Begini Pengertian Bank Devisa dan Jenisnya

doel.web.id – Anda sedang mencari pengertian bank devisa dan jenisnya? Maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu bank devisa? dan apa bedanya dengan bank lain? pertanyaan ini banyak hinggap di benak masyarakat yang ingin mengetahui tentang bank serta memperdalam wawasan ilmu tentang perbankan.

Pastinya berbicara tentang bank, pastinya anda sudah tidak asing lagi bukan? dimana bank adalah sebuah lembaga keuangan untuk membantu mempermudah transaksi keuangan seperti menabung, transfer, deposito, hingga kredit atau pembiayaan.

Tapi perlu anda ketahui, berbicara soal bank maka terdapat dua jenis bank yang harus anda ketahui yakni bank devisa dan non devisa. Adapun bank devisa adalah bank yang menjalankan urusan perbankan dalam valuta asing, semntara bank non devisa adalah bank yang melayani transaksi yang umum digunakan sehari-hari.

Baca juga Begini Cara Menerima Transfer dari Luar Negeri Menggunakan BNI

Baca Juga:  Pengertian Kewirausahaan Bisnis Beserta Manfaat dan Ide Bisnis

Seperti yang kita ketahui bersama dimana setiap negara memiliki mata uangnya masing-masing sebagai wujud kedauluatan dan kemandirian sebuah negara. Maka dengan bank devisa atau biasa juga populer disebut foreign exchange bank, seluruh masyarakat di belahan dunia mana pun akan tetap dapat melakukan transaksi ke negara tujuannya, mulai dari jual beli valuta asing, pembayaran ekspor impor, serta jasa valuta asing lainnya. Lalu bagaimana pengertian bank devisa sebenarnya?

Pengertian Bank Devisa

bank devisa

Bank devisa terdiri dari dua suku kata, yaitu bank dan devisa. Pertama, perlu anda ketahui pengertian bank adalah badan usaha penghimpun dana dari masyarakat, di mana bentuknya berupa simpanan, dan kemudian akan disalurkan kembali dengan tujuan meningkatkan taraf hidup orang banyak. sementara devisa merupakan segala bentuk barang yang dapat digunakan sebagai alat tukar atau pembayaran luar negeri, dan berlaku pada sistem perdagangan dunia internasional.

Baca Juga:  Tujuan Bisnis Secara Umum Yang Perlu Anda Ketahui

Jadi bisa disimpulkan pengertian bank devisa adalah lembaga keuangan yang telah ditunjuk atau disetujui oleh Bank Indonesia atau BI sebagai bank sentral guna menjalankan aktivitas perbankan yang berurusan dengan valuta asing (valas).

Dalam bahasa sederhana, bank devisa adalah sebuah instansi yang menawarkan produk atau jasa berkaitan dengan mata uang dari negara asing. Layanan di dalamnya antara lain mulai dari transaksi ke luar negeri, jual beli valuta asing (walas), serta kegiatan ekspor impor dan lain sebagainya.

Fungsi Bank Devisa

Lalu apa saja fungsi dari bank devisa? Pastinya bank devisa dibuat untuk sebuah tujuan dan fungsi untuk memudahkan masyarakat. Apa saj fungsinya? anda bisa menyimaknya sebagai berikut.

  • Menerima dana tabungan valuta asing.
  • Melayani pembayaran dan pembukaan Letter of Credit atau perjanjian bank-bank untuk menyelesaikan transaksi komersial internasional.
  • Melayani lalu lintas pembayaran baik di dalam maupun luar negeri.
  • Mengirimkan dan juga menerima transfer dana atau inkaso valuta asing.
  • Melakukan transaksi jual beli valas atau juga dikenal dengan valuta asing.
  • Memberikan jasa keuangan lainnya.
Baca Juga:  Pengertian E Bisnis, Serta Jenis dan Tujuannya

Perbedaan Bank Devisa dan Non Devisa

Setelah memahami pengertian dan fungsi dari bank devisa, berikut perbedaan bank devisa dan non devisa yang bisa anda simak sebagai berikut.

Bank devisa adalah lembaga keuangan yang dapat melakukan transaksi ke luar negeri serta kegiatan lain yang berhubungan dengan mata uang asing. Contohnya yaitu OCBC NISP, BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, dan lain sebagainya.

Sedangkan bank non devisa adalah lembaga keuangan yang dapat melakukan kegiatan transaksi ke luar negeri, namun wilayah jangkauannya terbatas pada negara tertentu saja. Contoh dari instansi perbankan jenis ini adalah OCBC NISP, Yudha Bhakti, Harda Internasional, dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai pengertian bank devisa dan jenisnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment