Begini Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di HP Untuk semua Operator

doel.web.id – Apakah anda menemukan masalah kode MMI yang tidak valid apabila anda memasukkan kode operator yang anda inginkan? maka anda tidak perlu bingung sebab kali ini kami akan membagikan cara mengatasi kode MMI tidak valid di HP untuk semua operator.

Jika anda menemukan masalah kode MMI tidak valid di HP anda, maka mungkin penyebabnya kode yang anda masukkan salah dan tidak sesuai dengan pengaturan operator yang anda gunakan. Jenis kode yang dapat dimasukkan ke dalam menu dial up dikenal sebagai “kode MMI”, yang biasanya terdiri dari karakter “*” dan “#”, antara lain.

Untuk operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, Smartfren, XL, dan Three, ini biasanya digunakan untuk mengecek pulsa, bonus telepon, cek kuota, dan fitur lainnya, Jadi walaupun istilah “kode MMI” mungkin masih asing bagi beberapa orang, tetapi pada dasarnya pengguna HP sering menggunakan kode ini.

Tapi bagi anda yang merasa telah memasukkan kode MMI yang tepat tetapi terus mendapatkan peringatan kode MMI tidak valid, maka anda tidak perlu kuatir sebab kali ini kami akan membagikan cara mengatasi kode MMI tidak valid di HP untuk semua operator sebagai berikut

Cara mengatasi Masalah Sambungan atau kode MMI Tidak Valid

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di HP

Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan lakukan untuk mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid di HP.

On/Off kan mode pesawat

Hal pertama untuk anda lakukan adalah dengan menghidupkan mode pesawat kemudian mematikannya kembali sehingga jaringan bisa merefreshnya. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama silahkan hidupkan mode pesawat
  • Kemudian tunggu beberapa menit
  • Setelah itu matikan lagi mode pesawat
  • Tunggu hingga sinya muncul
  • Coba cek pulsa dan lainya

Restart HP

Dengan merestart HP juga memiliki fungsi untuk merefresh sinyal atau jaringan seluler sehingga masalah akan teratasi. Cara restart HP pun sangat mudah dimana anda cukup menekan tombol power pada HP android kemudan akan muncul opsi restart atau reboot kemudian pilih, maka otomatis hp akan merestartnya sendiri.

Hapus Data dan Cache

Hapus Data dan Cache

Data dan cache yang menumpuk bisa juga menjadi alasan cara mengatasi MMI tidak valid. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Silahkan masuk di pengaturan HP anda.
  • Aplikasi system/aplikasi
  • Cari pengelolaan panggilan telepon atau sejenisnya jika tidak ada
  • Pilih kemudian gulir ke bawah cari clear data/cache

Cara ini akan mengembalikan kinerja aplikasi pengelolaan panggilan telepone menjadi seperti defaultnya lagi

Ubah Pengaturan APN

Access Point Name (APN) atau nama titik akses berfungsi untuk menyambungkan perangkat dengan operator penyedia jaringan. Dengan mengubah APN di HP bisa membantu anda untuk mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid. Berikut cara mengubah pengaturan APN di HP Android.

  • Pertama silahkan buka menu pengaturan di ponsel dan tekan ‘Connections’.
  • Klik ‘Mobile Networks’ dan pilih ‘Access Point Names’ lalu tekan titik tiga di ujung kanan atas.
  • Pilih ‘Reset to Default’ atau masukkan APN baru apabila anda mendapatkan data APN operator seluler anda.

Mencari Tempat Dengan Sinyal yang Bagus

Terakhir, langkah yang bisa anda lakukan adalah mencari tempat dengan sinyal yang bagus karena salah satu penyebab masalah kode mmi tidak valid adalah buruknya sinyal jaringan seluler. Apabila sinyal sudah bagus namun masih tetap bermasalah mungkin operator jaringan yang sedang trouble, maka solusinya adalah menunggu hingga beberapa jam bahkan beberapa hari hingga kembali normal.

Sekian informasi mengenai cara mengatasi kode MMI tidak valid di HP untuk semua operator, mulai dari Telkomsel, Indosat, Smartfren, XL, 3 (Tri) dan lain sebagainya. Semoga berguna dan bermanfaat.