Daftar Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Jual beli mobil bekas kerap mengalami pasang surut. Terlebih ketika pandemi menghantam ekonomi, banyak pembeli menarik diri. Mereka yang terlanjur menyiapkan anggaran, bisa melihat-lihat di daftar situs jual beli mobil bekas.

Informasi yang tercantum dalam medium digital sering diakses oleh orang Indonesia sebelum membeli mobil. Banyak survey yang membuktikan hal tersebut. Terutama survey dari Google dan TNS beberapa tahun kemarin.

Untuk itulah tidak mengherankan ketika banyak pihak yang tergiur untuk terjun di platform digital otomotif ini. Banyak pemain besar yang turun untuk berjibaku dalam menyediakan informasi terlengkap dan terutama menghubungkan antara penawaran dan permintaan akan mobil, terutama mobil bekas.

Situs Jual Beli Mobil Bekas

Apa sajakah situs mobil bekas yang bisa Anda pergunakan sebagai bahan pengambil keputusan? Berikut daftar situs jual beli mobil bekas yang saya kumpulkan. Daftar ini saya urutkan berdasarkan abjad.

Carmudi.co.id

Carmudi merupakan platform marketplace otomotif yang bersifat multinasional. Ia berasal dari Berlin, Jerman. Sasaran pasarnya adalah penduduk di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Semua tipe dan merek mobil tersedia di Carmudi. Dengan ragam pilihan yang banyak inilah penetrasi Carmudi di platform digital cukup sporadis. Hal ini disebabkan karena perusahaan induknya, yakni Rocket Internet, yang juga merupakan pemain ritel internet.

Carmudi hadir di Indonesia pada tahun 2014, atau setahun setelah Rocket Internet merilisnya di Berlin. Namun pada pertngahan 2019, Carmudi diakuisisi oleh iCar Asia dengan nilai $3 juta atau setara Rp42 miliar saat itu.

Website: https://www.carmudi.co.id
Smartphone App: ada
Alexa Rank Global / ID: 53.563 / 1.081
DA/PA: 44/48

Cintamobil.com

Cintamobil.com merupakan portal marketplace mobil baru dan bekas yang dibuat oleh PT Indonesia Auto Network yang bermarkas di Cilandak, Jakarta Selatan.

Situs ini diluncurkan sejak 2017, namun pada 2020 mendapatkan pembaruan yang lumayan siginfikan terutama tampilan halaman yang mengutamakan kenyamanan pelanggan.

Baca Juga:  Tri Rilis 4G, Terakhir Asal Stabil

Website: https://cintamobil.com/
Smartphone App: ada
Alexa Rank Global / ID: 117.899 / 2.537
DA/PA: 37/41

Mobil123.com

Dari logonya, sudah terlihat kalau Mobil123.com merupakan produk dari iCar Asia. Jaringan portal khusus jual beli mobil, terutama mobil bekas ini merupakan perusahaan asal Malaysia.

Posisinya memang agak unik, sebab Carmudi yang notabene merupakan kompetitor Mobil123.com juga dimiliki oleh iCar Asia. Namun kalau dilihat dari usia kepemilikan, Mobil123.com merupakan produk asli iCar Asia yang dirilis di Indonesia sejak 2012.

Website: https://www.mobil123.com
Smartphone App: ada
Alexa Rank Global / ID: 49.660 / 1.088
DA/PA: 45/51

Mobilbekas.co.id

Namanya memang Mobil Bekas, namun MobilBekas.co.id merupakan portal yang juga menjual mobil baru.

Portal ini didirikan dengan modal serabutan oleh seorang lulusan akuntansi Eddy Supriadhi pada tahun 2009. Hingga saat ini, rasanya belum ada pembaruan yang menarik dari tampilan situs tersebut. Banyak pekerjaan rumah dari pengembang situs ini agar tetap bertahan di bisnis listing mobil bekas.

Website: https://www.mobilbekas.co.id/
Smartphone App: tidak ada
Alexa Rank Global / ID: 1.575.940 / 27.746
DA/PA: 21/47

Mobilbekas.com

Dari sekian banyak situs mobil bekas, MobilBekas.com terbilang paling sederhana. Situsnya simpel, dengan header nama situs, dan hanya beberapa link menu yang melengkapinya. Itulah kenapa loading situs ini cukup gesit.

Kesederhanaan situs ini pun hadir juga lewat ketiadaan menu \’about\’. Jadi hingga saat ini belum saya temukan siapa pemilik situs tersebut meski listing mobilnya sudah banyak.

Website: https://mobilbekas.com/
Smartphone App: tidak ada
Alexa Rank Global / ID: 482.512 / 9.169
DA/PA: 20/43

Momobil.id

Momobil.id merupakan situs jual-beli mobil baru dan mobil bekas yang mendapatkan sokongan penuh dari Adira Finance. Ya, karena situs ini memang lahir dari rahim perusahaan leasing tersebut.

