6 Hambatan Bisnis Internasional Yang Kerap Terjadi

doel.web.id – Bisnis internasional adalah kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh penduduk di suatu negara dengan negara lain. Walaupun bisnis ini pada dasarnya cukup berpotensi untuk meraih keuntungan besar, tetapi terdapat beberapa hambatan bisnis internasional yang membuat banyak pebisnis mengurungkankan niatnya.

Namun sebelum kita membahas mengenai hambatan bisnis internasional, pastinya akan lebih apabila anda mengetahui secara jelas pengertian bisnis internasional terlebih dahulu, dimana secara pengertian, perdagangan internasional merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan oleh dua negara, atau dalam ekonomi dikenal dengan istilah international trade. Adapun tansaksi bisnis ini melibatkan banyak pihak, mulai individu, pemerintah, dan perusahaan dimana bentuk perdagangan internasional pada umumnya berupa ekspor dan impor.

Manfaat kegiatan bisnis atau perdagangan internasional sendiri memberikan banyak manfaat baik untuk pelaku bisnis itu sendiri, maupun bisa menjadi salah satu alat untuk mengembangkan perekonomian sebuah negara dimana setiap negara mempunyai ketergantungan komoditas tertentu yang didapatkan dari negara lain.

Bagi para pebisnis internasional yang terlebih dahulu terjun dalam bisnis antar negara ini pastinya memahami bahwa perdagangan internasional tidak selalu berjalan mulus sesuai rencana, dimana terdapat beberapa faktor yang menjadi hambatan perdagangan internasional. Apa saja faktor yang menjadi penghambat tersebut? simak sebagai berikut.

Baca juga Begini Strategi Bisnis e-Commerce Ampuh yang Harus Anda Ketahui

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

Hambatan Bisnis Internasional

Kebijakan ekonomi dan politik internasional

Hal pertama yang paling umum menjadi penghambat bisnis internasional adalah faktor Kebijakan ekonomi dan politik internasional sebuah negara, dimana secara umum pastinya setiap negara akan melindungi komoditas produknya agar tidak didominasi oleh produk luar atau negara lain, sehingga tidak jarang negara memberlakukan kebijakan pembatasan impor atau memberlakukan tarif impor.

Hal ini tentu akan secara tidak langsung akan menghambat para pengusaha yang berbisnis barang impor untuk memasukkan barang untuk dijual di dalam negeri. Namun disisi lain, hal ini akan menguntungkan menguntungkan pelaku usaha kecil di dalam negeri karena harga barang lebih murah dari barang impor (politic dumping).

Ada konflik besar di suatu negara

Konflik besar yang terjadi pada suatu negara tentunya akan membuat segala kegiatan ekonomi akan terganggu dimana risiko keamanan yang tidak terjamin berpengaruh terhadap proses transaksi jual beli. Dalam hal ini, konflik merujuk pada situasi politik dalam negeri seperti kerusuhan etnis, kudeta, peperangan, demo rusuh dan anarkis yang semakin meluas dan sebagainya.

Birokrasi yang Rumit dan Panjang

Pastinya setiap kegiatan ekspor dan impor harus melalui birokrasi pemerintahan agar bisa dikatakan sebagai perdagangan dan bisnis yang legal. Namun kerap kali, hambatan ditemukan pada proses birokrasi, dimana semakin rumit sistem birokrasi, maka semakin lama waktu yang diperlukan untuk melakukan kegiatan ekspor dan impor. Dan sebagai imbasnya, kepercayaan penjual dan pembeli akan menurun sehingga menghambat aktivitas perdagangan.

Perbedaan nilai mata uang

Hambatan Bisnis Internasional

Seperti yang kita ketahui, setiap negara memiliki mata uang berbeda dengan nilai yang juga berbeda. Dalam bisnis internasional, banyak negara pengekspor hanya ingin produknya dibayar menggunakan mata uang negaranya. Seperti contohnya, Indonesia mengekspor produk kelapa dan turunannya ke Belanda, dimana Indonesia hanya ingin produknya dibayar dalam rupiah.

Organisasi ekonomi pada regional tertentu

Selanjutnya adalah hambatan perdagangan internasional yang biasa terjadi disebabkan karena perdagangan yang dibuat terbatas hanya khusus bagi negara anggota anggota sebuah organisasi.Dengan begitu, negara luar yang memiliki kualitas produk bagus tidak bisa menjual produknya ke negara anggota tersebut, dan begitu pula sebaliknya.

Rendahnya kualitas SDM

Dan hambatan bisnis internasional yang kerap terjadi adalah dimana pada kondisi suatu negara kaya akan hasil alam namun negara tersebut tidak memiliki SDM yang memadai untuk mengolahnya, maka produk yang dihasilkan juga akan bernilai rendah. Hal itu tentu akan berdampak pada nilai jual hingga sulit bersaing dengan produk serupa yang diproduksi negara lain.

Demikian informasi mengenai beberapa hambatan bisnis internasional yang semoga berguna dan bermanfaat bagi anda untuk menambah literasi bisnis anda maupun bagi anda yang berniat untuk terjun dalam perdagangan internasional. Semoga berguna dan bermanfaat.

Post navigation