8 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik

doel.web.id – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi aplikasi pembuat video animasi terbaik yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan hiburan maupun untuk bisnis.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana di era digital yang semakin maju, video animasi telah menjadi salah satu bentuk konten yang sangat populer umum ditemukan diberbagai platform online, baik itu untuk keperluan bisnis, pendidikan, atau hiburan, video animasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan kreatif.

Di era teknologi seperti saat ini, tidak sulit untuk membuat video animasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dimana anda bisa memanfaatkan aplikasi pembuat video animasi yang saat ini banyak bertebaran dalam bentuk aplikasi di HP maupun PC.

Dengan aplikasi tersebut, maka anda bisa membuat video animasi dengan mudah walaupun tanpa memiliki skill atau kemampuan editing dan membuat animasi dimana aplikasi-aplikasi tersebut telah dilengkapi fitur yang bisa langsung anda manfaatkan untuk membuat video animasi yang anda inginkan.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan rekomendasi aplikasi pembuat video animasi terbaik yang bisa anda simak sebagai berikut.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik

Adobe Animate

Dirt Bike Unchained: MX Rennen
Dirt Bike Unchained: MX Rennen
Developer: Red Bull
Price: Free

Rekomendasi aplikasi pertama adalah aplikasi bernama Adobe Animate yang merupakan salah satu produk Adobe yang digunakan untuk membuat animasi yang dulunya disebut dengan Macromedia Flash. Aplikasi yang dirilis tahun 2020 ini punya berbagai fitur menarik, seperti animate camera, vector brushes, font, audio synchronized, dan format ekspor atau impor yang bisa ke berbagai format.

Menariknya, Adobe Animate sudah bisa digunakan untuk membuat animasi yang di augmented reality. Kemudian pada bagian ekspor, anda bisa memilih berbagai format seperti HTML5 Canvas, Snap SVG, Flash Player, dan WebGL. Aplikasi Adobe Animate cukup bagus untuk digunakan pemula hingga tingkat intermediate.

Doodly

Aplikasi Doodly dikenal sebagai aplikasi untuk membuat animasi dengan gaya whiteboard animation. Artinya, animasi yang anda buat seakan akan dituliskan di atas whiteboard dengan tambahan tangan memegang spidol sedang melukiskan animasi yang akan anda buat. Doodly tidak hanya untuk animasi hitam putih saja dimana anda bisa membuat animasi berwarna dan dengan berbagai gaya kartun serta menambahkan background musik pada animasi yang anda buat.

Wideo

Wideo adalah aplikasi untuk membuat animasi yang cocok bagi pemula. Anda bisa memasukkan berbagai aset seperti gambar atau musik bahkan teks dengan cara drag and drop saja. Setelah itu, anda bisa mengubah warna atau background sesuai dengan yang anda inginkan. Di akhir, anda bisa ekspor video untuk e-card video, presentasi animasi, atau company video.

Blender

Blender adalah sebuah aplikasi pembuat animasi yang cukup komplit. Aplikasi pembuat animasi 3D ini bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih profesional karena fitur yang dimiliki cukup lengkap. Anda bisa mengatur point of view kamera, memberi tekstur pada objek, memberi nama objek, membuat pergerakan atau transisi per keyframe dan mengekspornya ke format video. Anda perlu menginstalasi aplikasi Blender di komputer anda tanpa harus melakukan pembayaran karena Blender adalah aplikasi open-source dan gratis untuk digunakan siapapun.

Autodesk Maya

Autodesk Maya merupakan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk membuat animasi 3D yang banyak digunakan untuk kebutuhan komersial. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Tetapi jika anda ingin mencoba Autodesk Maya, anda bisa mengambil free trial yang disediakan. Beberapa fitur unggulan yang disediakan yaitu, modelling, fast playback, bifrost for Maya, USD (untuk memuat data yang besar secara cepat), dan graph editor.

Animaker

Aplikasi untuk membuat animasi 2D satu ini merupakan software gratis yang memang ditujukan untuk pemula dan juga sudah mendukung 2.5D. Selain itu, Animaker juga sudah memiliki berbagai fitur menarik seperti drag and drop untuk aset, pemilihan berbagai background, dan aset-aset lucu yang disediakan. Tidak hanya untuk membuat video animasi, Animaker memungkinkan anda untuk membuat video GIF hingga live video editing.

OpenToonz

Aplikasi Opentoonz merupakan sebuah software open-source untuk membuat animasi 2D yang bisa digunakan secara gratis untuk kepentingan komersial atau nonkomersial. Menariknya, aplikasi satu ini ternyata digunakan untuk produksi animasi di Studio Ghibli, lho! Penjelasan yang diberikan pada website mereka pun cukup lengkap, jika anda ingin mempelajari tools satu ini, anda bisa membaca dokumentasi yang telah disediakan. Dari segi fitur, ada cukup banyak tools yang bisa anda gunakan seperti mengkombinasikan tekstur dan gambar, memberikan efek-efek pada animasi dari efek yang disediakan, hingga efek transisi atau distortion.

Powtoon

Powtoon adalah aplikasi untuk membuat animasi online yang paling banyak digunakan. Keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah fitur-fitur yang dimilikinya sangat mudah digunakan bahkan jika anda belum pernah membuat animasi sekalipun. Karena aplikasi ini online, anda tidak perlu menginstalasinya terlebih dahulu di komputer. Semua tools yang ada di dalamnya bisa anda akses secara online.

Apabila anda bingung akan membuat animasi yang seperti apa, anda bisa menggunakan berbagai template yang disediakan dan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk menaruh dan memasukkan aset, anda bisa hanya perlu drag and drop dan atur tempat serta waktu kapan aset tersebut akan dimunculkan. Powtoon tersedia dalam dua jenis paket, gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, akan ada watermark pada animasi yang anda buat. Sedangkan untuk aplikasi versi berbayar, anda bisa mengakses fitur pelengkap lainnya.

Demikian informasi mengenai rekomendasi aplikasi pembuat video animasi terbaik yang bisa anda gunakan untuk membuat animasi sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.