Solusi Mengatasi Iconnet Gangguan Hari Ini Serta Penyebabnya

Apakah anda pengguna wifi dari iConnet dan terus mengalami gangguan hari ini? Anda tidak perlu bingung sebab kali ini kami akan membagikan cara mengatasi Iconnect gangguan terus hari ini dan penyebabnya.

Iconnect merupakan produk layanan broadband internet PT. Indonesia Comnets Plus yang menggunakan basis jaringan serat optik disebut iConnet. Pada awalnya, jaringan ini bernama Stroomnet yang kemudian mengubah namanya. Karena statusnya yang merupakan anak perusahaan dari PLN, maka para pelanggan bisa mendaftar iconnect menggunakan aplikasi PLN mobile.

Layanan Iconnect saat ini pun sangat cukup menarik minat banyak masyarakat karena tarif langganan iConnet dikenal sangat murah apabila dibandingkan dengan penyedia internet lainnya dimana paket data Iconnet dimulai dari Rp185.000 dan kecepatan disesuaikan dengan jenis paket yang digunakan. Tentunya tarif ini bisa dikatakan cuku murah apabila di bandingkan banyak penyedia internet lainnya yang memasang tarif di antara 200 dan 300 ribu.

JIka anda telah berlangganan paket bulanan iConnet dan mengalami masalah internet hari ini, maka anda tidak perlu khawatir atau panik karena masalah ini sering terjadi oleh pengguna provider apapun, termasuk iConnect. Ketahui apa saja penyebab iConnect ini gangguan.

Penyebab Iconnet Gangguan

Sedang dalam Perawatan Server

Perlu anda ketahui bahwa Internet yang dipasok ke rumah-rumah pelanggan berasal dari server Iconnet. Agar kondisinya tetap baik dan bisa melayani koneksi internet kepada pelanggan, maka server harus dirawat secara rutin. Oleh sebab itu pihak perusahaan provider melakukan perawatan atau maintenance pada server.

Maintenance pada server tersebut dilakukan secara berkala sesuai dengan jadwal dan pada saat maintenance sedang berlangsung maka akan sangat mungkin koneksi akan terganggu dan menyebabkan jaringan wifi tidak lancar.

Masalah pada server kadang juga bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti cuaca dan sebagainya. Saat terjadi masalah pada server, maka otomatis juga harus dilakukan perbaikan yang dapat menganggu kelancaran koneksi internet Iconnet.

Koneksi yang Lemot

Koneksi internet yang lemot atau lambat menjadi masalah klasik yang terjadi pada provider, termasuk Iconnet. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa Iconnet gangguan dan membuat kesal pelanggan.

Saat koneksi lemot, kecepatannya bisa berkurang hingga 60% sehingga sangat dirasakan oleh penggunanya. Sebut saja contohnya dimana pada kondisi normal kecepatannya mencapai 100 Mbps maka akibat koneksi yang lemot tinggal 50 Mbps saja.

Masalah kabel Optik Terlepas

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Iconnet menggunakan serat optik untuk menyediakan layanan internet kepada para pelanggannya. Dan hal ini bisa juga menjadi penyebab Iconnet gangguan karena lepasnya kabel optik.

Masalah lepasnya kabel optik yang terdapat pada modem Iconnet jelas akan membuat internet tidak tersambung. Selain terlepas, hal lain yang bisa menyebabkan gangguan koneksi internet Iconnet yaitu pemasangan kabel optik yang tidak tepat pada tempatnya.

Jadi sebaiknya anda memeriksa lagi kabel optik yang ada dibagian belakang modem Iconnet ketika terjadi gangguan pada jaringan internet anda dimana mungkin saja kabel optik terlepas atau terpasang tapi bukan pada tempat yang seharusnya.

Modem Rusak

Apabila anda telah memeriksa dan mendapatkan tidak terdapat kabel optik yang lepas, maka kemungkinan lainnya yaitu terjadinya kerusakan pada modem Iconnet. Penyebab modem Iconnet rusak misalnya karena usianya yang sudah cukup tua atau terjatuh saat memindahkan routernya.

