Blog merupakan platform yang menguntungkan bagi sebagian orang. Sebab blog bisa menghasilkan uang yang terbilang tidak sedikit. Pada artikel ini saya ingin berbagi salah satu cara menghasilkan uang dari blog.

Ya salah satu cara. Sebab menghasilkan uang dari blog terdiri dari bermacam-macam cara. Nah, cara yang ingin saya jelaskan ini mungkin merupakan sebuah alternatif ketika banyak cara yang ditempuh oleh banyak blogger sudah dilakukan.

Beberapa cara yang sudah biasa ditempuh adalah mengikuti program iklan PPC seperti Adsense dan sejenisnya, menjual backlink, memasang content placement, memasang link afiliasi, dan seterusnya. Banyak dari blogger yang berhasil mendulang rupiah dengan salah satu atau beberapa cara itu.

Beberapa Kelebihan

Saya mengikuti beberapa metode menghasilkan uang dari blog. Salah satunya adalah Adsense. Alhamdulillah, setiap tanggal 21 atau tanggal 22 setiap bulannya, Google selalu melakukan transfer ke rekening yang saya daftarkan. Rutin. Dan menyenangkan.

Ada satu hal yang tampak adil dari Adsense ini, yakni semakin blog saya baik, maka semakin baik pula penghasilan yang saya dapatkan. Selain jumlah klik yang meningkat, jumlah nilai dari setiap kliknya atau BPK juga meningkat. Ini membuat saya semakin bersemangat dalam meningkatkan kualitas blog.

Lain Adsense, lain pula content placement dan penjualan backlink. Proses transfer uang biasanya lebih cepat. Dalam beberapa hari sudah bisa dinikmati. Kadang-kadang pula artikelnya sudah disediakan, sehingga saya tak perlu repot-repot menulis.

Satu lagi yang saya ikuti adalah afiliasi. Meski jumlah konversinya sedikit, namun ketika targetnya tercapai hasilnya bisa lebih besar dari beberapa metode menghasilkan uang dari blog lain yang saya ikuti.

Beberapa Kelemahan Umum

Dari beberapa program itu tentu banyak sisi lemahnya. Misalnya Adsense. Dua hal yang saya keluhkan dari program periklanan Google ini adalah pertama membuat berat loading blog, dan kedua kadang-kadang tampilannya membuat blog berantakan.

Buat yang kebetulan niche blogging-nya gado-gado, biaya per kliknya sering sekali kecil. Sehingga dengan memasang Adsense di blognya sangat tidak menguntungkan.

Sementara itu placement dengan tambahan link keluar ke situs sponsor kerapkali dianggap negatif oleh Google. Dalam jangka panjang, hal semacam ini juga tidak begitu baik.

Yang terakhir adalah afiliasi. Jujur saja, saya kurang begitu sukses dengan penggunaan metode afiliasi. Sejak zamannya mengiklankan barang-barang di marketplace, sampai afiliasi domain dan hosting di sidebar, memang belum banyak menghasilkan.

Menghasilkan Uang dengan SociaBuzz

SociaBuzz merupakan platform penghasil uang yang memberi saya satu juta pertama dari blog. Ya, saat itu content placement di blog memang masih menggiurkan. Harganya masih tinggi. Sampai akhirnya ‘negara api’ menyerang.

SociaBuzz sempat mengalami masa surut. Eh, atau saya yang memang sudah lama tidak aktif disini. Ya lebih tepatnya saya kali ya yang tak aktif. Soalnya sejak job buat blog di SociaBuzz semakin tersisih oleh job buat para selebgram dan youtuber, saya jarang login kesini.

Baru kemarin ada WhatsApp masuk dari SociaBuzz soal tawaran buat mengulas platform SociaBuzz Tribe. Dan buat saya platform terbaru dari SociaBuzz ini menarik. Makanya saya akan mencoba membaginya buat kamu.

SociaBuzz Tribe

cara menghasilkan uang dari blog

SociaBuzz Tribe merupakan fitur terbaru dari SociaBuzz yang memungkinkan pemilik akun mendapatkan ‘saweran’ dari pengguna lain, klien, maupun donatur. Fitur ini merupakan halaman terpisah dari halaman profil di SociaBuzz.

Fitur terbaru dari SociaBuzz ini menurut saya sangat cocok buat kamu yang memiliki ceruk penggemar loyal. Misalnya kamu yang suka memberi kelas-kelas tertentu di blog, Instagram, YouTube, Twitter, maupun Facebook dan ada cukup banyak pendengar setianya. Kamu bisa memberikan link SociaBuzz Tribe yang telah dibuat agar mereka bisa memberikan donasi atas pengetahuan yang kamu berikan.