Baca Juga:  Cara Bikin Rekening di Bank Jago Lewat Aplikasi Jago

Dari segi tampilan dan pemilihan font, situs Momobil.id identik dengan situs Adira. Namun bukan berarti Anda bakal dipaksa untuk mengambil mobil secara kredit di Momobil.id. Selama Anda memiliki uang, maka Anda bebas mengambil kendaraan apapun yang disukai.

Website: https://momobil.id/
Smartphone App: tidak ada
Alexa Rank Global / ID: 380.402 / 6.847
DA/PA: 30/36

Oto.com

Oto.com hadir di Indonesia sejak 2015 lalu. Sebagai anak usaha dari Girnar Software, perusahaan perangkat lunak India, Oto sudah tersebar di 27 negara. Setahun setelahnya, Oto.com dicaplok sebagian kepemilikannya oleh Elang Mahkota Teknologi (Emtek) melalui anak usahanya Kreatif Media Karya.

Oto.com menyajikan listing yang lumayan lengkap untuk bidang otomotif. Selain mobil bekas dan baru, ada juga truk dan motor. Yang menarik tentu saja ada menu yang memajang kendaraan listrik.

Website: https://www.oto.com/
Smartphone App: Ada
Alexa Rank Global / ID: 38.549 / 960
DA/PA: 44/45

Otomart.id

Situs ini merupakan kreasi dari PT Summit Auto Group. Ya, perusahaan ini merupakan salah satu bagian dari Sumitomo Indonesia, sebuah perusahaan yang mewakili Sumitomo Corporation, sebuah perusahaan multinasional dari Jepang.

Tampilan situs Otomart.id khas marketplace, dimana tampilan utama langsung disajikan filter untuk mencari barang yang dimaksud. Jejaringnya kuat, karena situs ini dikoneksikan juga dengan Oto Finance, yakni perusahaan leasing yang berasal dari perusahaan yang sama.

Website: https://www.otomart.id/
Smartphone App: Tidak ada
Alexa Rank Global / ID: 265.262 / 7.807
DA/PA: 26/36

RajaMobil.com

Raja Mobil hadir sejak 2012 silam. Cukup lama dibandingkan situs yang lain. Saat itu tantangan yang dihadapi adalah marketplace yang berkonsep palugada. Sekarang ditambah dengan banyaknya marketplace khusus mobil, terutama mobil bekas.

Fitur yang dimiliki Raja Mobil ini hampir sama dengan situs yang lain. Orang-orang mesti mendaftar untuk membuat listing atau melakukan transaksi. Yang penting dicatat adalah, meski statusnya sebagai portal digital, namun Raja Mobil kerap mengadakan event online.

Baca Juga:  SEVA Mobil Bekas, Marketplace Para Petrolhead

Websitehttps://www.rajamobil.com/
Smartphone App: Ada
Alexa Rank Global / ID: 60.109 / 1.061
DA/PA: 40/50

SEVA Mobil Bekas

Seva merupakan anak usaha dari pemain besar di industri otomotif Indonesia, Astra International. Situs ini hadir pada 2018 silam dengan gebrakan flash sale mobil ratusan juta yang dibanderol Rp50 jutaan saja.

Banyak fitur menarik dari SEVA. Salah satunya adalah Pilihan Expert dan Stock Clearance yang membuat penjualan mobil bekas semakin menarik. Fitur ini hadir pula berkat jaringan luas dari dealer Astra yang tersebar di penjuru Indonesia.

Seva Mobil Bekas membuat bisnis jual beli mobil bekas juga semakin menarik. Sebab situs ini membuka kemitraan bagi dealer mobil di Indonesia untuk ikut serta memasarkan mobil bekas kepada calon konsumen.

Website: https://www.seva.id
Smartphone App: tidak ada
Alexa Rank Global / ID: 185.246 / 3.131
DA/PA: 31/39

Situs Jual Beli Mobil Bekas yang Terbaik

Dari daftar yang ada, agaknya gampang untuk mengambil yang terburuk dari pengalaman kunjungan situs. Namun untuk mencari yang terbaik, rasanya agak sulit.

Apalagi kalau berbicara terbaik, takarannya beragam. Saya lebih memilih tampilan situs, kemudahan membuat listing, diversifikasi merek dan tipe kendaraan, dan yang terakhir adalah kemudahan mendapat pembiayaan.

Masalahnya tentu tak semua sepakat dengan indikator tersebut. Sebab banyak orang yang sudah memiliki uang tunai tanpa perlu keberadaan pembiayaan.

Kalau indikator teknis situs seperti Alexa Rank dan Domain Authority diatas, bisa jadi mengindikasikan jumlah kunjungan, tapi bisa juga tidak. Namun paling tidak antara Seva Mobil Bekas dengan Mobilbekas.co.id tentu saya lebih memilih Seva.

Leave a Comment