Cara Klaim Kasus Asuransi Kendaraan Mobil All Risk yang Benar

doel.web.id – Bagi anda yang memiliki asuransi kendaraan mobil berjenis all risk, maka melakukan klaim pada kasus yang terjadi pada mobil anda sebenarnya tidak sulit dimana anda cukup melampirkan seluruh dokumen yang menjadi syarat klaim asuransi.

Klaim asuransi all risk mobil bisa anda lakukan dengan mudah dimana anda bisa mendapatkan penggantian atas kerusakan mobil ataupun kehilangan. Namun penting untuk anda ketahui bahwa terdapat dua jenis pertanggungan dalam asuransi mobil terbaik, yaitu all risk dan total loss only (TLO) dimana kedua jenis ini memiliki pertanggung jawaban yang berbeda. Maka anda harus bisa membedakan asuransi yang anda miliki agar anda bisa mengajukan klaim asuransi dan tidak ditolak.

Baca juga Begini Manfaat Asuransi Kendaraan Beserta Jenis-Jenis Polisnya

Asuransi kendaraan mobil All risk

Cara Klaim Kasus Asuransi Kendaraan Mobil All Risk

Asuransi kendaraan berjenis all risk merupakan jenis asuransi kendaraan yang banyak diminati masyarakat dimana sesuai dengan namanya, asuransi all risk ini akan menanggung semua risiko, mulai dari kerusakan kecil, besar, hingga kehilangan sehingga menjadi pilihan favorit asuransi kendaraan, terutama bagi yang memiliki kendaraan bernilai tinggi atau mahal.

Baca Juga:  Definisi Bank Syariah Beserta Pengertiannya

Cara Klaim Kendaraan Mobil All Risk dan Kasusnya

Cara melakukan klaim asuransi kendaraan all risk pun sangat mudah dimana anda cukup mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Dokumentasikan kerusakan atau kerugian

Hal yang pertama untuk anda lakukan untuk mengajukan klaim asuransi mobil all risk adalah mendokumentasikan kerusakan atau kerugian yang terjadi pada kendaraan anda. Contohnya apabila mobil anda mengalami contoh kasus tabrakan dan mengalami kerusakan yang cukup parah, maka anda bisa mendokumentasikannya berupa foto atau video dan segera membuat laporan ke pihak asuransi dengan melampirkan bukti kerusakan atau kerugian.

Jangan lupa untuk melampirkan dokumen pendukung lainnya, seperti fotokopi SIM, STNK, buku polis, dan surat keterangan dari kepolisian apabila diperlukan.

Baca Juga:  4 Manfaat Menggunakan Aplikasi Payroll bagi Perusahaan

Hubungi agen asuransi

Bagi anda yang berada diluar kota atau berhalangan untuk datang ke kantor asuransi, anda bisa melakukan klaim dengan cara menghubungi agen asuransi dan menjelaskan kronologi kerusakan atau kerugian yang dialami. Apabila klaim disetujui, agen asuransi akan merekomendasikan bengkel rekanan yang berada di kota tersebut.

Mengisi formulir klaim

Usai mendapatkan rekomendasi bengkel untuk pengajuan klaim, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengisi formulir yang tersedia. Pastikan anda mengisi formulir dengan lengkap dan melampirkan seluruh dokumen yang menjadi persyaratan klaim asuransi mobil.

Konfirmasi ke pihak asuransi

Apabila semua syarat sudah anda penuhi, maka pihak bengkel akan melakukan konfirmasi kepada perusahaan asuransi. Apabila klaim anda diterima, maka pihak bengkel akan langsung melakukan proses perbaikan ke kendaraan anda,

Baca Juga:  Tips Memilih Partner untuk Jasa Cetak Kaos Satuan

Syarat Klaim Asuransi Mobil All Risk

Seperti yang kami sebutkan diatas, dimana terdapat sejumlah syarat klaim asuransi mobil all risk dimana anda agar klaim asuransi pergantian anda mulus dan berjalan lancar, maka anda harus memenuhi semua syarat yang diperlukan. Secara umum, berikut persyaratan dokumen yang wajib anda persiapkan sebagai syarat klaim asuransi mobil sebagai berikut.

  • Polis asuransi dalam bentuk asli dan fotokopi.
  • Fotokopi SIM dan STNK.
  • Bukti laporan kepolisian jika mobil mengalami kerusakan berat karena kecelakaan ataupun kehilangan.
  • Formulir klaim yang sudah diisi dengan lengkap dan ditandatangani.
  • Sampaikan kronologi kejadian secara tertulis dan tepat
  • Sertakan foto-foto kerusakan seperti, lecet, penyok dan lain-lain.

Demikian informasi mengenai cara klaim asuransi kendaraan mobil berjenis all risk, beserta persyaratan yang harus anda penuhi.

Leave a Comment