6 Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis di Android dan Mudah Digunakan

doel.web.id – Bagi anda yang mencari aplikasi pencatat keuangan gratis di android, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan rekomendasi aplikasi pencatat keuangan gratis di android dan mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Di era digital saat ini, mengelola keuangan pribadi semakin mudah berkat berbagai aplikasi pencatat keuangan yang tersedia untuk perangkat Android. Anda bisa memilih mulai dari aplikasi yang sederhana hingga yang canggih dimana anda dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi anda.

Aplikasi pencatat keuangan gratis yang mudah digunakan menjadi solusi populer bagi banyak orang yang ingin mengelola keuangan secara efisien tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Dengan antarmuka yang intuitif dan fitur-fitur yang lengkap, aplikasi-aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak pengeluaran, membuat anggaran, dan memantau keuangan dengan lebih baik.

Selain itu, dengan kemudahan akses langsung melalui HP, pengguna dapat mencatat setiap transaksi secara real-time, memungkinkan untuk selalu berada dalam kendali penuh atas keuangan di mana pun anda berada. Tidak hanya, bahkan beberapa aplikasi bahkan menawarkan fitur-fitur tambahan seperti pengingat tagihan, analisis pengeluaran, dan integrasi dengan layanan keuangan lainnya, membuatnya menjadi alat yang sangat berguna dalam perencanaan keuangan pribadi.

Sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan rekomendasi aplikasi pencatat keuangan gratis di android dan mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan yang bisa anda simak sebagai berikut.

Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis di Android

Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis di Android

Money Manager

Haushaltsbuch : Money Manager
Haushaltsbuch : Money Manager

Aplikasi pencatat keuangan rancangan Realbyte Inc ini cukup populer dan diklaim sebagai aplikasi finansial nomor satu untuk perangkat Android. Money Manager Expense & Budget telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store. Anda juga bisa mengunduhnya secara gratis di App Store.

Berbagai fitur yang ada dalam aplikasi Money Manager ini memungkinkan anda mengecek dan mengontrol data finansial harian, mingguan, hingga bulanan dengan mudah. Anda bisa mencatat keseluruhan transaksi keuangan, membuat laporan pengeluaran dan perencanaan keuangan, hingga mengelola keseluruhan aset pribadi anda.

Selain itu, anda juga bisa mengelola gaji bulanan, asuransi, deposit, hingga cicilan secara efisien dari satu aplikasi dengan memanfaatkan fitur transfer otomatis. Namun, terkadang proses sinkronisasi awal antara Money Manager dan bank masih bermasalah karena sistem dan regulasi yang ada.

Untuk melihat data secara visual, aplikasi ini menyajikan grafik keuangan, sehingga anda dapat melihat perbandingan antara pengeluaran dan anggaran bulanan. Adanya fitur sandi atau PIN membuat aplikasi ini semakin nyaman digunakan, sehingga tidak sembarang orang dapat mengakses pencatatan keuangan anda.

Sayangnya, aplikasi Money Manager Expense & Budget untuk versi gratis tidak bebas iklan. Beberapa fitur juga terbatas pada negara-negara tertentu saja.

Money+

Mencatat pengeluaran bulanan kini juga bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi Money+, baik secara offline maupun online. Aplikasi ini mendukung kategorisasi transaksi, sehingga anda dapat memisahkan setiap biaya dalam akun dan pos berbeda.

Anda tidak perlu repot atau bingung saat mencatat transaksi dengan nilai tukar berbeda, karena aplikasi Money+ juga menunjang pengelolaan dan konversi ke banyak mata uang internasional dengan adanya “Multi-currency Support”

Anda juga bisa mendapatkan data analisis pemasukan dan pengeluaran dalam rentang waktu tertentu. Dengan slogan “Cute Expense Tracker”, Money+ menyajikan tampilan aplikasi yang menarik dan dilengkapi berbagai ikon yang berwarna-warni. Kamu juga bisa mengganti tema warna di aplikasi ini.

Namun, beberapa fitur hanya berfungsi jika anda membeli versi premium, seperti fitur pencadangan dan buku keuangan tambahan. Walau begitu, anda tetap bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Play Store maupun App Store, dan menggunakan fitur-fitur dasar aplikasi yang tidak kalah efektif untuk mengelola keuangan bulanan.

