5 Game Android Buat Anak Belajar Bahasa Inggris

doel.web.id – Apakah anda ingin membantu anak anda belajar atau latihan bahasa inggris dengan cara menyenangkan? maka anda bisa mengenalkan game android buat anak belajar bahasa inggris yang akan kami bagikan kali ini.

Bukan rahasia lagi dimana di era digital saat ini, pendidikan anak tidak lagi terbatas pada buku-buku teks dan pelajaran di kelas dimana saat ini telah hadir beragam aplikasi edukatif, termasuk game, telah menjadi salah satu alat yang populer untuk membantu anak belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Salah satu aplikasi yang cukup populer dan menonjol adalah game Android yang dirancang khusus untuk membantu anak-anak belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan menarik dimana aplikasi belajar ini “berwujud” dalam bentuk sebuah game yang seru dan menyenangkan untuk anak-anak.

Game-game ini tidak hanya menawarkan pengalaman bermain yang seru bagi anak-anak, tetapi juga mengintegrasikan elemen pembelajaran bahasa Inggris ke dalam permainan. Dengan berbagai fitur seperti flashcards, permainan teka-teki, dan aktivitas interaktif lainnya, anak-anak dapat belajar kosakata, tata bahasa, dan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan cara yang intuitif dan menarik. Dengan demikian, game Android ini tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga alat pembelajaran yang efektif bagi anak-anak yang sedang belajar bahasa Inggris.

Dan tanpa basa-basi lagi, berikut kami bagikan rekomendasi game android buat anak belajar bahasa inggris yang bisa anda simak sebagai berikut.

Game Android Buat Anak Belajar Bahasa Inggris

Scrabble

Scrabble® GO: Wortspiele
Scrabble® GO: Wortspiele
Developer: Scopely
Price: Free

Rekomendasi pertama adalah game bernama Scrabble dimana banyak orang pasti sudah tidak asing dengan permainan ini. Scrabble adalah boardgame menyusun kata. Permainan ini sangat sangat cocok untuk mengembangkan kosakata bahasa Inggris sekaligus menguji kreativitas.

Game ini dapat dimainkan oleh 2-4 orang, masing-masing pemain harus menyusun kata di atas papan dari kepingan-kepingan huruf yang dimiliki. Poin didapat berdasarkan jumlah angka di kepingan huruf yang tersusun dan bisa mendapat bonus jika kata disusun diletakkan di kolom-kolom bonus. Pemenang permainan ini adalah yang berhasil meraih jumlah poin tertinggi.

Taboo Game

Taboo Game adalah permainan untuk melatih kemampuan mendesripsikan kata. Pada permainan ini, seorang pemain akan mendapatkan sebuah kartu yang berisi satu kata utama dan 5 kata lain di bawahnya. Tugas pemain tersebut adalah mendeskripsikan kata utama tanpa menggunakan 5 kata yang ada di bawahnya. Sementara itu, tugas pemain lainnya adalah menebak kata yang dimaksud.

Contohnya adalah terdapat kartu dengan kata utama ‘Yearbook’. Kata ini harus dideskripsikan tanpa menyebutkan kata-kata di bawahnya, yaitu photos, class, sign, memories, school. Dengan begini, para pemain dituntut untuk menjadi lebih kreatif dalam mendeskripsikan sesuatu dalam bahasa Inggris.

Pictionary

Sesuai namanya yang terdiri atas ‘picture’ dan ‘dictionary’, Pictionary adalah permainan tebak kata berdasarkan gambar yang idealnya dimainkan oleh 2 kelompok. Pertama, masing-masing kelompok akan mendapatkan sejumlah kartu yang masing-masing berisi 4 kosakata. Lalu, pemain dapat memilih satu kosakata untuk digambar. Kemudian, tugas selanjutnya bagi pemain yang lain adalah untuk menebak kata berdasarkan gambar yang dibuat.

Kelompok yang menjadi pemenang adalah yang berhasil menebak kata lebih banyak secara benar. Permainan ini dapat menantang anak untuk mengenal dan memahami lebih banyak lagi kosakata bahasa Inggris.

Scattergories

Pada permainan Scattergories, para pemain akan diminta untuk menuliskan kata yang termasuk dalam kategori yang diberikan. Lalu, pada setiap putaran, seorang pemain akan mengocok dadu yang masing-masing sisinya bertuliskan 1 huruf. Tugas para pemain adalah memikirkan kata yang sesuai dengan kategori dan diawali dengan huruf yang ditentukan.

Contoh kategorinya adalah sesuatu yang dingin. Anda dapat menulis kata seperti ice cream atau igloo. Pemain akan mendapatkan poin jika jawabannya berbeda dengan jawaban pemain lainnya. Jadi, tentu saja anda dan anak anda harus berlomba-lomba mencari kata yang anti-mainstream.

Dabble

Dabble adalah permainan menyusun kata dari kepingan huruf yang cukup mirip dengan game Scrabble. Permainan ini cocok untuk dimainkan 2-4 orang, dan masing-masing pemain akan mendapatkan 20 keping huruf. Tugas para pemain adalah menyusun 5 kata bahasa Inggris yang terdiri atas kata 2 huruf, 3 huruf, 4 huruf, 5 huruf, dan 6 huruf dalam waktu 5 menit. Pemain yang paling cepat menyelesaikan misi tersebut akan menjadi pemenang.

Demikian informasi mengenai game android buat anak belajar bahasa inggris yang seru untuk dimainkan anak-anak sambil mereka bisa belajar dan melatih kemampuan bahasa inggrisnya. Semoga berguna dan bermanfaat.