Contoh Surat Keterangan Sehat Untuk CPNS Serta Format dan Struktur Surat Yang Baik

doel.web.id – Mendaftar dan melamar jadi CPNS pastinya anda harus mempersiapkan sejumlah dokumen berkas yang telah diatur dalam syarat pendaftaran. Salah satunya adalah surat keterangan sehat. Maka dari itu kali ini kami akan membagikan contoh surat keterangan sehat untuk CPNS beserta format dan struktur yang baik.

Sebagaimana namanya, surat keterangan sehat untuk CPNS adalah surat keterangan dari dokter dengan memiliki fungsi utama untuk menunjukkan bahwa kandidat CPNS dalam keadaan sehat. Untuk menentukan kandidat tersebut sehata atau tidak maka akan dilakukan beberapa pemeriksaan fisik secara medis mulai dari pengecekan tekanan darah, denyut jantung, dan lainnya yang semuanya dilakukan oleh para dokter yang ahli dibidangnya.

Maka dari itu, surat keterangan sehat untuk CPNS tidak bisa sembarangan dan harus bisa dipertanggung jawabkan serta harus benar-benar dilakukan oleh ahlinya dalam hal ini dokter maka dari itu untuk mendapatkan surat ini anda harus dibuat diklinik, puskesmas, atau rumah sakit umum di daerah anda dan hanya dokter yang memiliki kompetensi untuk menilai kondisi kesehatan seseorang melalui pemeriksaan medik dapat mengeluarkannya.

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat

Contoh Surat Keterangan Sehat Untuk CPNS

Bagi anda yang masih bingung cara membuat surat ini, maka berikut cara membuat surat keterangan sehat yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Anda bisa membawa Kartu Tanda pendudukan beserta dengan fotokopi KTP yang anda miliki jika nanti diperlukan. Anda juga bisa menggunakan identitas lainnya seperti SIM atau KTM. Bagi anda yang saat ini berada diluar KTP bisa menggunakan surat domisili
  • Selanjutnya anda mendatangi Puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat dan ambillan nomor antrian yang nantinya diarahkan oleh pertugas untuk ke bagian administrasinya
  • Silahkan anda beritahu kepetugas adminstrasi jika anda hendak membuat surat keterangan sehat untuk memenuhi persyaratan pendaftaran CPNS.
  • Setelah itu anda akan dipanggil ke ruang dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik seperti dites tekanan darah, tes periksa detak jantung, kemudian ditanya golongan darah dan tinggi badan dan tes berat badan untuk ditulis di surat keterangan sehat tersebut dan dokter akan menanyakan apakan anda sedang sakit atau saat ini sakit dan anda bisa memberikan keterangan sejujur-jujurnya
  • Untuk hasil tes keterangan sehat akan keluar pada hari yang sama.

Biaya Pembuatan Surat Keterangan Sehat

Mengenai biaya pengurusan atau pembuatan surat keterangan sehat ini maka perlu anda ketahui biayanya pun tidak mahal dimana anda cukup merogoh kocek antara 20 ribu sampai 100 ribu tergantung tiap daerah dan prosesudr masing-masing pada pihak klinik, puskemas atau rumah sakit umum daerah

Dan sebagai catatan yang perlu anda ketahui adalah dimana surat keterangan sehat ini memiliki masa berlaku dan biasanya hanya berlaku selama satu atau dua minggu saja tergantung dari hasil pemeriksaan dari surat tersebut. Maka dari itu penting untuk menyesuaikan waktu kebutuhan surat dan waktu membuat surat agar masa berlaku tidak habis sia-sia.

Contoh Surat Keterangan Sehat

Contoh Surat Keterangan Sehat Untuk CPNS

Berikut contoh surat keterangan sehat yang bisa anda simak dibawah ini.

Contoh Surat Keterangan Sehat

Sekian informasi mengenai contoh surat keterangan sehat untuk anda gunakan sebagai pelengkap berkas saat mendaftar jadi CPNS, atau untuk kebutuhan lain yang membutuhkan surat ini sebagai pelengkap. Semoga berguna dan bermanfaat.