Monefy

Aplikasi pencatat keuangan selanjutnya yang bisa anda coba adalah Monefy. Melacak keuangan harian akan menjadi lebih mudah dan cepat dengan banyaknya widget yang tersedia, seperti “food”, “car”, “transport”, “eating out”, “communications”, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, anda tidak perlu repot menambahkan keterangan saat mencatat setiap transaksi. Kamu hanya perlu menambahkan jumlah biayanya saja. Selain melacak keuangan, Monefy juga akan memudahkan anda dalam mengelola anggaran bulanan.

Anda bisa melihat data perbandingan antara pengeluaran pribadi dengan pendapatan bulanan, sehingga kamu akan terdorong untuk lebih berhemat. Aplikasi Monefy juga memungkinkan sinkronisasi data dari beberapa perangkat, mengontrol pembayaran berulang, pencadangan data keuangan, membuat lebih dari satu akun, hingga penggunaan PIN.

Spendee

Kemudahan untuk mengatur keuangan juga bisa anda rasakan di aplikasi Spendee dimana anda bisa mengunduhnya gratis di Play Store dan App Store.

Optimalkan rencana anggaran bulanan dengan melacak seluruh pengeluaran tiap harinya. Aplikasi pencatat keuangan ini dapat terintegrasi dengan berbagai dompet digital hingga akun perbankan, sehingga akan lebih memudahkan anda melihat daftar transaksi setiap bulannya.

Selain menyajikan data-data keuangan dalam grafik yang mudah dipahami, Spendee juga menawarkan analisis ataupun informasi mendalam yang akan membantu anda mencapai kondisi finansial yang sehat.

Fitur “Shared Finances” memungkinkan anda mengelola keuangan dengan orang sekitar anda dengan efektif. Anda tidak perlu bingung bagaimana mencatat pengeluaran saat berlibur ke luar negeri. Anda bisa memanfaatkan fitur “Multiple Currencies” untuk mencatat transaksi dalam berbagai jenis mata uang.

Tampilan aplikasi Spendee cukup intuitif, mudah dipahami, dan ramah di mata dengan adanya fitur “Dark Mode”. Namun, ukuran aplikasi yang tergolong besar, membuat aplikasi ini sering mengalami crash atau lagi.

Sribuu

Apabila anda sedang berusaha untuk berhemat dan ingin mencapai kebebasan finansial, maka anda bisa mencoba menggunakan aplikasi Sribuu dimana aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur yang dirancang untuk mengontrol transaksi keuangan agar mencapai kondisi keuangan yang stabil.

Aplikasi ini dapat memudahkan anda melacak keuangan dari bank, dompet digital, hingga platform e-commerce. Tersedia pula rekomendasi para ahli dari hasil laporan keuangan, seperti saran untuk menabung emas digital, mengurangi aktivitas belanja, dan rekomendasi lainnya.

Aplikasi pencatat keuangan ini tentunya aman digunakan karena sudah terdaftar di KOMINFO dan BAPPEBTI dimana anda bisa mengunduh Sribuu di Play Store ataupun App Store.

Wallet

Rekomendasi terakhir pada daftar ini adalah aplikasi bernama Wallet, yang dirancang untuk membantu anda menabung, melacak keuangan, hingga merencanakan masa depan dalam satu aplikasi. Anda tidak perlu repot lagi mencatat keuangan di buku atau di komputer, cukup di HP yang bisa anda bawa kemana saja dan kapan saja. Aplikasi pencatat keuangan ini juga dapat membantu anda melacak transaksi hingga mengelola utang.

Jika anda tidak sempat memasukkan daftar transaksi satu per satu atau manual, anda bisa mengimpor file keseluruhan ke dalam aplikasi. Tersedia pula fitur sinkronisasi dengan bank yang lengkap dengan kategorisasi transaksi, sehingga memudahkan kamu mengevaluasi pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan.

Selain itu, anda pun bisa membuat perencanaan keuangan dengan orang terdekat untuk tujuan tertentu, seperti menikah atau berlibur bersama. Penyajian grafik yang mudah dipahami memberikan anda gambaran tentang kondisi keuangan anda dalam segala jenis transaksi.

Anda juga bisa mendapatkan beberapa saran terkait masalah finansial yang mungkin anda hadapi, di mana anda bisa melakukan pengeluaran lebih, kapan anda perlu menyimpan tabungan dengan jumlah yang lebih banyak, ataupun rekomendasi lainnya.

Demikian informasi mengenai rekomendasi aplikasi pencatat keuangan gratis di android dan mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan. Semoga berguna dan bermanfaat.