Kerusakan pada modem tentu saja akan berpengaruh pada koneksi internet karena fungsinya memang sebagai sumber wifi. Internet yang ada di modem inilah yang kemudian akan disalurkan pada perangkat yang tersambung.

Apabila modem dipastikan telah rusak, maka otomatis sumber tidak bisa menyediakan jaringan internet untuk disambungkan kepada perangkat. Untuk mengatasinya, anda pun tidak memiliki pilihan lainnya, anda harus mengganti modem yang rusak dengan modem yang baru.

Wifi Sedang Terisolir

Faktor penyebab Iconnet gangguan selanjutnya yaitu Wifi sedang dalam kondisi terisolir. Alasan penyebab Wifi Iconnet terisolir salah satunya karena anda sebagai pelanggan tidak melakukan pembayaran tepat waktu sehingga jaringan diblokir.

Dan untuk mengembalikan Wifi Icoonet kembali normal dan tidak terisolir, maka penting anda pastikan selalu membayar tagihan internet tepat waktu. Ketika Wifi sedang terisolir, pelanggan memang masih bisa menyambungkannya dengan perangkat, tapi tidak akan ada sambungan internet.

Cara Mengatasi Masalah Iconnet Gangguan

Penyebab iConnect gangguan bisa terjadi karena banyak faktor yang bisa disebabkan oleh internal maupun eksternal. Berikut kami bagikan cara mengatasi iConnect gangguan hari ini.

Membayar Tagihan Tepat Waktu

Masalah umum Iconnect bermasalah adalah salah satu karena kondisi wifi yang terisolir atau terblokir. Dan Wifi Iconnet yang terisolir bisa disebabkan oleh keterlambatan pembayaran biaya langganan internet oleh pengguna.

Solusinya sudah jelas dimana anda sebagai pelanggan harus rutin melakukan pembayaran biaya langganan internet tepat waktu sesuai dengan jadwal. Sebaiknya anda hindari keterlambatan pembayaran supaya wifi tidak diisolir atau diblokir.

Cara membayar tagihan Iconnet juga beragam metodenya, contohnya melalui ATM, e-wallet seperti Gopay, OVO dan lainnya. Tidak ada alasan terlambat dengan begitu banyaknya pilihan pembayaran yang telah disediakan.

Restart atau Modem

Apabila anda mengalami masalah Iconnet yang gangguan, maka anda bisa mencoba lakukan reset atau restart pada modem anda. Cara ini efektif digunakan ketika terjadi gangguan yang disebabkan oleh sistem. Pertama, lakukan restart dulu pada modem lalu coba hubungkan dengan perangkat.

Akan tetapi jika restart ternyata tidak bisa menyelesaikan masalah, reset modem dengan menekan tombol power yang terdapat pada router. Setelah itu hubungkan kembali dengan perangkat anda seperti HP atau laptop.

Membuat Laporan Gangguan

Jika anda terus mendapati koneksi yang tidak normal terus menerus, maka sebaiknya anda membuat laporan gangguan internet Iconnet kepada provider. Anda bisa menghubungi nomor call center yang disediakan dan nantinya anda akan langsung tersambung dengan customer service.

Anda bisa membuat laporan gangguan melalui customer service tersebut dan selanjutnya petugas akan melakukan pemeriksaan terhadap masalah yang terjadi. Anda tidak perlu panik atau menjadi emosi ketika terjadi masalah Iconnet gangguan.

Akan lebih baik apabila anda berusaha mencari tahu dulu apa yang menjadi penyebabnya dan lakukan solusi seperti yang sudah dijelaskan. Apabila memang tidak bisa diatasi sendiri, maka segeralah membuat laporan gangguan pada perusahaan penyedia layanan internet Iconnet.

Sekian informasi tentang solusi mengatasi Iconnect gangguan hari ini serta penyebabnya yang harus anda ketahui agar anda tidak lagi penasaran dan bertanya-tanya apabila anda mengalami gangguan sinyal internet yang lemot. Semoga berguna dan bermanfaat.