Begini Strategi Bisnis e-Commerce Ampuh yang Harus Anda Ketahui

doel.web.id – Anda ingin mengetahui strategi bisnis e commerce yang ampuh dan mudah untuk dilakukan bagi siapa saja. Maka anda tepat berada di artikel ini, dimana anda bisa menyimak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini hampir seluruh kegiatan yang dulu hanya bisa dilakukan secara tatap muka kini dipermudah dan bisa dilakukan secara online berkat kemajuan teknologi, seperti mulai bersosial dan berkomunikasi, rapat dan belajar online hingga melakukan transaksi pembelian secara online.

Dalam urusan transaksi online, tentunya kita semua mengetahui perkembangan bisnis ecommerce yang semakin menjamur dan populer dilakukan banyak pebisnis, mulai dari individu-individu, bisnis rumahan, hingga bisnis perusahaan besar. Hal tersebut tidak terlepas dengan kemudahan dan manfaat yang bisa diberikan bisnis ecommerce yang dilakukan secara online, seperti bisa menjangkau konsumen yang lebih luas dan besar, kemudahan dalam mengelola bisnis, dan lainnya sehingga saking mudahnya, bisnis ini pun bisa dilakukan 1 -2 orang saja.

Namun sebagai pebisnis, penting untuk mengetahui trend dan pola yang bisa mendapatkan sebuah pencapaian bisnis, dimana jenis strategi akan mempengaruhi dan tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Maka dari itu, untuk semakin kuat dalam berkompetisi ditengah maraknya bisnis ecommerce dan bisa bersaing dan bertahan “melawan” perusahaan raksasa dengan modal besar, maka penting untuk mengetahui strategi ecommerce yang tepat sebagai dasar pengembangan ecommerce yang anda lakukan.

Baca juga Pengertian E Bisnis, Serta Jenis dan Tujuannya

Bagi anda yang ingin mengetahui strategi bisnis ecommerce yang tepat dan bisa menjadi referensi anda dalam menjalankan bisnis ecommerce, simak beberapa strategi sebagai berikut.

Strategi Bisnis e-Commerce

Strategi Bisnis e-Commerce

Highlight Product Menggunakan Konten

Strategi ecommerce yang pertama dalam menjalankan sebuah bisnis e-Commerce adalah memikirkan konten bisnis anda, dimana konten dapat memberikan sebuah resonansi dengan pelanggan sehingga dapat mendorong pelanggan berinteraksi, membeli, dan dapat mempertahankan hubungannya. Selain itu, melalui konten anda juga dapat memberikan pengetahuan produk mana yang memiliki daya tarik di kalangan pelanggan.

Anda juga dapat menambahkan informasi dan detail bisnis anda pada setiap konten anda untuk membuat branding bisnis anda semakin populer dan mudah diingat. Namun pastikan agar konten anda memili informasi yang relevan, fokus dengan bisnis anda, serta mengikuti segmen pasar bisnis yang ingin anda masuki.

Identifikasi Unique Point Selling Bisnis

Strategi Bisnis e-Commerce

Penting untuk mengetahui produk yang dibangun menjadi aspek penting bagi bisnis, dimana anda bisa memilih produk yang berbeda dengan kompetitor, atau memikirkan keunikan apa saja yang bisa menjadi daya tarik bisnis anda. Maka dari itu, anda bisa memulai untuk pertimbangkan dan identifikasi lebih lanjut produk atau item yang anda miliki dengan menggunakan landasan pertanyaan “mengapa orang harus membeli produk saya?”.

Apabila anda sudah menemukan jawabannya, maka anda bisa menyaring jawaban tersebut untuk membuat satu kalimat yang lebih sederhana dan menonjol yang mana kalimat sederhana tersebut akan sangat berdampak besar dan menjadi sebuah value pelanggan.

Humanize Data: Personalisasi

Pelanggan tentu menyukai ketika mereka merasa istimewa dan diperhatikan, maka tidak heran banyak bisnis e-commerce yang menambahkan sentuhan pribadi seperti menyapa pelanggan secara langsung dan mengingatkan produk item belanjaan mereka menggunakan nama pelanggan secara langsung.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan dimana data pelanggan tersebut menjadi salah satu manfaat besar terutama bagi pelanggan setia, karena dengan adanya kumpulan Big Data dari pelanggan akan memberikan pengalaman belanja hingga meningkatkan loyalitas konsumen.

Optimalkan User Experience

Dan strategi terakhir yang bisa anda terapkan adalah membuat sebuah website yang memberikan kesan pengalaman baik pelanggan. Hal ini berarti anda harus menyediakan “wadah” atau tempat informasi bisnis anda yang mudah dimengerti dengan navigasi yang simple, produk yang tersusun rapi, mudah diakses, memilih gambar dan video dengan resolusi baik dan lainnya.

Dengan memiliki website bisnis dimana pelanggan menjadi betah berlama-lama, tentu akan meningkat peluang konversi bisnis anda, meningkatkan brand awareness bisnis, serta pelanggan akan mudah mengingat dan kembali lagi nantinya pada website anda untuk mencari informasi lainnya.

Aspek penting yang harus dipertimbangkan lainnya yaitu metode pembayaran. Berikan beberapa pilihan metode pembayaran dapat memungkinkan untuk melayani berbagai macam pelanggan. Semakin banyak opsi akan semakin mudah pelanggan membeli produk tersebut. Hal ini juga bisa meningkatkan konversi serta tingkat pengabaian di keranjang mereka.

Demikian informasi mengenai strategi bisnis e commerce yang efektif dan ampuh untuk anda lakukan sebagai dasar apa saja yang harus anda lakukan dalam bisnis ini yang memiliki banyak kompetitor karena kemudahan yang diberikannya. Sehingga tidak jarang terjadi “perang” harga dan promosi untuk menarik perhatian para konsumen.