7 Aplikasi Game Android untuk Membantu Anak Belajar

doel.web.id – Bagi anda yang mencari rekomendasi game yang bisa membantu anak belajar dengan cara menyenangkan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan rekomendasi game android yang bisa anda manfaatkan untuk sang buah hati.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana gadget berupa HP merupakan hal yang sangat umum digunakan dalam setiap rutinitas sehari-hari. Bahkan hingga banyak anak-anak yang sangat cenderung bermain game di HP dan bisa menjadi lupa waktu.

Bermain game di HP tentunya bukan hal yang selalu negatif untuk anak-anak dimana yang perlu anda lakukan sebagai orang tua adalah mengatur waktu bermain mereka, dan mengarahkan mereka bermain game yang sesuai dengan umur mereka. Bahkan akan lebih bagus jika game tersebut bisa menjadi wadah untuk belajar dan mengenali sesuatu yang baru. Dengan begitu, mereka pun bisa belajar dengan cara menyenangkan dan tidak mudah bosan.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi game android yang bisa membantu anak belajar dengan cara menyenangkan untuk anda simak sebagai berikut.

Aplikasi Game Android untuk Membantu Anak Belajar

Aplikasi Game Android untuk Membantu Anak Belajar

Lingokids: Kids Learning Games

Rekomendasi aplikasi game android pertama untuk belajar anak adalah game berjudul Lingokids yang akan mengajak anak-anak membaca, menggambar, berpikir, bersantai, dan bermain dengan game interaktif yang menyenangkan. Anak usia 2-8 tahun akan merasa terhibur dengan aktivitas interaktif, video, lagu, dan permainan yang menyesuaikan dengan tingkat kesulitan dan kecepatan mereka belajar.

Si kecil akan belajar membaca dan menulis melalui rangkaian aktivitas yang terstruktur STEM (Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika) melalui aktivitas, video, dan lagu. Aplikasi ini juga tersedia dalam Google Play Store maupun Apps Store.

Khan Academy Kids

Dalam aplikasi ini, terdapat ribuan aktivitas menyenangkan untuk membantu anak-anak belajar matematika, membaca, mengeja, dan masih banyak lagi. Program dalam game ini menciptakan pelajaran untuk anak-anak usia 2-8 tahun.

Khan Academy mengajak anak belajar dengan menyenangkan, menggunakan bahasa inggris untuk mencakup ribuan pelajaran, kegiatan, buku, dan permainan yang sesuai dengan usia untuk prasekolah hingga kelas dua SD. Si kecil juga akan bersenang-senang bergerak, menari, dan bergoyang dengan lagu anak-anak yang disajikan. Aplikasi ini tersedia dalam Google Play Store maupun Apps Store.

Epic: Kids Books & Reading

Belajar dengan buku, ebook, cerita, lengkap dengan video yang bisa dibaca untuk anak sekolah dasar, semua ada di aplikasi ini. Epic menawarkan ruang yang menyenangkan, aman, dan memperkaya buku yang disukai oleh anak-anak.

Tersedia dalam Google Play Store maupun Apps Store, si kecil dapat membaca sendiri dan orang tua dapat melacak aktivitas membaca anak-anak untuk mengirimkan pujian agar mereka tetap termotivasi. Dengan akses instan dan kapan saja ke perpustakaan yang terdiri dari ratusan buku, buku audio, video pembelajaran, dan banyak lagi, ini memicu rasa ingin tahu dan kepercayaan diri membaca. Judul buku terkemuka tersedia disini seperti Curious George, Sesame Street, Diary of a Wimpy Kid, dan masih banyak lagi.

Manor Matters

Aplikasi ini cocok untuk anak, remaja, hingga orang tua karena tingkat kesulitannya lebih menantang. Selain belajar bahasa inggris, game ini juga melatih menemukan benda-benda di tempat yang tak terduga sehingga juga melatih ketelitian. Tersedia dalam Google Play Store maupun Apps Store, temukan benda tersembunyi untuk menjajal keterampilan detektif anda dengan berbagai mode dan item. Semakin seru dengan misi mengumpulkan bintang, yang kemudian bisa digunakan untuk menyusun interior rumah agar jadi lebih cantik dengan berbagai tingkatan level.

RIRI Dongeng dan Kisah

Apabila pilihan di atas sudah ada beberapa games edukasi dan bacaan dengan bahasa inggris, kini aplikasi basis bahasa indonesia untuk si kecil pun juga ada. Buku Cerita Anak + Suara – RIRI Dongeng dan Kisah ini hanya tersedia di Google Play Store.

RIRI berisi banyak sekali dongeng dan cerita inspiratif yang menarik digunakan sebagai referensi menemani buah hati sebelum tidur. Dilengkapi animasi yang menarik, tersedia berbagai cerita terkenal seperti bawang-merah bawang putih, timun mas, kisah kancil serta legenda, cerita rakyat dan kisah-kisah inspiratif lainnya. Semakin menarik dengan animasi interaktif pada setiap karakter yang muncul, audio yang didesain khusus untuk anak-anak, dan pesan moral di setiap akhir cerita atau buku.

Marbel Belajar Budaya Nusantara

Membantu anak-anak belajar mengenal budaya Indonesia akan lebih mudah dengan permainan ini. Aplikasi ini mencakup pakaian adat, rumah adat, senjata daerah, alat musik daerah, tarian daerah serta makanan daerah dengan animasi dan suara yang membuat anak mudah menghafal. Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam suku, budaya serta adat istiadat, hal ini perlu dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Cara belajar yang asyik dan tidak membosankan dari aplikasi yang hanya tersedia di Google Play Store ini bisa lebih memudahkan anak dalam mengenal ragam budaya Indonesia.

Learns Quran with Marbel

Aplikasi ini mengajak anak lebih mudah belajar membaca Al-Qur’an dari hijaiyah hingga tanwin. Marbel Belajar Al-Qur’an adalah aplikasi pendidikan untuk anak usia 3-8 tahun yang tersedia di Google Play Store dan Apps Store. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar huruf Hijaiyah seperti A Ba Ta, membaca hijaiyah dengan harokatnya (fathah, dummah, kasroh), dan juga membaca hijaiyah dengan harokat tanwin (Fathah Tanwin, Dummah Tanwin, Kasroh Tanwin) dengan cara yang menyenangkan.

Aplikasi ini dilengkapi dengan narasi yang bermanfaat bagi yang belum bisa membaca. Setiap materi dilengkapi dengan narasi, sehingga anak-anak dapat belajar hanya dengan mendengarkan suaranya. Setelah belajar, ada permainan menyenangkan untuk mereka yang membuat orang tua dapat mengetahui sejauh mana pemahaman anak tentang qur’an.

Demikian informasi mengenai rekomendasi game yang bisa membantu anak belajar dengan cara menyenangkan. Semoga berguna dan bermanfaat.