Cara Memilih dan Membeli Mobil Bekas yang Perlu Diketahui

Blog Bang Doel Ada sekitar 30.000 bagian dalam sebuah mobil. Memastikan semuanya dalam kondisi yang baik merupakan pekerjaan yang sulit. Sehingga wajar saja jika Anda kesulitan dalam memilih dan membeli mobil bekas.

Meski begitu tentu saja hal yang sulit bukan berarti sebuah kemustahilan. Sebab ribuan bagian dari mobil itu bisa diketahui dengan beberapa trik yang hanya perlu dilatih, atau meminta bantuan mereka yang terlatih.

Untuk itu mari kita mengenal deretan cara dalam memilih dan membeli mobil bekas yang mungkin saja perlu Anda ketahui. Jadi Anda bisa mengetahui kalkulasi yang pas untuk harga mobil bekas terbaik, misalnya.

Memahami dan Komitmen dengan Kebutuhan Sendiri

Anda perlu memahami kebutuhan sendiri dengan baik. Artinya mobil apa yang memang Anda perlukan saat ini. Sehingga Anda tidak tergiur oleh sales yang secara bombastis menawarkan mobil yang tidak diperlukan.

Misalnya Anda hanya perlu mobil keluarga yang representatif. Maka mengetahui harga mobil bekas sudah sangat cukup. Anda tak perlu tergiur dengan mobil sport yang harganya bisa dua hingga tiga kali lipat dari yang harga mobil yang dibutuhkan.

Bawa Teman yang Paham Mobil Bekas

Kalaupun Anda adalah seorang yang cukup berpengalaman dalam soal mobil, mengetahui pendapat lain dalam sebuah keputusan juga cukup penting. Apalagi kalau Anda masih awam soal otomotif. Maka membawa seorang teman yang paham adalah sebuah kewajiban.

Bawalah teman untuk memilih mobil bekas yang bakal Anda beli. Tentu Anda bakal mengeluarkan budget tambahan untuk sekadar beli kopi atau menraktirnya makan. Namun percayalah kalau pengeluaran ini bakal sepadan.

Perhatikan Kondisi Permukaan Mobil

Kondisi permukaan mobil bisa dijadikan penilaian awal. Anda bisa melihat kualitas perawatan cat, dasbor, ban, kaca, dan lainnya pada tahap ini. Apabila pemiliknya bagus dalam merawat permukaan ini, seharusnya ia juga bakal bagus dalam merawat mesinnya.

Meski ini bukan menjadi pilihan yang bisa langsung menjadi keputusan untuk membeli, tapi setidaknya melihat kondisi permukaan mobil jadi pertimbangan awal yang cukup menentukan.

Kilometer Kecil atau Besar Kadang Tak Jadi Soal

Jarak tempuh mobil yang selalu terlihat di odometer tak bisa selalu jadi patokan dalam memilih dan membeli mobil bekas. Sebab ada beberapa penjual mobil yang mengakali odometer sehingga kilometernya tampak kecil.

Oleh karenanya janganlah selalu melihat banyaknya bilangan di odometer. Lihat saja apakah odometer itu berfungsi dengan baik atau malah tak bergerak. Soalnya kalau benda ini mati, Anda perlu mengeluarkan budget tambahan yang menguras kantong.

Berikan Pertanyaan Detail pada Penjual

Tentu ada berbagai pertanyaan yang mesti disampaikan untuk menyingkat waktu. Misalnya, apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan? Jika jawabnya “iya”, maka kapan dan kerusakannya apa saja?

Kalau jawabannya belum, Anda bisa mengulik pengetahuan lain dengan mengajukan pertanyaan tentang alasan mengapa ia menjualnya. Jawaban-jawaban yang dilontarkan tentu saja membutuhkan kejujuran. Dan tentu saja ada potensi kalau ia tidak jujur. Oleh karena itu, tetaplah berpegang teguh pada inspeksi Anda sendiri terhadap mobil bekas tersebut.

Anda yang Harus Menentukan Harga

Adakalanya penjual punya kepiawaian dalam menjual mobil. Ia bakal melakukan persuasi yang baik terhadap Anda untuk segera membeli mobilnya.

Jika Anda menemukan penjual semacam ini, maka berhati-hatilah. Sebab seharusnya Anda yang memegang kendali, termasuk dalam menentukan harga mobil bekas tersebut. Anda yang menaksir pertama kali, dan kejar terus sampai terjadi kesepakatan.

Jika segalanya sudah dilakukan, maka hal lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah apakah pembelian ini dilakukan dengan sistem kredit atau tunai. Untuk Anda yang pengin mengambil kredit, silakan baca Tips Kredit Mobil Bekas di blog ini.

Yang perlu diingat dari deretan cara memilih dan membeli mobil bekas diatas, Anda memang tak harus melakukan semuanya. Sebab ada situs jual beli mobil yang memberikan inspeksi gratis untuk mobil bekas yang akan Anda beli.

Demikianlah artikel tentang cara memilih dan membeli mobil bekas yang perlu Anda ketahui. Sampai jumpa di artikel tentang otomotif selanjutnya.

ARTIKEL TERKAIT

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here