Bisa juga sebaliknya. Kamu membuat tautan SociaBuzz Tribe terlebih dahulu. Kemudian hanya mereka yang memberikan donasinya yang diberikan fasilitas khusus mendapatkan kelas dari kamu. Sebab di SociaBuzz Tribe memang dibuat fasilitas eksklusif seperti itu.

Saya juga sudah membuat profil di SociaBuzz Tribe. Jadi kalau kamu merasa blog ini ada manfaatnya, kemudian pengin memberikan donasi agar saya bisa membeli kopi, silakan meluncur ke SociaBuzz Tribe punya saya di tautan berikut: https://sociabuzz.com/bang_doel6229/tribe.

Ketika tautan tersebut diklik, pengunjung akan diperlihatkan halaman sederhana dari akun SociaBuzz yang ditambahkan tombol Beri Dukungan dan Traktir Kopi. Cara membayar donasinya juga banyak, kamu bisa membayarnya lewat e-wallet GoPay, Ovo, Dana, LinkAja atau transfer bank BCA, Mandiri, BNI, Permata.

Loh… loh… sebentar, ini mirip Patreon? Ya. SociaBuzz juga mengakuinya kok. SociaBuzz Tribe ini memang mirip Patreon. Tapi tentu saja selain khusus pasar Indonesia, SociaBuzz Tribe lebih ‘bersahabat’ karena pembayaran donasinya tidak menggunakan kartu kredit.

Cara Membuat Akun SociaBuzz Tribe

Cara membuat akun di SociaBuzz Tribe juga sangat mudah. Hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah memiliki akun SociaBuzz terlebih dahulu. Kamu bisa mendaftar kesini https://sociabuzz.com/pro/signup. Daftarnya bisa kok pakai akun Google.

Jika kamu sudah terdaftar di SociaBuzz, kamu bisa langsung membuat SociaBuzz Tribe ke https://sociabuzz.com/tribe. Ada banyak hal yang bisa dimasukkan disini. Misalnya mengubah tombol Beri Dukungan dan Traktir Kopi menjadi apapun yang kamu mau.

Buat yang tadi membuka kelas juga bisa menerapkan ‘Tambah Pilihan Dukungan’ di bagian bawah profil. Sehingga dengan donasi tertentu, para pemberi donasi bisa mendapatkan konten yang eksklusif dari kamu melalui SociaBuzz Tribe.

Ada pesan-pesan yang bisa disampaikan juga agar halaman SociaBuzz Tribe kamu lebih personal. Misalnya jumlah pemberi donasi, nama-nama penggemar, kutipan-kutipan menarik. Semuanya bisa dibuat agar hubungan kamu dengan penggemar bisa lebih baik.

Buat saya SociaBuzz ini ya memang betul-betul cocok buat yang memiliki ceruk penggemar terfokus. Jadi tanpa harus mengurusi administrasinya, kamu bisa leluasa membuat konten sementara penikmat kontennya juga bisa lebih mengapresiasi kamu untuk terus berkarya.

Yuk, jangan lupa ke SociaBuzz ya, dan jadilah bagian dari SociaBuzz Tribe sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari blog.

1 COMMENT

  1. Jujur nih baru tahu kalo ada socia buzz. Soalnya skrg lebih fokus maenan google adsense. Jadinya belum banyak tahu tentang socia buzz ini. Saya pelajari dulu ya bang, insya allah kalo waktunya sudah tepat, info ini akan kubaca lagi. Thanks artikelnya, bermanfaat dan sudah saya baca.

  2. Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog ya..Alhamdulillah kalau sudah banyak mendapatkan dari berbagai cara ya Bang Doel.Saya belum coba nih bikin Sociubuzz Tribe ini. Menarik juga, bentar saya klik tautan di atas kalau gitu

  3. Kayaknya dulu pernah daftar jg di Sociabuzz ini Bang Doel, trus sama juga seperti yang Bang Doel tuliskan di atas, lama gak login ke Sociabuzz nya, trus bisa bikin tautan Sociabuzztribe nya ya, kalau ada visitor yg mau kasih uang kopi. Sama gak dengan platform bikin twibbon2 itu ya

  4. Alhamdulillah Artikel nya bermanfaat bang, Aku dah ngelihat situs Socialbuzz nya tapi aku bingung sama sistem yang \”Traktir Kopi\”, itu maksudnya gimana ya bang?, tolong dijawab ya biar clear. Terima kasih Bang Doel, untuk Artikel dan Jawaban buat Komen ini. ehehehehe

  5. Itu kita mesti daftar dulu ke SociaBuzz Tribe pake akun SociaBuzz biasa. Terus kita punya halaman sendiri agar pengunjung bisa memberikan donasi. Kalimatnya memang \”traktir kopi\”, tapi itu sebagai bentuk donasi buat pemilik halaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here