu, Software RAB xPro juga sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian PUPR serta SNI. Fitur analisa harga satuan pekerjaan pun juga sesuai dengan standar analisa konstruksi.

Pemula tidak perlu khawatir untuk memakai aplikasi ini, karena telah dirancang agar nyaman dan mudah digunakan. Anda dapat berlangganan layanan ini dengan harga yang telah ditentukan, karena aplikasi ini tidak gratis.

Fastest Pro

Ketika anda akan membangun kantor, rumah, jalan raya, dan jenis bangunan lainnya, Fastest Pro bisa menjadi pilihan aplikasi untuk menghitung RAB. Bahkan, selain RAB, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengelola RAP (Rencana Anggaran Pelaksanaan) serta laporan lain yang krusial dalam manajemen proyek. Salah satunya adalah laporan kebutuhan bahan per AHS (Analisa Harga Satuan).

MAKSIPro

Pilihan software RAB kontraktor lainnya yang layak dipertimbangkan adalah MAKSIPro. Fitur yang ditawarkan cukup mumpuni untuk mengelola data anggaran bangunan anda, diantaranya sebagai berikut.

  • Database sumber daya proyek yang dilengkapi dengan fitur pencarian yang efisien
  • Analisa harga satuan yang bisa digandakan
  • Visualisasi grafis
  • Mengatur diskon atau markup pada RAB
  • MAKSIPro juga menyediakan lebih dari 30 jenis laporan lainnya yang dapat disusun dan disesuaikan.

B2W Estimate

Lebih sering digunakan oleh konstruksi berat, B2W Estimate menjamin penggunanya tidak akan membuang banyak waktu untuk entri data dan menghitung manual. Software ini menyediakan berbagai template seperti template gaji pekerja atau bahan bangunan, sehingga anggaran dapat diperbarui sesuai dengan informasi yang sudah ada sebelumnya.

  • Data yang tersinkronisasi dalam satu database membuat semua pekerjaan terasa lebih cepat dan akurat.
  • Calculator RAB Rumah dan Renovasi Sipil Konstruksi
  • Pembuatan aplikasi ini berdasar pada Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk konstruksi dan bangunan sipil, sehingga perhitungannya lebih terjamin aman dan efektif. Fitur-fitur unggulan RAB Rumah & Konstruksi ini adalah sebagai berikut.
  • Mengestimasi bahan dan menghitung volume bangunan
  • Menghitung biaya bahan berdasarkan lokasi rumah Anda.
  • Kalkulator anggaran untuk mengkonversi unit dan mata uang.
  • Dapat menyimpan rencana anggaran Anda ke kartu SD di HP.
  • Aplikasi ini diakses melalui HP, jadi penggunaannya praktis dan efisien.

Demikian informasi mengenai pilihan aplikasi untuk menghitung RAB yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.